SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: ANALISIS BAHAN AJAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA DAN EVOLUSI BAHAN AJAR BERBASIS LANSKAP LINGUISTIKA MATEMATIS
DOI:
https://doi.org/10.55719/jrpm.v6i2.1162Kata Kunci:
Bahan Ajar, EtnomatematikaAbstrak
Peran bahan ajar dalam proses pembelajaran sangatlah menentukan, pasalnya bahan ajar merupakan sebagai bahan utama dalam mendukung proses pembelajaran siswa. Salah satu bahan ajar yang sudah banyak diterapkan adalah bahan ajar berbasis etnomatematika. Namun bahan ajar etnomatematika memiliki keterbatasan dalam suatu budaya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan bahan ajar yang sesuai dalam proses pembelajaran tanpa adanya keterbatasan dalam budaya tertentu. Metode Systematic Literature Review (SLR) merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini. Pengumpulan data-data dilakukan dengan mengumpulkan artikel terindeks nasional dan internasional yang diterbitkan pada lima tahun terakhir (tahun 2019 sampai tahun 2024). Artikel yang digunakan sebanyak 17 artikel yang sesuai dengan kata kunci yang digunakan yang diperoleh dari Google Scholar. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya diperlukan bahan ajar berbasis lanskap linguistika matematis yang dapat diimplementasikan kepada siswa tanpa adanya keterbatasan dalam budaya dan diperlukan pengembangan bahan ajar berbasis lanskap linguistika matematis baik berupa e-modul, LKPD dan media pembelajaran lainnya.
Unduhan
Referensi
Ayuningtyas, A. D., & Setiana, D. S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Etnomatematika Kraton Yogyakarta. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 11–19.
Azizah, V. N., & Masrurotullaily. (2023). Pengembangan lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Candi Jawi Pada Bangun Ruang Sisi Datar Di Sekolah menengah Pertama (SMP) Al Mustaqim Sukorejo Pasuruan. Mathematic Education Journal, 6(3), 95–105.
Cahyono, A. D., & Budiarto, M. T. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika Kesenian Rebana Untuk Mendukung Literasi Matematis Siswa Smp. MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(2), 287–296. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n2.p287-296
Choirudin, C., Mispani, M., Setiawan, A., Muslimin, A., & Anwar, M. S. (2021). Bahan Ajar Etnomatematika Situs Purbakala Pugung Raharjo untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(1), 87–99.
Fajri, I., & Afriansyah, H. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Kualitas Pendidikan di Indonesia.
Febriza, E., Yulia, P., & Erita, S. (2021). Development Of Etnomathematics Based Flat Building Handouts For Students Class VII SMP. Mathline: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 207–221.
Fuat, F., Rohibni, R., & Rayungsari, M. (2024). Unraveling Trends in Temple Ethnomathematics Research and The Evolution Of The Mathematical Landscape. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 07(1), 1–17. https://doi.org/10.24042/ijsme.v5i1.19373
Herawati, I., Putra, F. G., Masykur, R., & Anwar, C. (2020). Pocket Book Digital Berbasis Etnomatematika Sebagai Bahan Ajar Sekolah Menengah Pertama. Journal of Mathematics Education and Science, 3(1), 29–37. https://doi.org/10.32665/james.v3i1.132
Kehi, Y. J., & Naimnule, M. (2023). Development Of Teaching Materials With Eliciting Activities Models Based On Ethnomatematic To Improve Mathematical Literacy Ability. Jurnal Eduscience (JES), 10(April), 51–61.
Kurniawati, F. N. A. (2022). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dan Solusi. Academy of Education Journal, 13(1), 1–13. https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.765
Lazwardi, D. (2017). Manajemen Kurikulum Sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan. Al-Idrah: Jurnal Kependidikan Islam, 7(1), 99–112.
Luthfi, H., & Rakhmawati, F. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) Berbasis Etnomatematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 07(1), 98–109.
Mania, S., Nur, F., & Amin, B. (2024). Development of Ethnomathematics-Based Mathematical Teaching Materials at the Makassar 99 Kubah Mosque in Facilitating Student Learning Independence. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 15(1), 123–135.
Marsilawati, N. M. S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IA2 SMA Negeri 4 Singaraja. Jurnal Citra Pendidikan, 2, 613–625.
Nurrosadha, S. H., Agustina, Lady, Dwi, Y., & Ningtyas, Y. D. W. K. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Masjid Agung At-Taqwa Bondowoso Sebagai Bahan Ajar Pembelajaran Matematika. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 8(2), 86–92.
Purwoko, R. Y., Nugraheni, P., & Nadhilah, S. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan E -Modul Berbasis Etnomatematika Produk Budaya Jawa Tengah. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 1–8.
Putri, T. R., Setiyadi, D., & Meilina, M. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Etnomatematika Bernuansa Baju Pengantin Adat Betawi. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 2017–2025. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7197
Rewatus, R., Igo, L. S., Joakim, F. A., & Maria, S. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Pada Materi Segitiga dan Segiempat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 645–656. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.276
Rohmaini, L., Netriwati, N., Komarudin, K., Nendra, F., & Qiftiyah, M. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Berbantuan Wingeom Berdasarkan Langkah Borg And Gall. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 176. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3649
Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02), 171–176. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/7521
Sutarto, S., Hastuti, I. D., Sukarma, I. K., & Untu, Z. (2022). Ethnomathematics-based E-Module Development for Improving Conjecturing Ability in Object Configuration Materials. Journal Of Positive Psychology & Wellbeing, 6(1), 2813–2823.
Trisnawati, T. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif dengan Pendekatan Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal di Banten pada Pokok Bahasan Barisan dan Deret untuk Siswa SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 06(01), 282–290.
Widiantari, N. K. K., Suparta, I. N., & Sariyasa, S. (2022). Meningkatkan Literasi Numerasi dan Pendidikan Karakter dengan E-Modul Bermuatan Etnomatematika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 331–343.
Ayuningtyas, A. D., & Setiana, D. S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Etnomatematika Kraton Yogyakarta. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 11–19.
Azizah, V. N., & Masrurotullaily. (2023). Pengembangan lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Candi Jawi Pada Bangun Ruang Sisi Datar Di Sekolah menengah Pertama (SMP) Al Mustaqim Sukorejo Pasuruan. Mathematic Education Journal, 6(3), 95–105.
Cahyono, A. D., & Budiarto, M. T. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika Kesenian Rebana Untuk Mendukung Literasi Matematis Siswa Smp. MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(2), 287–296. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n2.p287-296
Choirudin, C., Mispani, M., Setiawan, A., Muslimin, A., & Anwar, M. S. (2021). Bahan Ajar Etnomatematika Situs Purbakala Pugung Raharjo untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(1), 87–99.
Fajri, I., & Afriansyah, H. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Kualitas Pendidikan di Indonesia.
Febriza, E., Yulia, P., & Erita, S. (2021). Development Of Etnomathematics Based Flat Building Handouts For Students Class VII SMP. Mathline: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 207–221.
Fuat, F., Rohibni, R., & Rayungsari, M. (2024). Unraveling Trends in Temple Ethnomathematics Research and The Evolution Of The Mathematical Landscape. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 07(1), 1–17. https://doi.org/10.24042/ijsme.v5i1.19373
Herawati, I., Putra, F. G., Masykur, R., & Anwar, C. (2020). Pocket Book Digital Berbasis Etnomatematika Sebagai Bahan Ajar Sekolah Menengah Pertama. Journal of Mathematics Education and Science, 3(1), 29–37. https://doi.org/10.32665/james.v3i1.132
Kehi, Y. J., & Naimnule, M. (2023). Development Of Teaching Materials With Eliciting Activities Models Based On Ethnomatematic To Improve Mathematical Literacy Ability. Jurnal Eduscience (JES), 10(April), 51–61.
Kurniawati, F. N. A. (2022). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dan Solusi. Academy of Education Journal, 13(1), 1–13. https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.765
Lazwardi, D. (2017). Manajemen Kurikulum Sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan. Al-Idrah: Jurnal Kependidikan Islam, 7(1), 99–112.
Luthfi, H., & Rakhmawati, F. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) Berbasis Etnomatematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 07(1), 98–109.
Mania, S., Nur, F., & Amin, B. (2024). Development of Ethnomathematics-Based Mathematical Teaching Materials at the Makassar 99 Kubah Mosque in Facilitating Student Learning Independence. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 15(1), 123–135.
Marsilawati, N. M. S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IA2 SMA Negeri 4 Singaraja. Jurnal Citra Pendidikan, 2, 613–625.
Nurrosadha, S. H., Agustina, Lady, Dwi, Y., & Ningtyas, Y. D. W. K. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Masjid Agung At-Taqwa Bondowoso Sebagai Bahan Ajar Pembelajaran Matematika. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 8(2), 86–92.
Purwoko, R. Y., Nugraheni, P., & Nadhilah, S. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan E -Modul Berbasis Etnomatematika Produk Budaya Jawa Tengah. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 1–8.
Putri, T. R., Setiyadi, D., & Meilina, M. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Etnomatematika Bernuansa Baju Pengantin Adat Betawi. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 2017–2025. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7197
Rewatus, R., Igo, L. S., Joakim, F. A., & Maria, S. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Pada Materi Segitiga dan Segiempat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 645–656. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.276
Rohmaini, L., Netriwati, N., Komarudin, K., Nendra, F., & Qiftiyah, M. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Berbantuan Wingeom Berdasarkan Langkah Borg And Gall. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 176. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3649
Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02), 171–176. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/7521
Sutarto, S., Hastuti, I. D., Sukarma, I. K., & Untu, Z. (2022). Ethnomathematics-based E-Module Development for Improving Conjecturing Ability in Object Configuration Materials. Journal Of Positive Psychology & Wellbeing, 6(1), 2813–2823.
Trisnawati, T. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif dengan Pendekatan Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal di Banten pada Pokok Bahasan Barisan dan Deret untuk Siswa SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 06(01), 282–290.
Widiantari, N. K. K., Suparta, I. N., & Sariyasa, S. (2022). Meningkatkan Literasi Numerasi dan Pendidikan Karakter dengan E-Modul Bermuatan Etnomatematika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 331–343.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Riset Pembelajaran Matematika
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.