PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA: SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW

Penulis

  • Adelia Sektiwulan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Novaliyosi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Hepsi Nindiasari

DOI:

https://doi.org/10.55719/jrpm.v6i2.1311

Kata Kunci:

literasi numerasi, model pembelajaran, slr

Abstrak

Keterampilan literasi numerasi dibutuhkan dalam berbagai aspek kehidupan, baik di rumah, pekerjaan, atau masyarakat. Pentingnya literasi numerasi tidak sejalan dengan kenyataan yaitu masih rendahnya kemampuan literasi numerasi siswa yang bisa dilihat dari hasil PISA tahun 2022. Berbagai faktor mempengaruhi kemampuan literasi numerasi siswa, salah satunya yaitu penerapan model pembelajaran di sekolah. Systematic literature review (SLR) dilakukan berdasarkan 18 artikel dari jurnal nasional terakreditas dalam bidang pendidikan matematika. Penelitian ini berfokus pada dua aspek, yaitu 1) model pembelajaran yang memengaruhi kemampuan literasi numerasi, dan 2) penerapan model pembelajaran pada setiap jenjang yang memengaruhi kemampuan literasi numerasi. Berdasarkan artikel yang di review ditemukan 12 model pembelajaran pada jenjang SD, SMP, dan SMA. Penerapan model pembelajaran pada SD yaitu PBL, STEAM, student facilitator & explaining, mind mapping, dan RME. Pada SMP yaitu model pembelajaran PBL, inkuiri, RME, TGT, PLTL, CIRC, PjBL, TTW, dan CTL, sedangkan SMA penerapan model pembelajaran peer led team learning dan pembelajaran berbasis masalah. Hasil dari penelitian ini dapat memberikan ringkasan literatur dalam mengidentifikasi model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adiwiguna, P. S., Dantes, N., & Gunamantha, I. M. (2019). Pengaruh model problem based learning (PBL) berorientasi STEM terhadap kemampuan berpikir kritis dan literasi sains siswa kelas v SD di Gugus I Gusti Ketut Pudja. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 94–103.

Al-Tabany, T. I. B. (2014). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual. KENCANA.

Anwar, Y. A. S., & Hariantini, H. (2019). Penerapan model peer led team learning untuk meningkatkan hasil belajar dan sikap siswa terhadap kimia implementation of peer led team learning model to improve student learning outcome and attitude toward chemistry. J. Pijar MIPA, 14(1), 13–17. https://doi.org/10.29303/jpm.v14.i1.999

Ardiningtyas, M., Harahap, T. H., & Panggabean, E. M. (2023). Penerapan teori Piaget dalam pembelajaran matematika di Sekolah Menengah Atas: studi kasus di sekolah SMA Negeri 3 Medan. Tut Wuri Handayani: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 66–71.

Fauzan, A., Harisman, Y., Yerizon, Y., Suherman, S., Tasman, F., Nisa, S., Sumarwati, S., Hafizatunnisa, H., & Syaputra, H. (2024). Realistic mathematics education (RME) to improve literacy and numeracy skills of elementary school students based on teachers’ experience. Infinity: Journal of Mathematics Education, 13(2), 301–316. https://doi.org/10.22460/infinity.v13i2.p301-316

Fitriana, I. A., Andinasari, A., & Utari, R. S. (2023). PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(3), 312–318. https://doi.org/10.37478/jpm.v4i3.2790

Hidayat, D. W., Satiti, E. M., & Widiyatmoko, W. (2020). Implementasi teori belajar konstruktivistik dalam pembelajaran ips untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Muhammadiyah 4 Sambi. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 2(2), 169–174. https://doi.org/10.23917/blbs.v2i2.12846

Jannah, M., Markhamah, M., & Puji Rahmawati, F. (2024). Effectiveness of PjBL and PBL models on numerative literacy based on local wisdom in elementary schools. Journal of Education, Teaching, and Learning, 9(1), 74–80.

Jannah, R., Darmiany, D., & Nurmawanti, I. (2024). Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis experiential learning terhadap kemampuan numerasi siswa kelas IV. Journal of Classroom Action Research, 6(1), 119–127. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.6745

Kaban, R. H., Anzelina, D., Sinaga, R., & Silaban, P. J. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 102–109. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.574

Komara, E. (2016). Belajar dan pembelajaran interaktif. Bandung: Refika Aditama.

Kurniadi, E., Zulkardi, & Putri, R. I. I. (2022). Learning ordinary differential equation at undergraduate level: A systematic learning review. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 23–31. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/index

Marwiah, S., Maharani, I., & Simamora, Y. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Aplikasi Mathway Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa MTs Darul Mukhlisin. Journal on Education. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v6i2.5442

Miranda, H., & Rosidah, C. T. (2024). Pengaruh model cooperative integrated reading and composition (CIRC) terhadap keterampilan menulis paragraf pada siswa sekolah dasar. Jurnal Indopedia (Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 2(2), 265–270.

Mudzalifah, S., & Maarif, S. (2023). Model Pembelajaran Student Facilitator &Explaining Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Matematika Siswa. Jurnal Educatio, 9(3), 1333–1339. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/5514

Nabila, N. (2021). Konsep pembelajaran matematika SD berdasarkan teori kognitif jean piaget. JKPD: Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 6(1), 69–79.

Nirmalasari, P., Jumadi, J., & Ekayanti, A. (2021). Penerapan model pembelajaran STEAM (scienci, technology, engineering, art and math) untuk penguatan literasi-numerasi siswa. In … Literasi-Numerasi Siswa. http://eprints.umpo.ac.id/7103/

Nurjanah, T. (2019). Model-Model Pembelajaran Ilmu Fara’idh. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 225. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.365

Nurlaela, E., Sumantri, M., & Sarkadi, S. (2021). Development of mind mapping-based e-book in STEAM for skills skills of grade VI Elementary School students. IJMMU: International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8(6), 390–399. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v8i6.2787

Nurrohim, D. P., Mardhaniati, F. F., Rohani, A., Nabilah, A. C. A., & Susilo, B. E. (2024). Kajian Teori tentang Efektivitas Problem-Based Learning Ditinjau dari Keterampilan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar Matematis Jenjang SMP. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 873–876. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Nurwijaya, S., & Purba, P. B. (2023). Pengaruh model pembelajaran peer led team learning (PLTL) berbantuan soal hots dalam meningkatkan literasi numerasi matematika siswa kelas X SMA negeri 1 Dobo. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 168–177. https://doi.org/https://doi.org/10.30605/pedagogy.v8i2.3101

OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume II): Where All Students Can Succeed. In OECD Publishing (Vol. 2). OECD. https://doi.org/10.1787/b5fd1b8f-en

OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume II). In OECD: Vol. II. OECD. https://doi.org/10.1787/a97db61c-en

Offirstsona, T., & Zaenal, R. M. (2021). Meningkatkan numerasi matematika melalui model pembelajaran kooperatif teknik teams games tournament (TGT). JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah, 7(2), 49–63. http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/1487

Oktavia, L., Susetyawati, M. E., & Kintoko, K. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Matematika Siswa Kelas VIII. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 260–269. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i1.761

Pratiwi, S. E., Harianto, E., & Istiningsih, S. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Bermedia Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Materi Bangun Ruang pada Siswa Kelas V SD Negeri 44 Cakranegara. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 7(3), 3083–3089. http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id

Prihatiningtyas, N. C., & Buyung, B. (2023). Kemampuan literasi matematis siswa melalui implementasi model problem based learning berbasis etnomatematika pada budaya Tidayu. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 215–227. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.5297

Purnomo, S. (2024). Meningkatkan Literasi Numerasi Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Berkonteks Islam Berbantuan Geogebra. Jurnal Axioma, 9(1), 71–81.

Rahmawati, D. (2019). Keefektifan model student facilitator and explaining terhadap hasil belajar seni rupa materi menggambar bentuk tiga dimensi kelas IV SDN Gugus Sijago.

Samad, I., & Nur, M. A. (2024). Kemampuan Literasi Numerasi Matematika melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 100–107. https://doi.org/10.30605/proximal.v5i2.3159

Sari, N., Nuraeni, Z., & Sukmaningthias, N. (2022). Interaction between RME-based blended learning and self-regulated learning in improving mathematical literacy. Jurnal Elemen, 8(2), 631–644. https://doi.org/10.29408/jel.v8i2.5751

Situmorang, A. S., Lumbangaol, B. H., & Sinaga, M. G. (2022). Model pembelajaran CTL terhadap kemampuan literasi numerasi peserta didik SMP Adhyaksa. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 3(2), 57–62. https://doi.org/https://doi.org/10.36655/sepren.v3i2

Sudianto, S., & Ismayanti, S. (2023). Implementasi teori perkembangan kognitif Jean Piaget dalam pembelajaran matematika. POLINOMIAL: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 55–61.

TIM GLN Kemendikbud. (2017). MATERI PENDUKUNG LITERASI NUMERASI. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Wati, G. L., & Syafitri, E. (2022). Meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa melalui penerapan model pembelajaran PBL berbasis STEM. JURNAL MATHEMATIC PAEDAGOGIC, 7(1), 62–71. https://doi.org/10.36294/jmp.v7i1.2821

Wijaya, T. T., Rahmadi, I. F., Chotimah, S., Jailani, J., & Wutsqa, D. U. (2022). A Case Study of Factors That Affect Secondary School Mathematics Achievement: Teacher-Parent Support, Stress Levels, and Students’ Well-Being. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(23). https://doi.org/10.3390/ijerph192316247

Wiyata, S., & Suwartini, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Numerasi Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3843–3849. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=3307091&val=7291&title=PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI MATEMATIKA

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-30

Cara Mengutip

Sektiwulan, A., Novaliyosi dan Nindiasari, H. (2024) “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA: SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW”, Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 6(2), hlm. 147–156. doi: 10.55719/jrpm.v6i2.1311.

Terbitan

Bagian

Articles