Analisis Proses Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Kerangka Kerja Mason pada Siswa SMP dengan Kategori Kemampuan Berpikir Kritis Matematis yang Berbeda

Penulis

  • Tika Nurhalisa Universitas Ronggolawe
  • Heny Sulistyaningrum

DOI:

https://doi.org/10.55719/jrpm.v6i1.1116

Kata Kunci:

entri, attack, review, kemampuan berikir kritis, soal hots

Abstrak

Kemampuan pemecahan masalah adalah kemampuan yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran matematika. Salah satu yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah adalah kemampuan berpikir kritis. Guru harus mengetahui proses pemecahan masalah yang dimiliki siswa untuk dapat meningkatkan proses pembelajaran yang berorientasi pada pemecahan masalah. Tujuan penelitian diskriptif kualitatif ini dibuat untuk menganalisis proses pemecahan masalah matematika berdasarkan kerangka kerja Mason pada siswa SMP dengan kategori kemampuan berpikir  kritis matematis yang berbeda. Subjek penelitian ini adalah 4 siswa kelas VII E SMP Negeri 5 Tuban dengan kategori  kemampuan berpikir kritis matematis tinggi dan rendah. Instrumen yang digunakan adalah soal tes tulis materi perbandingan dengan indikator FRISCO, soal tes tulis materi perbandingan dalam bentuk HOTS, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian akan dianalisis secara diskriptif kualitatif berdasarkan kerangka kerja Mason.  Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1)subjek dengan kategori kemampuan berpikir kritis materi tinggi mampu memecahkan soal HOTS dengan tingkat kognitif C4, C5, dan C6 dengan benar serta memenuhi seluruh kerangka kerja Mason yaitu tahap entry, attack, dan review; (2)subjek dengan kategori kemampuan berpikir kritis matematis rendah tidak mampu memecahkan seluruh soal HOTS dengan tingkat kognitif C4, C5, dan C6 serta hanya memenuhi kerangka kerja Mason yaitu tahap entry saja dengan aspek yang lengkap.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abidin, J., Rohaeti, E. E., & Afrilianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa Smp Kelas Viii Pada Materi Bangun Ruang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 779–784.

Dwi, R., & Puspita, R. (2020). Korelasi Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Materi Bangun Ruang dengan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 96–103.

Fanani, M. Z. (2018). Strategi Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Dalam Kurikulum 2013. Journal of Islamic Religious Education, II, 57–76.

Fridanianti, A., Purwati, H., & Murtianto, Y. H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Kelas VII SMP Negeri 2 Pangkah Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Kognitif Impulsif. AKSIOMA, 9(1), 11–20.

Isnania, I., Huda, N., & Hariyanto, H. (2021). Scaffolding on Student Construction Errors in Mathematics Problem Solving. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 4(3), 313–323. https://doi.org/10.24042/ijsme.v4i3.10173

Jumaisyaroh, T., Napitupulu, E. E., & Hasratuddin. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kemandirian Belajar Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Kreano, 05, 157–169.

Kempirmase, F., Ayal, C. S., & Ngilawajan, D. A. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika Di Kelas XI SMA Negeri 10 Ambon. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pattimura, 1, 21–24.

Khasanah, N., Listiawan, T., & Mugianto. (2017). Analisis Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Lingkaran. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(9), 291–299. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/WSZA9

Kusumawati, D., & Sulistyaningrum, H. (2021). STEM Learning To Improve Basic Students ’ Critical Thinking Ability. 1st International Conference In Education, Science And Technology, 369–375.

Litna, K. O., Mertasari, N. M. S., & Sudirtha, G. (2021). Pengembangan Instrumen Tes Higher Order Thinking Skills (HOTS) Matematika SMA Kelas X. Jurnal_ep, 11(1), 10–20.

Martins, J., Nahak, S., & Amsikan, S. (2020). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pemecahan Masalah Materi Program Linear Berdasarkan Teori Polya Pada Siswa Kelas XI IPA Di SMA Negeri 1 Kefamenanu. Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 5(1), 38–43.

Mason, J., Burton, L., & Stacey, K. (2010). Thinking Mathematically (Second Edi). Pearson Education.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis (Adition 3). SAGE.

Nurhalisa, T., Azizah, I. I., Tsania, F. Q. P., & Warli. (2022). Exploration Of Mathematics Problem Solving Processes Junior High School Students With Different Levels Of Logical Thinking Ability. Indonesian Journal Of Science And Mathematics Education, 05(July), 156–167.

OECD. (2015). PISA 2015 Result in Focus.

Pratiwi, N. P. W., Dewi, N. L. P. E. S., & Paramartha, A. A. G. Y. (2019). The Reflection of HOTS in EFL Teachers’ Summative Assessment. Journal of Education Research and Evaluation, 3(3), 127–133. https://doi.org/10.23887/jere.v3i3.21853

Purnomo, Y. (2017). Pengaruh Sikap Siswa pada Pelajaran Matematika dan Kemandirian Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1), 93–105. https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i1.1897

Purwitaningrum, R., & Prahmana, R. C. I. (2021). Developing instructional materials on mathematics logical thinking through the Indonesian realistic mathematics education approach. International Journal of Education and Learning, 3(1), 13–19. https://doi.org/10.31763/ijele.v3i1.178

Rohimah, L. N., & Yuliastuti, R. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Model Pembelajaran Two Stay Two Stray. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 1(April), 11–18.

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2), 148–158.

Susilowati, E., Hartini, S., Suyidno, S., Mayasari, T., & Winarno, N. (2020). Hubungan Antara Kemampuan Pemecahan Masalah Terhadap Ketrampilan Berpikir Kritis Pada Materi Deret. Proseding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah, 5(April), 119–125.

Suwarjo, B., Suhandini, P., & Suanrso, A. (2016). Pengaruh Implementasi Pendekatan Saintifik, Keterampilan Berpikir Kritis Dan Sikap Disiplin Terhadap Penyelesaian Masalah Matematika Sd. Journal of Primary Education, 5(1), 21–26. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe

Swestyani, S., Masykuri, M., Prayitno, B. A., Rinanto, Y., & Widoretno, S. (2018). An analysis of logical thinking using mind mapping. Journal of Physics: Conference Series, 1022(1), 1–8.

Warli. (2013). Kreativitas Siswa SMP Yang Bergaya Kognitif Reflektif Atau Impulsif Dalam Memecahkan Masalah Geometri. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 20(2), 190–201.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-24

Cara Mengutip

Nurhalisa, T. dan Sulistyaningrum, H. (2024) “Analisis Proses Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Kerangka Kerja Mason pada Siswa SMP dengan Kategori Kemampuan Berpikir Kritis Matematis yang Berbeda”, Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 6(1), hlm. 71–80. doi: 10.55719/jrpm.v6i1.1116.

Terbitan

Bagian

Articles