PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NHT DENGAN MEDIA MANIPULATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP

Penulis

  • Muhammad Irfan SMP Negeri 1 Sedan
  • heny sulistyaningrum

DOI:

https://doi.org/10.55719/jrpm.v1i2.105

Kata Kunci:

kooperatif tipe NHT, media manipulatif, hasil belajar matematika

Abstrak

Berdasarkan latar belakang masalah bahwa rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sedan yang disebabkan oleh siswa kurang aktif dalam pembelajaran matematika, dan model pembelajaran yang digunakan masih didominasi oleh guru dengan menggunakan pembelajaran langsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji adakah pengaruh model pembelajaran koopertif tipe NHT (numbered heads together) dengan media manipulatif terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan desain penelitian menggunakan pretest-postest control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian sebanyak 69 siswa, yang terdiri dari 34 siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan 35 siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Langsung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Prosedur penelitian terdiri dari pengembangan perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian, validasi perangkat pembelajaran dan instrumen  penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, homogenitas, dan uji-t dua sampel bebas. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan media manipulatif terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi kubus dan balok kelas VIII SMP Negeri 1 sedan tahun ajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan pada uji hipotesis bahwa thitung  ttabel, yaitu  3,144  1,996, karena thitung  ttabel maka H0 ditolak, sehingga dapat dilihat adanya perbedaan  rata-rata dari kelompok kelas eksperimen dan kelompok kelas kontrol yaitu pada kelas eksperimen memiliki rata-rata lebih tinggi yaitu 71,55 , sedangkan pada kelas kontrol yaitu 61,94.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agustin, I., Setiyawati, I. 2017. MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TPS DENGAN MEDIA KERTAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 155-164.

Anggraeni, Reni. 2013. Pengaruh Media Manipulatif terhadap kemampuan mengenal Konsep Bilangan AUD TK Pelita Leles. Skripsi: UPI Bandung. http://repository.upi.edu/operator/upload/s_pgpaud.06064610.chapter4.pdf. Diakses tanggal 31 Maret 2018

Arifin, Zainal. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan Filosofi, Teori dan Aplikasinya. Surabaya: Lentera Cendekia

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian, jakarta: Rineka Cipta

Ariska, M. 2017. Penerapan Metode Improve Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 1 Singkil, (Online), https://repository.ar-raniry.ac.id/2162/1/SKRIPSI%20FULL.pdf

Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI Nomor 2003, Tentang Sistem pendidikan Nasional. Jakarta: Depdikbud

Hartono. 2012. Psikologi Konseling, Jakarta: Kencana

Huda, Miftahul. 2013 . Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran, Jogjakarta: Pustaka Pelajar

Kahana, 2013. Penggunaan Media Manipulatif Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah .(Online) (https://media.neliti.com/media/publications/217345-penggunaan-media-manipulatif-dalam-pembe.pdf). Diakses tanggal 31 Maret 2018

Kurniawan, Budi. 2017. Studi Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif.Journal of Mechanical Engineering Education, Vol. 4, No. 2, Desember 2017hlm 156-162, (Online) http://ejournal.upi.edu/index.php/jmee/article/download/9627/5936/akses tanggal 11-06-2018

Muhsetyo, Gatot, dkk. 2012. Pembelajaran Matematika SD, Jakarta: Universitas Terbuka

Nawangsari, Tanti. 2014. Mengolah Data dengan IBM SPSS Statistic 19, Tuban: FKIP Universitas PGRI Ronggolawe Tuban.

Sa’adah, A. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Creative Problem Solving dengan pendekatan RME terhadap Pemahaman Konsep Matematika , Tuban : Skripsi Universitas PGRI Ronggolawe

Seefeldt, Carol dan Wasik, Barbara. 2018. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam kurikum 2013, Jogjakarta: Ar-ruzz Media

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta

Suprijono, Agus.2014. Cooperative Learning, Jogjakarta: pustaka Belajar

Suyatno, 2009 . Menjelajah Pembelajaran Inovatif, Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka

Suyanto, Jihad, A. 2013. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Erlangga.

Trianto. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, Jakarta: Prestasi pustaka

Unduhan

Diterbitkan

2019-10-28

Cara Mengutip

Irfan, M. dan sulistyaningrum, heny (2019) “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NHT DENGAN MEDIA MANIPULATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP”, Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 1(2), hlm. 31–36. doi: 10.55719/jrpm.v1i2.105.

Terbitan

Bagian

Articles