Analisis Tingkat Self-Esteem Siswa Kelas XI MAS As-Salam Naga Beralih Pada Pembelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.55719/jrpm.v6i1.1106Kata Kunci:
Pembelajaran Matematika, Self-Esteem MatematikaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat harga diri siswa kelas XI MAS As-Salam Naga Beralih. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan jumlah subjek sebanyak 15 orang. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa instrumen nontes berupa angket self-assessment dengan 30 pernyataan yang telah diuji oleh 3 validator ahli. Teknik analisis data dilaksanakan secara deskriptif, yaitu dengan cara menjelaskan makna yang terkandung pada angka-angka di setiap pernyataan angket yang telah diisi oleh siswa, serta menentukan kategori harga diri siswa. Berdasarkan hasil analisis setiap pernyataan yang telah disampaikan kepada siswa pada masing-masing indikator menghasilkan bahwa tingkat harga diri siswa kelas XI MAS As-Salam Naga Beralih umumnya berada pada kategori sedang dengan presentase 67%, kategori tinggi 20%, dan kategori rendah 13% . Dengan diperolehnya data tersebut, dapat disimpulkan bahwa tingkat harga diri siswa kelas XI MAS As-Salam Naga Beralih memiliki tingkat harga diri kategori sedang .
Unduhan
Referensi
Ekawardhani, N. P., Mar’at, S., & Sahrani, R. (2019). Peran Self-Esteem Dan Self-Forgiveness Sebagai Prediktor Subjective Well-Being Pada Perempuan Dewasa Muda. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 3(1), 71. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v3i1.3538
Elviani, D., Sugiatno, S., & Sayu, S. (2020). Kemampuan Komunikasi Matematis Dikaji Dari Self-Esteem Siswa Pada Materi Himpunan. Jurnal AlphaEuclidEdu, 1(1), 1. https://doi.org/10.26418/ja.v1i1.41621
Fadillah, S. (2012). Meningkatkan Self Esteem Siswa SMP dalam Matematika Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Open Ended. Jurnal Pendidikan MIPA, 13, 34–41. https://doi.org/10.23960/jpmipa/v13i1.pp34-41
Fauziah, M., Setyowati, A., & Muyana, S. (2019). Self-Esteem Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Se-Kota Yogyakarta. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 4(1). https://doi.org/10.30870/jpbk.v4i1.5004
Febrina, D. T., Suharso, P. L., & Saleh, A. Y. (2018). Self-Esteem Remaja Awal: Temuan Baseline Dari Rencana Program Self-Instructional Training Kompetensi Diri. Jurnal Psikologi Insight, 2(1), 43–56. https://doi.org/10.17509/insight.v2i1.11922
Fitriah, A., & Aripin, U. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis dan Self Esteem Siswa SMA di Kabupaten Bandung Barat. JPMI (Jurnal Pembelajaran …, 2(4), 197–208. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/2852
Haryati, S. (2014). Hubungan Harga Diri dan Interaksi Teman Sebaya dengan Kepercayaan Diri Remaja Awal.
Irawati, N., & Hajat, N. (2012a). Hubungan Antara Harga Diri (Self Esteem) Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Smkn 48 Di Jakarta Timur. Econosains Jurnal Online Ekonomi Dan Pendidikan, 10(2), 193–210. https://doi.org/10.21009/econosains.0102.04
Irawati, N., & Hajat, N. (2012b). Hubungan Antara Harga Diri ( Self-esteem ) dengan Prestasi Belajar Pada Siswa SMKN 48 di Jakarta Timur. Econosains Jurnal Online Ekonomi Dan Pendidikan, 10(2), 193–210. https://doi.org/10.21009/econosains.0102.04
Lestari, W. D., Gunadi, F., & Yahkya, Z. S. (2022). Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Materi Trigonometri Berdasarkan Self-Esteem Dan Gaya Belajar. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 32–45. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v7i2.1934
Mutia Fonna, Herizal, & Reza Mulyadi. (2021). Analisis Self-Esteem Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Dewantara dalam Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid-19. Ar-Riyadhiyyat: Journal of Mathematics Education, 2(1), 11–18. https://doi.org/10.47766/arriyadhiyyat.v2i1.1400
Rosani, W., Fatimah, S., & Supriatna, E. (2021). Studi Deskriptif Self Esteem Pada Siswa Kelas Xi Sman 1 Margaasih. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(5), 330. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i5.8074
Verdianingsih, E. (2017). Self-Esteem dalam Pembelajaran Matematiak Self-Esteem in Mathematics Education. Eduscope, 03(02), 1–9
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Riset Pembelajaran Matematika
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.