SYSTEMATICS LITERATUR REVIEW: PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF
Kata Kunci:
Kemampuan Metakognitif, Model Pembelajaran, Media dan Bahan AjarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengeksplorasi pengaruh berbagai model pembelajaran matematika dan media pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan metakognitif siswa dalam proses pembelajaran. Dengan menggunakan metode sistematic literature review (SLR) pada penelitian ini menggunakan database dari sumber Google Scholar dan Scimago yang akan ditinjau dari tahun 2016-2024 dengan kriteria inklusi yang telah ditentukan, sehingga didapatkan 24 artikel yang terpilih dalam penelitian ini. Hasil analisis menunjukkan bahwa integrasi model pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan metakognitif siswa, seperti problem based learning (PBL) dan discovery learning. Pengunaan media dan bahan ajarpun dapat membantu pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan metakognitif seperti modul pembelajaran dan media pembelajaran dengan berbasis teknologi seperti LKPD dengan bantuan Geogebra, Microsoft Mouse Mischief, dan GeoEnzo sangat penting dalam membantu meningkatkan kemampuan metakognitif siswa. Integrasi model pembelajaran yang efektif dan media pembelajaran inovatif sangat penting untuk pengembangan metakognitif siswa, yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil akademis siswa selama proses pembelajaran.
Unduhan
Referensi
Amir, M. F., & Kusuma W, M. D. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa Sekolah Dasar. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 117. https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.538
Anggraini, L. A., Arif, S., Muna, I. A., & Aristiawan, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Berbasis STEM dalam Meningkatkan Kemampuan Metakognisi. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), 219–227. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i2.199
Ansori, Y. Z., Puspitasari, W. D., & Ratnawati, E. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Meaningful Instruction Design Terhadap Kemampuan Metakognitif Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(2), 292–301. https://doi.org/10.31949/jee.v4i2.3346
Antonius, M., Sitohang, & Manurung, N. (2024). Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Kelas VII SMP Swasta Katolik Trisakti 1 Medan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 1236–1241. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25079
Asy’ari, M., Ikhsan, M., & Muhali, M. (2018). Apa Itu Metakognisi dan Mengapa Penting? Seminar Nasional Lembaga Penelitian Dan Pendidikan (LPP) Mandala, 340–344.
Choridha, M., Hariyani, S., & Farida, N. (2019). Pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap kemampuan metakognisi siswa. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 5(2), 33. https://doi.org/10.29100/jp2m.v5i2.1735
Fadilla, F., & Purwaningrum, J. P. (2021). Menumbuhkan Kemampuan Representasi Matematis dan Metakognitif Siswa Kelas XIII SMP Menggunakan Model CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, dan Extending). AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(1), 155–168. https://doi.org/10.26877/aks.v12i1.7679
Fahmi, N., Sinaga, B., & Rajagukguk, W. (2020). Analisis Kemampuan Metakognitif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Di SMP Negeri 4 Bendahara Aceh Tamiang. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 68–72. https://doi.org/10.24114/paradikma.v13i3.23713
Hamimah, A., & Kartika, E. D. (2019). Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Metakognisi Siswa. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 99–105. https://doi.org/10.31537/laplace.v2i2.247
Istiqomah, N., & Siswono, T. Y. E. (2020). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Metakognitif Dan Pemecahan Masalah Matematika Di Kelas Xi Sma Negeri 1 Jombang. MATHEdunesa, 9(2), 422–429. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n2.p422-429
Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21. https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729
Komarudin, K., Rahmawati, N. D., Anggoro, B. S., Suherman, S., & Arfina, S. (2022a). Meningkatkan Kemampuan Metakognitif dan Penalaran Adaptif Matematis: Dampak Model FERA Berbantuan Video Pembelajaran. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1419–1432. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1268
Komarudin, K., Rahmawati, N. D., Anggoro, B. S., Suherman, S., & Arfina, S. (2022b). Meningkatkan Kemampuan Metakognitif dan Penalaran Adaptif Matematis: Dampak Model FERA Berbantuan Video Pembelajaran. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1419–1432. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1268
Kusuma, A. S., & Nurmawanti, I. (2023). Pengaruh Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Metakognitif dan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1922–1934. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1890
Lidia, R., Sarwi, S., & Nugroho, S. E. (2018). Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan modul terhadap kemampuan metakognitif siswa. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 7(2), 104–111. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/upej.v7i2.27474
Lutfiyana, L., Pujiastuti, E., & Kharisudin, I. (2023). Systematic Literature Review: Resiliensi Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2167–2177. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2445
Nindiasari, H., Kusumah, Y., Sumarmo, U., & Sabandar, J. (2014). Pendekatan metakognitif untuk meningkatkan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa SMA. Edusentris: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 80–90.
Nurhayati, Hartoyo, A., & Hamdani. (2017). Kemampuan Metakognisi Siswa dalam Pemecahan Masalah pada Materi Bangun Datar Di Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 6(3), 1–13. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v6i3.19276
Permatasari, K. G. (2021). Problematika pembelajaran matematika di sekolah dasar/ madrasah ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 17(1), 68–84.
Pertiwi, P. D., Pujiastuti, H., & Fathurohman, M. (2022). Implementasi Pendekatan Metakognitif dalam Pembelajaran Matematika: Systematic Literature Review. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(6), 7904–7918. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i6.4285
Purwaningsih, W. I., & Maryam, I. (2017). Efektifitas Pembelajaran Learning Cycle 7e terhadap Kemampuan Metakognitif Berbantuan Microsoft Mouse Mischief. Urecol, 95–100.
Rahman, F., Yurniwati, Y., & Bintoro, T. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika ditinjau dari Metakognisi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 2(1), 48. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i1.11648
Santi, I. G. A. D. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Motivasi Berprestasi dan Keterampilan Metakognisi. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya., 13(2), 62–75. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/wms.v13i2.15915
Sary, R. F., Juandi, D., & Jupri, A. (2022). Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Kemampuan Penalaran Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1028. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4765
Sembiring, M. B. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learningdan Guided Discovery Learning Terhadap Keterampilan Metakognitif Siswa SMA. GENTA MULIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1), 1–5. https://doi.org/10.20414/spin.v2i1.2012
Sembiring, M. B., Octariani, D., & Rambe, I. H. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Metakognitif Siswa. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 2(2), 36–41. https://doi.org/10.30596/jmes.v2i1.6874
Septiani, A., Syamsuri, S., Nindiasari, H., & Novaliyosi, N. (2023). Analisis-Meta Penerapan Pendekatan Metakognitif dalam Pembelajaran Matematika. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 744–752. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1289
Supriyatin, T., & Arfa, A. N. (2023). Pengaruh Discovery Learning dan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Metakognisi Matematika Siswa di SMP N 17 Jakarta. Justek: Jurnal Sains Dan Teknologi, 6(2), 214–221. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/justek.vXiY.ZZZ
Surya, E., Sumatera, N., Iskandar, W., Street, P. V, & Sumatera, N. (2019). Development of Oriented Student Activity Sheets Problem-Based Learning Approaches Assisted by GeoGebra Software to Improve Metacognition Ability of Private Vocational High School PAB 12 Saentis. Journal of Education and Practice, 10(9), 166–170. https://doi.org/10.7176/JEP/10-9-19
Susanti, D., Anwar, C., Putra, F. G., Netriwati, Afandi, K., & Widyawati, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Tipe POE dan Aktivitas Belajar terhadap Kemampuan Metakognitif. Inomatika, 2(2), 93–105. https://doi.org/10.35438/inomatika.v2i2.199
Sutarto, Dwi Hastuti, I., Fuster-Guillén, D., Palacios Garay, J. P., Hernández, R. M., & Namaziandost, E. (2022). The Effect of Problem-Based Learning on Metacognitive Ability in the Conjecturing Process of Junior High School Students. Education Research International, 2022, 1–10. https://doi.org/10.1155/2022/2313448
Syamsuddin, S., & Ahmad, H. (2021). Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika Berbantuan Aplikasi GeoEnzo untuk Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif Siswa SMK Mega Link Majene. Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 17(2), 115–124. https://doi.org/10.35329/fkip.v17i2.2683
Triana, R., Azis, Z., & Irvan, I. (2021). The Effect of the Application of Discovery Learning and Problem Based Learning Model on Metacognitive Ability and Students’ Mathematical Connections. IJEMS:Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 2(1), 34. https://doi.org/10.30596/ijems.v2i1.6175
Zakiah, N. E. (2017). Meningkatkan Kemampuan Metakognitif Siswa Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Open-Ended. TEOREMA : Teori Dan Riset Matematika, 1(1), 27–28. https://doi.org/10.25157/teorema.v1i1.125
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Riset Pembelajaran Matematika
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.