Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI SMA PGRI 2 Padang
DOI:
https://doi.org/10.55719/jrpm.v6i1.1113Kata Kunci:
Discovery LearningAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa setelah menerapkan model discovery learning lebih baik dari sebelum menerapkan model discovery learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian Pre Eksperimental Design dengan bentuk desain nya One-Grup Pre-test & Post-test. Populasi penelitian adalah siswa Kelas XI SMA PGRI 2 Padang tahun pelajaran 2023/2024 yang terdiri dari 2 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Purposive Sampling. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-test dan post-test berbentuk essai. Statistik uji yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah uji Paired Sample T-Test. Hasil dari uji hipotesis diperoleh = 13,711 dan = 2,060. Karena lebih besar dari maka ditolak dengan taraf nyata 0,05 artinya hipotesis diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model discovery learning lebih baik dari sebelum menerapkan model discovery learning
Unduhan
Referensi
Aningsih, & Asih, T. S. N. (2017). Unnes Journal of Mathematics Education Research Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau dari Rasa Ingin Tahu Siswa pada Model Concept Attainment Info Artikel. Ujmer, 6(2), 217–224. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.
Depdiknas. (2001). Penyusunan Butir Soal dan Instrumen Penilaian. Jakarta: Depdiknas
Faan, E. M., & Yulianto, A. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran IPA Kelas IV SD YPK Persiapan Mirafan. J Papeda, 3(1).
Hayati,I.S.W,Manzilatusifa,U&Handoko,S.(2017).Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Kemandirian Belajar Siswa (pp. 75-80).
Nuryaningsih, W. D. (2021). Penerapan ModelDiscovery Learning Berkolaborasi Google Classroom dan WhatsApp Group untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa dalam Menulis Teks Eksplanasi. Jurnal Paedagogy, 8(2), 159. https://doi.org/10.33394/jp.v8i2.3540
Rahmi, Febriana, R., & Putri, G. E. (2020). Pengaruh Self-Efficacy terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Pembelajaran Model Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(April), 28.
Sarniah, S., Anwar, C., & Putra, R. W. Y. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP VeteranSemarang,3(1), 87. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.709
Setyaningrum, V. F., Hendikawati, P., & Nugroho, S. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Kerja Sama Siswa Kelas X Melalui Model Discovery Learning. Journal.Unnes, 1, 810–813.
Sitorus, R. B., & Hia, Y. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Negeri 1 PORSEA T.A 2020/2021. Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, Vol 1 No 1, 1566–1563
Siregar, S. H., & Rajagukguk, W. (2023). Pengaruh Konsep Diri dan Kemandirian Belajar terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa kelas XI di SMA Negeri 11 Medan. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika,5,71–82. https://doi.org/10.55719/jrpm.v5i2.729
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA CV.
Sudjana. (2005) Metoda Statistika. Bandung:Tarsito
Surur, M., Oktavia, S. T., Prodi, D., Ekonomi, P., Prodi, M., & Ekonomi, P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning. JPE ( Jurnal Pendidikan Edutama ), 6(1), 11–18.
Widianingrum, E., & Purwaningrum, J. P. (2021). Pengembangan Kemampuan Pemahaman Matematik Menggunakan Moodle Dengan Discovery Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika,3,67–74. https://doi.org/10.55719/jrpm.v3i2.309
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Riset Pembelajaran Matematika
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.