Analisis Proses Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Kerangka Kerja Mason pada Siswa SMP dengan Kategori Kemampuan Berpikir Kritis Matematis yang Berbeda
DOI:
https://doi.org/10.55719/jrpm.v6i1.1116Kata Kunci:
entri, attack, review, kemampuan berikir kritis, soal hotsAbstrak
Kemampuan pemecahan masalah adalah kemampuan yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran matematika. Salah satu yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah adalah kemampuan berpikir kritis. Guru harus mengetahui proses pemecahan masalah yang dimiliki siswa untuk dapat meningkatkan proses pembelajaran yang berorientasi pada pemecahan masalah. Tujuan penelitian diskriptif kualitatif ini dibuat untuk menganalisis proses pemecahan masalah matematika berdasarkan kerangka kerja Mason pada siswa SMP dengan kategori kemampuan berpikir kritis matematis yang berbeda. Subjek penelitian ini adalah 4 siswa kelas VII E SMP Negeri 5 Tuban dengan kategori kemampuan berpikir kritis matematis tinggi dan rendah. Instrumen yang digunakan adalah soal tes tulis materi perbandingan dengan indikator FRISCO, soal tes tulis materi perbandingan dalam bentuk HOTS, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian akan dianalisis secara diskriptif kualitatif berdasarkan kerangka kerja Mason. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1)subjek dengan kategori kemampuan berpikir kritis materi tinggi mampu memecahkan soal HOTS dengan tingkat kognitif C4, C5, dan C6 dengan benar serta memenuhi seluruh kerangka kerja Mason yaitu tahap entry, attack, dan review; (2)subjek dengan kategori kemampuan berpikir kritis matematis rendah tidak mampu memecahkan seluruh soal HOTS dengan tingkat kognitif C4, C5, dan C6 serta hanya memenuhi kerangka kerja Mason yaitu tahap entry saja dengan aspek yang lengkap.
Unduhan
Referensi
Abidin, J., Rohaeti, E. E., & Afrilianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa Smp Kelas Viii Pada Materi Bangun Ruang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 779–784.
Dwi, R., & Puspita, R. (2020). Korelasi Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Materi Bangun Ruang dengan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 96–103.
Fanani, M. Z. (2018). Strategi Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Dalam Kurikulum 2013. Journal of Islamic Religious Education, II, 57–76.
Fridanianti, A., Purwati, H., & Murtianto, Y. H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Kelas VII SMP Negeri 2 Pangkah Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Kognitif Impulsif. AKSIOMA, 9(1), 11–20.
Isnania, I., Huda, N., & Hariyanto, H. (2021). Scaffolding on Student Construction Errors in Mathematics Problem Solving. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 4(3), 313–323. https://doi.org/10.24042/ijsme.v4i3.10173
Jumaisyaroh, T., Napitupulu, E. E., & Hasratuddin. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kemandirian Belajar Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Kreano, 05, 157–169.
Kempirmase, F., Ayal, C. S., & Ngilawajan, D. A. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika Di Kelas XI SMA Negeri 10 Ambon. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pattimura, 1, 21–24.
Khasanah, N., Listiawan, T., & Mugianto. (2017). Analisis Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Lingkaran. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(9), 291–299. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/WSZA9
Kusumawati, D., & Sulistyaningrum, H. (2021). STEM Learning To Improve Basic Students ’ Critical Thinking Ability. 1st International Conference In Education, Science And Technology, 369–375.
Litna, K. O., Mertasari, N. M. S., & Sudirtha, G. (2021). Pengembangan Instrumen Tes Higher Order Thinking Skills (HOTS) Matematika SMA Kelas X. Jurnal_ep, 11(1), 10–20.
Martins, J., Nahak, S., & Amsikan, S. (2020). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pemecahan Masalah Materi Program Linear Berdasarkan Teori Polya Pada Siswa Kelas XI IPA Di SMA Negeri 1 Kefamenanu. Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 5(1), 38–43.
Mason, J., Burton, L., & Stacey, K. (2010). Thinking Mathematically (Second Edi). Pearson Education.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis (Adition 3). SAGE.
Nurhalisa, T., Azizah, I. I., Tsania, F. Q. P., & Warli. (2022). Exploration Of Mathematics Problem Solving Processes Junior High School Students With Different Levels Of Logical Thinking Ability. Indonesian Journal Of Science And Mathematics Education, 05(July), 156–167.
OECD. (2015). PISA 2015 Result in Focus.
Pratiwi, N. P. W., Dewi, N. L. P. E. S., & Paramartha, A. A. G. Y. (2019). The Reflection of HOTS in EFL Teachers’ Summative Assessment. Journal of Education Research and Evaluation, 3(3), 127–133. https://doi.org/10.23887/jere.v3i3.21853
Purnomo, Y. (2017). Pengaruh Sikap Siswa pada Pelajaran Matematika dan Kemandirian Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1), 93–105. https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i1.1897
Purwitaningrum, R., & Prahmana, R. C. I. (2021). Developing instructional materials on mathematics logical thinking through the Indonesian realistic mathematics education approach. International Journal of Education and Learning, 3(1), 13–19. https://doi.org/10.31763/ijele.v3i1.178
Rohimah, L. N., & Yuliastuti, R. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Model Pembelajaran Two Stay Two Stray. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 1(April), 11–18.
Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2), 148–158.
Susilowati, E., Hartini, S., Suyidno, S., Mayasari, T., & Winarno, N. (2020). Hubungan Antara Kemampuan Pemecahan Masalah Terhadap Ketrampilan Berpikir Kritis Pada Materi Deret. Proseding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah, 5(April), 119–125.
Suwarjo, B., Suhandini, P., & Suanrso, A. (2016). Pengaruh Implementasi Pendekatan Saintifik, Keterampilan Berpikir Kritis Dan Sikap Disiplin Terhadap Penyelesaian Masalah Matematika Sd. Journal of Primary Education, 5(1), 21–26. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe
Swestyani, S., Masykuri, M., Prayitno, B. A., Rinanto, Y., & Widoretno, S. (2018). An analysis of logical thinking using mind mapping. Journal of Physics: Conference Series, 1022(1), 1–8.
Warli. (2013). Kreativitas Siswa SMP Yang Bergaya Kognitif Reflektif Atau Impulsif Dalam Memecahkan Masalah Geometri. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 20(2), 190–201.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Riset Pembelajaran Matematika
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.