ALAT PERAGA TANGGA PINTAR UNTUK MATERI PENGUKURAN PANJANG SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.55719/jrpm.v5i2.738Kata Kunci:
Papan pintar, pengukuran panjangAbstrak
Siswa kelas 3 di SD N 2 Kedungwaru masih mengalami kesulitan dalam memahami materi pengukuran panjang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman siswa pada materi pengukuran panjang dengan tangga pintar. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 17 siswa. Jenis penelitiannya yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan datanya mengggunakan wawancara, tes dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan dengan menggunakan presentase (%). Dengan nilai KKM 75 maka nilai yang di atas KKM ada 13 siswa dengan prosentase 76,47%. Berdasarkan hasil wawancara dengan siswa yang mempunyai nilai di atas KKM, mereka mengatakan bahwa belajar dengan alat peraga lebih menyenangkan dan dapat praktek secara langsung sehingga materi yang diperoleh lebih mudah dipahami dan diingat. Dan ada 4 siswa yang nilainya di bawah KKM. Siswa yang nilainya masih di bawah KKM karena siswa masih bingung apakah soal tersebut tangga naik dikalikan atau dibagikan atau sebaliknya tangga turun apakah dikalikan atau dibagikan. Pembelajaran matematika pada materi pengukuran bisa menggunakan alat peraga papan pintar dan alat peraga ini bisa membantu siswa sekolah dasar dalam memahami materi pengukuran.
Kata Kunci: Papan pintar, pengukuran panjang
Unduhan
Referensi
Annisah, Siti. (2014). Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Jurnal Tarbawiyah, 11 (1), 1-15.
Ayu, Ifa Y, Reza R dan Feny Rita F. (2022). Penggunaan Media Papan Pintar Untuk Mengetahui Nama-Nama Bangun Datar Dan Bangun Ruang Pada Kelas 2. Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 1 (7), 860-866.
Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan siswa. Bandung: Remaja Rosdaka.
Eka, Randi P dan Nevya Clara. (2020). Penggunaan Alat Peraga Sederhana Tangga Satuan Berat Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Metode Demonstrasi. Jurnal Muara Pendidikan, 5(1), 568-575.
Fidia, Fatwa N. Pengembangan Media Animasi PTG Berbantuan Adobe Animate CC Materi satan Panjang Kelas IV SDN 2 Cintaraja. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 13 (2), 93-100.
Frida, Efan P. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Pengukuran Siswa SD N 3 Pengasih Dengan Realistic Mathematics Education. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 38 (7), 3819-3830.
Inilah Pengertian Alat Peraga dan Menurut Para Ahli. https://www.pengertianku.net/2014/12/inilah-pengertian-alat-peraga-dan-menurut-para-ahli.html
Intan, Mutia R dan Winda A. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi satuan Panjang Melalui Media Flash Card Pada Siswa Kelas IIB SDN Kayuringin Jaya VI Bekasi. Jurnal Ilmiah pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 141-148.
Junaeda, Intan, Yonathan S. P dan Muslimin. (2021). Penggunaan Media Papan dan Kartu Satuan Waktu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Tiga di Kabupaten Maros. Pinisi Journal of Education, 1(1), 238-247.
Murdiyanto, Tri dan Yudi Mahatma. Pengembangan Alat Peraga Matematika Untuk Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sarwahita, 11(1), 38-43.
Putri, Annisa P dan Martin B. (2021). Analisis Minat Belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Pada Materi Satuan Panjang Dalam Pembelajaran Menggunakan Media Scratch. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4 (4), 891-898.
Rugin, Agustinus. (2014). Penggunaan Media Realita Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Di Sekolah Dasar. Artikel Penelitian, Prodi PGSD, FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Riset Pembelajaran Matematika
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.