Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI SMA PGRI 2 Padang

Penulis

  • Mutia Safitri Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Rahmi
  • Zulfitri Aima Universitas PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.55719/jrpm.v6i1.1113

Kata Kunci:

Discovery Learning

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa setelah menerapkan model discovery learning lebih baik dari sebelum menerapkan model discovery learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian Pre Eksperimental Design dengan bentuk desain nya One-Grup Pre-test & Post-test. Populasi penelitian adalah siswa Kelas XI SMA PGRI 2 Padang tahun pelajaran 2023/2024 yang terdiri dari 2 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Purposive Sampling. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-test dan post-test berbentuk essai. Statistik uji yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah uji Paired Sample T-Test. Hasil dari uji hipotesis diperoleh = 13,711 dan = 2,060. Karena lebih besar dari maka ditolak dengan taraf nyata 0,05 artinya hipotesis diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model discovery learning lebih baik dari sebelum menerapkan model discovery learning

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aningsih, & Asih, T. S. N. (2017). Unnes Journal of Mathematics Education Research Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau dari Rasa Ingin Tahu Siswa pada Model Concept Attainment Info Artikel. Ujmer, 6(2), 217–224. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Depdiknas. (2001). Penyusunan Butir Soal dan Instrumen Penilaian. Jakarta: Depdiknas

Faan, E. M., & Yulianto, A. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran IPA Kelas IV SD YPK Persiapan Mirafan. J Papeda, 3(1).

Hayati,I.S.W,Manzilatusifa,U&Handoko,S.(2017).Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Kemandirian Belajar Siswa (pp. 75-80).

Nuryaningsih, W. D. (2021). Penerapan ModelDiscovery Learning Berkolaborasi Google Classroom dan WhatsApp Group untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa dalam Menulis Teks Eksplanasi. Jurnal Paedagogy, 8(2), 159. https://doi.org/10.33394/jp.v8i2.3540

Rahmi, Febriana, R., & Putri, G. E. (2020). Pengaruh Self-Efficacy terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Pembelajaran Model Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(April), 28.

Sarniah, S., Anwar, C., & Putra, R. W. Y. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP VeteranSemarang,3(1), 87. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.709

Setyaningrum, V. F., Hendikawati, P., & Nugroho, S. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Kerja Sama Siswa Kelas X Melalui Model Discovery Learning. Journal.Unnes, 1, 810–813.

Sitorus, R. B., & Hia, Y. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Negeri 1 PORSEA T.A 2020/2021. Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, Vol 1 No 1, 1566–1563

Siregar, S. H., & Rajagukguk, W. (2023). Pengaruh Konsep Diri dan Kemandirian Belajar terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa kelas XI di SMA Negeri 11 Medan. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika,5,71–82. https://doi.org/10.55719/jrpm.v5i2.729

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA CV.

Sudjana. (2005) Metoda Statistika. Bandung:Tarsito

Surur, M., Oktavia, S. T., Prodi, D., Ekonomi, P., Prodi, M., & Ekonomi, P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning. JPE ( Jurnal Pendidikan Edutama ), 6(1), 11–18.

Widianingrum, E., & Purwaningrum, J. P. (2021). Pengembangan Kemampuan Pemahaman Matematik Menggunakan Moodle Dengan Discovery Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika,3,67–74. https://doi.org/10.55719/jrpm.v3i2.309

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-24

Cara Mengutip

Safitri, M., Rahmi dan Aima, Z. (2024) “Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI SMA PGRI 2 Padang”, Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 6(1), hlm. 55–62. doi: 10.55719/jrpm.v6i1.1113.

Terbitan

Bagian

Articles