Penerapan Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI SMA PGRI 2 Padang
DOI:
https://doi.org/10.55719/jrpm.v6i1.1113Keywords:
Discovery Learning, Understanding Mathematical ConceptsAbstract
This study aims to find out whether students' understanding of mathematical concepts after applying the discovery learning model is better than before applying the discovery learning model. This type of research is Pre Experimental Design research with its design form: One-Group Pre-test & Post-test. The study population is Class XI students of SMA PGRI 2 Padang for the 2023/2024 academic year consisting of 2 classes. The sampling technique is carried out (Purposive Sampling). The instruments used in this study were pre-test and post-test in the form of essays. The test statistics used for hypothesis testing are the Paired Sample T-Test. The results of the hypothesis test were obtained = 13.711 and = 2.060. Because is greater than , the is rejected with a real rate of 0.05 and means that the hypothesis is accepted. So it can be concluded that students' understanding of mathematical concepts by applying the discovery learning model is better than before applying the discovery learning model
Downloads
References
Aningsih, & Asih, T. S. N. (2017). Unnes Journal of Mathematics Education Research Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau dari Rasa Ingin Tahu Siswa pada Model Concept Attainment Info Artikel. Ujmer, 6(2), 217–224. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.
Depdiknas. (2001). Penyusunan Butir Soal dan Instrumen Penilaian. Jakarta: Depdiknas
Faan, E. M., & Yulianto, A. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran IPA Kelas IV SD YPK Persiapan Mirafan. J Papeda, 3(1).
Hayati,I.S.W,Manzilatusifa,U&Handoko,S.(2017).Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Kemandirian Belajar Siswa (pp. 75-80).
Nuryaningsih, W. D. (2021). Penerapan ModelDiscovery Learning Berkolaborasi Google Classroom dan WhatsApp Group untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa dalam Menulis Teks Eksplanasi. Jurnal Paedagogy, 8(2), 159. https://doi.org/10.33394/jp.v8i2.3540
Rahmi, Febriana, R., & Putri, G. E. (2020). Pengaruh Self-Efficacy terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Pembelajaran Model Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(April), 28.
Sarniah, S., Anwar, C., & Putra, R. W. Y. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP VeteranSemarang,3(1), 87. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.709
Setyaningrum, V. F., Hendikawati, P., & Nugroho, S. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Kerja Sama Siswa Kelas X Melalui Model Discovery Learning. Journal.Unnes, 1, 810–813.
Sitorus, R. B., & Hia, Y. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Negeri 1 PORSEA T.A 2020/2021. Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, Vol 1 No 1, 1566–1563
Siregar, S. H., & Rajagukguk, W. (2023). Pengaruh Konsep Diri dan Kemandirian Belajar terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa kelas XI di SMA Negeri 11 Medan. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika,5,71–82. https://doi.org/10.55719/jrpm.v5i2.729
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA CV.
Sudjana. (2005) Metoda Statistika. Bandung:Tarsito
Surur, M., Oktavia, S. T., Prodi, D., Ekonomi, P., Prodi, M., & Ekonomi, P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning. JPE ( Jurnal Pendidikan Edutama ), 6(1), 11–18.
Widianingrum, E., & Purwaningrum, J. P. (2021). Pengembangan Kemampuan Pemahaman Matematik Menggunakan Moodle Dengan Discovery Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika,3,67–74. https://doi.org/10.55719/jrpm.v3i2.309
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Riset Pembelajaran Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.