PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NHT DENGAN MEDIA MANIPULATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP
DOI:
https://doi.org/10.55719/jrpm.v1i2.105Kata Kunci:
kooperatif tipe NHT, media manipulatif, hasil belajar matematikaAbstrak
Berdasarkan latar belakang masalah bahwa rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sedan yang disebabkan oleh siswa kurang aktif dalam pembelajaran matematika, dan model pembelajaran yang digunakan masih didominasi oleh guru dengan menggunakan pembelajaran langsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji adakah pengaruh model pembelajaran koopertif tipe NHT (numbered heads together) dengan media manipulatif terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan desain penelitian menggunakan pretest-postest control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian sebanyak 69 siswa, yang terdiri dari 34 siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan 35 siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Langsung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Prosedur penelitian terdiri dari pengembangan perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian, validasi perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, homogenitas, dan uji-t dua sampel bebas. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan media manipulatif terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi kubus dan balok kelas VIII SMP Negeri 1 sedan tahun ajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan pada uji hipotesis bahwa thitung ttabel, yaitu 3,144 1,996, karena thitung ttabel maka H0 ditolak, sehingga dapat dilihat adanya perbedaan rata-rata dari kelompok kelas eksperimen dan kelompok kelas kontrol yaitu pada kelas eksperimen memiliki rata-rata lebih tinggi yaitu 71,55 , sedangkan pada kelas kontrol yaitu 61,94.
Unduhan
Referensi
Anggraeni, Reni. 2013. Pengaruh Media Manipulatif terhadap kemampuan mengenal Konsep Bilangan AUD TK Pelita Leles. Skripsi: UPI Bandung. http://repository.upi.edu/operator/upload/s_pgpaud.06064610.chapter4.pdf. Diakses tanggal 31 Maret 2018
Arifin, Zainal. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan Filosofi, Teori dan Aplikasinya. Surabaya: Lentera Cendekia
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian, jakarta: Rineka Cipta
Ariska, M. 2017. Penerapan Metode Improve Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 1 Singkil, (Online), https://repository.ar-raniry.ac.id/2162/1/SKRIPSI%20FULL.pdf
Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI Nomor 2003, Tentang Sistem pendidikan Nasional. Jakarta: Depdikbud
Hartono. 2012. Psikologi Konseling, Jakarta: Kencana
Huda, Miftahul. 2013 . Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran, Jogjakarta: Pustaka Pelajar
Kahana, 2013. Penggunaan Media Manipulatif Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah .(Online) (https://media.neliti.com/media/publications/217345-penggunaan-media-manipulatif-dalam-pembe.pdf). Diakses tanggal 31 Maret 2018
Kurniawan, Budi. 2017. Studi Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif.Journal of Mechanical Engineering Education, Vol. 4, No. 2, Desember 2017hlm 156-162, (Online) http://ejournal.upi.edu/index.php/jmee/article/download/9627/5936/akses tanggal 11-06-2018
Muhsetyo, Gatot, dkk. 2012. Pembelajaran Matematika SD, Jakarta: Universitas Terbuka
Nawangsari, Tanti. 2014. Mengolah Data dengan IBM SPSS Statistic 19, Tuban: FKIP Universitas PGRI Ronggolawe Tuban.
Sa’adah, A. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Creative Problem Solving dengan pendekatan RME terhadap Pemahaman Konsep Matematika , Tuban : Skripsi Universitas PGRI Ronggolawe
Seefeldt, Carol dan Wasik, Barbara. 2018. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam kurikum 2013, Jogjakarta: Ar-ruzz Media
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta
Suprijono, Agus.2014. Cooperative Learning, Jogjakarta: pustaka Belajar
Suyatno, 2009 . Menjelajah Pembelajaran Inovatif, Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka
Suyanto, Jihad, A. 2013. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Erlangga.
Trianto. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, Jakarta: Prestasi pustaka
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.