Alat Peraga Tangga Pintar Untuk Materi Pengukuran Panjang Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.55719/jrpm.v5i2.738Keywords:
Smart board, length measurementAbstract
Grade 3 students at SD N 2 Kedungwaru still have difficulty understanding length measurement material. The purpose of this study was to determine students' understanding of the length measurement material with smart ladders. The subjects of this study were 17 students in class III. This type of research is descriptive qualitative research. Methods of data collection using interviews, tests and documentation. While the analysis used by using the percentage (%). With a KKM score of 75, the score above the KKM is 13 students with a percentage of 76.47%. Based on the results of interviews with students who have scores above the KKM, they say that learning with visual aids is more fun and can be practiced directly so that the material obtained is easier to understand and remember. And there are 4 students whose grades are below the KKM. Students whose grades are still below the KKM because students are still confused about whether the question is multiplied or divided up the ladder up or divided or vice versa whether the descending ladder is multiplied or divided. Learning mathematics in measurement material can use smart board teaching aids and these teaching aids can help elementary school students understand measurement material.
Keywords: Smart board, length measurement
Downloads
References
Annisah, Siti. (2014). Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Jurnal Tarbawiyah, 11 (1), 1-15.
Ayu, Ifa Y, Reza R dan Feny Rita F. (2022). Penggunaan Media Papan Pintar Untuk Mengetahui Nama-Nama Bangun Datar Dan Bangun Ruang Pada Kelas 2. Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 1 (7), 860-866.
Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan siswa. Bandung: Remaja Rosdaka.
Eka, Randi P dan Nevya Clara. (2020). Penggunaan Alat Peraga Sederhana Tangga Satuan Berat Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Metode Demonstrasi. Jurnal Muara Pendidikan, 5(1), 568-575.
Fidia, Fatwa N. Pengembangan Media Animasi PTG Berbantuan Adobe Animate CC Materi satan Panjang Kelas IV SDN 2 Cintaraja. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 13 (2), 93-100.
Frida, Efan P. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Pengukuran Siswa SD N 3 Pengasih Dengan Realistic Mathematics Education. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 38 (7), 3819-3830.
Inilah Pengertian Alat Peraga dan Menurut Para Ahli. https://www.pengertianku.net/2014/12/inilah-pengertian-alat-peraga-dan-menurut-para-ahli.html
Intan, Mutia R dan Winda A. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi satuan Panjang Melalui Media Flash Card Pada Siswa Kelas IIB SDN Kayuringin Jaya VI Bekasi. Jurnal Ilmiah pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 141-148.
Junaeda, Intan, Yonathan S. P dan Muslimin. (2021). Penggunaan Media Papan dan Kartu Satuan Waktu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Tiga di Kabupaten Maros. Pinisi Journal of Education, 1(1), 238-247.
Murdiyanto, Tri dan Yudi Mahatma. Pengembangan Alat Peraga Matematika Untuk Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sarwahita, 11(1), 38-43.
Putri, Annisa P dan Martin B. (2021). Analisis Minat Belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Pada Materi Satuan Panjang Dalam Pembelajaran Menggunakan Media Scratch. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4 (4), 891-898.
Rugin, Agustinus. (2014). Penggunaan Media Realita Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Di Sekolah Dasar. Artikel Penelitian, Prodi PGSD, FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Riset Pembelajaran Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.