KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP NEGERI 1 JENU BERDASARKAN LANGKAH FACION PADA POKOK BAHASAN JAJARGENJANG DAN TRAPESIUM
DOI:
https://doi.org/10.55719/jrpm.v1i1.65Keywords:
Critical Thinking, Facion StepsAbstract
Each student has a different level of critical thinking ability, while critical thinking is a basic ability that students must possess. The purpose of this study is to describe students' critical thinking skills based on Facion steps on the subject lines and trapezoidal. This research is a descriptive study using quantitative and qualitative data. The research instrument used was in the form of critical thinking ability test questions and interview guidelines. The research subjects used were 32 students while the study sample analyzed the data as many as 3 students who entered the 3 categories of high, medium, and low critical thinking skills. The data analysis technique used in the form of descriptive statistical data analysis developed based on indicators of thinking, namely interpretation, analysis, evaluation, and inference. The results of this study indicate that students' critical thinking skills based on Facion steps on the subject line and trapezoid class VII-D SMP Negeri 1 Jenu 2017/2018 school year are generally in the low category with an average score of 64.82.
Downloads
References
Arifin, Z. 2008. Membangun Kompetensi Pedagogis Guru Matematika. Surabaya: Lentera Cendikia.
Arifin, Z. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Lentera Cendekia
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.
Badawi, A. 2015. Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar dan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Matematika pada Siswa SMP Kelas VIII. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Hendriana, H dan Soemarmo, U. 2014. Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama
Hidayanti, D. A dan Daniel, T. 2016. Analisis Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas IX pada Materi Kesebangunan. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajrannya. UMS. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.
Karim, N. 2015. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Metematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Jucama di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 3. Halama92.
Mahmuzah, R. 2015. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Problem Posing. Volume 4. No. 1. Online http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/peluang/article/view/5860. diakses 15 Maret 2018.
Mulyana, Y. 2016. Profil Berpikir Kritis dan Krestif Siswa dalam Memecahkan Masalah Terbuka (Open Ended Problem) Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa. Skripsi tidak dipublikasi. Tuban: UNIROW.
Nisa’, R. 2016. Profil Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Gaya Kognitif dan Kemampuan Matematika. Vol. 2, No. 1, hal. 66-76. Online. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=508781&val=10401&title=%20PROFIL%20BERPIKIR%20KRITIS%20SISWA%20SMP%20DALAM%20MENYELESAIKAN%20SOAL%20CERITA%20DITINJAU%20DARI%20GAYA%20KOGNITIF%20DAN%20KEMAMPUAN%20MATEMATIKA. Diakses 8 Maret 2018.
Nurfalah, E., 2016. Tingkat Penguasaan Mahasiswa Terhadap Materi Integral Berdasarkan Asal Sekolah. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), pp.29-38.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Trapsilasiwi, Dinawati. 2017. Profil Berpikir Kritis Siswa Kelas X-IPA 3 MAN 2 Jember Berdasarkan Gender Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel. Vol. 8, No. 1, hal.20-30. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/5137.Diakses 8 Maret.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.