MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA KUBUS SATUAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.55719/jrpm.v1i2.103Kata Kunci:
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil BelajarAbstrak
Penelitian ini didasari oleh latar belakang bahwa pembelajaran masih berpusat pada guru, metode pembelajaran yang digunakan masih ceramah, tanya jawab dan kurangnya media pembelajaran. Untuk mengatasi masalah ini, penulis menggunakan model pembelajaran STAD untuk melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian adalah: (1) Menjelaskan hasil belajar matematika (2) Menjelaskan kegiatan belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (3) Menjelaskan respon siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan unit media kubik untuk kelas V siswa SDN Kingking I. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi, lembar tes, dan lembar dokumentasi. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa minimal 75. Subjek penelitian adalah siswa kelas V di SD Negeri Kingking I Tahun Akademik 2017/2018 dengan jumlah 17 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama ketuntasan hasil belajar adalah 70,59% pada siklus kedua 76,47% dan pada siklus ketiga menjadi 88,24%. Aktivitas siswa juga 57,56% pada siklus pertama meningkat menjadi 62,60% dan siklus ketiga 80,04%. Selain itu respon siswa adalah 50,59% pada siklus pertama pada siklus kedua 65,88% meningkat menjadi 84,72% pada siklus ketiga. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media unit cube dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Kingking I Tahun Akademik 2017/2018
Unduhan
Referensi
Arikunto, Suharsimi., dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Indriana, Dina. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta : Diva Press.
Rahmawati, Diah Fitria. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dengan Media Kalino Dan Balino Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SD. Tuban : Universitas PGRI Ronggolawe Tuban.
Sari, M.P. 2017. PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL INTERAKTIF SERTA MODEL KOOPERATIF STAD . Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 135-144.
Selfiana, D., Nurfalah, E., Wiratsiwi, W., 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat melalui Model Kooperatif STAD dengan Media Video. IDEAL MATHEDU IV, 439–447
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar- Ruzz Media.
Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.
Sugianto. 2010. Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Yogyakarta : Universitas PGRI Ronggolawe Tuban.
Sugiyono. 2014. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Prenadamedia Group.
Wardani, Igak. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.