KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP NEGERI 1 JENU BERDASARKAN LANGKAH FACION PADA POKOK BAHASAN JAJARGENJANG DAN TRAPESIUM
DOI:
https://doi.org/10.55719/jrpm.v1i1.65Kata Kunci:
Berpikir Kritis, Langkah FacionAbstrak
Setiap siswa memliliki tingkat kemampuan berpikir kritis yang berbeda, sedangkan berpikir kritis merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki siswa. Adapun tujuan dari penlitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa berdasarkan langkah Facion pada pokok bahasan jajargenjang dan trapesium. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes kemampuan berpikir kritis dan pedoman wawancara. Subjek penelitian yang digunakan sebanyak 32 siswa sedangkan sampel penelitian yang dianalisis datanya sebanyak 3 siswa yang masuk pada 3 kategori kemampuan berpikir kritis tinggi, sedang, dan rendah. Teknik analisis data yang digunakan berupa analisis data statistik deskriptif yang dikembangkan berdasarkan indikator berpikir krtis yaitu interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa berdasarkan langkah Facion pada pokok bahasan jajargenjang dan trapesium kelas VII-D SMP Negeri 1 Jenu tahun pelajaran 2017/2018 secara umum masuk pada kategori rendah dengan rata-rata skor 64,82.
Unduhan
Referensi
Arifin, Z. 2008. Membangun Kompetensi Pedagogis Guru Matematika. Surabaya: Lentera Cendikia.
Arifin, Z. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Lentera Cendekia
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.
Badawi, A. 2015. Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar dan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Matematika pada Siswa SMP Kelas VIII. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Hendriana, H dan Soemarmo, U. 2014. Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama
Hidayanti, D. A dan Daniel, T. 2016. Analisis Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas IX pada Materi Kesebangunan. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajrannya. UMS. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.
Karim, N. 2015. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Metematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Jucama di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 3. Halama92.
Mahmuzah, R. 2015. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Problem Posing. Volume 4. No. 1. Online http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/peluang/article/view/5860. diakses 15 Maret 2018.
Mulyana, Y. 2016. Profil Berpikir Kritis dan Krestif Siswa dalam Memecahkan Masalah Terbuka (Open Ended Problem) Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa. Skripsi tidak dipublikasi. Tuban: UNIROW.
Nisa’, R. 2016. Profil Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Gaya Kognitif dan Kemampuan Matematika. Vol. 2, No. 1, hal. 66-76. Online. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=508781&val=10401&title=%20PROFIL%20BERPIKIR%20KRITIS%20SISWA%20SMP%20DALAM%20MENYELESAIKAN%20SOAL%20CERITA%20DITINJAU%20DARI%20GAYA%20KOGNITIF%20DAN%20KEMAMPUAN%20MATEMATIKA. Diakses 8 Maret 2018.
Nurfalah, E., 2016. Tingkat Penguasaan Mahasiswa Terhadap Materi Integral Berdasarkan Asal Sekolah. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), pp.29-38.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Trapsilasiwi, Dinawati. 2017. Profil Berpikir Kritis Siswa Kelas X-IPA 3 MAN 2 Jember Berdasarkan Gender Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel. Vol. 8, No. 1, hal.20-30. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/5137.Diakses 8 Maret.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.