Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Menyelesaikan Soal Numerasi Ditinjau Berdasarkan Kemampuan Matematika

Penulis

  • Ayu Setyorini Universitas PGRI Delta
  • Siti Nuriyatin Universitas PGRI Delta Sidoarjo
  • Dewi Sukriyah Universitas PGRI Delta Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.55719/jrpm.v6i2.1448

Kata Kunci:

Pemecahan Masalah, Numerasi, Bangun Datar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal numerasi pada materi bangun datar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Ma’arif NU Ngaban-Tanggulangin kelas VII tahun ajaran 2024/2025. Subjek penelitian dipilih berdasarkan rekomendasi guru mata pelajaran matematika terpilihlah tiga siswa yang terdiri dari satu siswa kemampuan tinggi, satu siswa kemampuan sedang, dan satu siswa kemampuan rendah berdasarkan nilai harian siswa kelas VII-D MTs Ma’arif NU Ngaban Tanggulangin. Instrumen yang digunakan adalah soal tes yang terdiri dari tiga soal dan lembar wawancara. Dalam pemecahan masalah menggunakan tahapan pemecahan masalah polya yang terdiri dari empat indikator yaitu 1) memahami masalah. 2) rencana penyelesaian. 3) menyelesaikan masalah. 4) memeriksa kembali jawaban. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik pengumpulan data, teknik reduksi data, teknik penyajian data dan membuat kesimpulan. Wawancara dipergunakan untuk memastikan keakuratan data. Hasil penelitian yaitu berdasarkan tahapan Polya siswa berkemampuan tinggi mampu memenuhi semua tahapan Polya dalam menyelesaikan permasalahan. Siswa berkemampuan sedang mampu memenuhi tahapan polya akan tetapi masih belum mampu membuat kesimpulan dan memeriksa kembali kembali jawabannya. Siswa kemampuan rendah hanya mampu memahami masalah, belum mmpu melakukan tahapan selanjutnya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Artuz, J. K. A., & Roble, D. B. (2021).Using Online- Process Oriented Guided Inquiry Learning (O-Pogil). American Journal Of Educational Research, 9(7), 404–409.

Astutiani, R. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Langkah Polya. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 2, pp. 297–303).

Baharuddin, M. R. & Jumarniati. (2018). Pola interaksi belajar matematika siswa berkemampuan awal rendah dalam pembelajaran berbasis proyek. Jurnal pendidikan matematika dan Ilmu pengetahuan Alam, 6(2), 149-156.

Brijlall, D. (2015). Exploring The Stages of Polya’s Problem-solving Model during Collaborative Learning : A Case of Fractions. International Journal of Education Science, 11(3), 291–299. https://doi.org/10.1080/09751122.2015.11890401

dkk, D. (2014). Landasan Pendidikan.Yogyakarta: Gava Media.

Ekananda, A., Pujiastuti, H., & F.S, C. A. H. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa. Wilangan: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 1(4), 367–382

Hasratuddin. (2014). Pembelajaran Matematika Sekarang dan yang akan Datang Berbasis Karakter. Jurnal Didatik Matematika Vol.1,No.2, 30-42.

Kemendikbud.(2020)Hal3:htps://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/apa-itu-literasi-dan numera si

Kurniawan, S. (2017). Pendidikan Karakter Konsepsi dan Implementasi secara Terpadu diLingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Novianti, D. E. (2021). Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Pemecahan Masalah Matematika. Jpe (Jurnal Pendidikan Edutama), 8(2), 117–124.

Rahaju. (2008). Contectual teaching and learning Matematika SMP. Jakarta:DEPDIKNAS.

Ratri & Setyaningsih. (2020). Analisis literasi matematis terhadap kemampuan menyelesaikan soal beriorientasi HOTS. Jurnal Pendidikan Matematika.

Risma, A., Isnarto, &Hidayah, I.(2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Langkah Polya.Prosiding Seminar NasionalPascasarjana UNNES

Rivai & Wutsqa. (2017). Kemampuan Literasi Matematis SMP Negeri se-Kabupaten Bantul. Jurnal Pendidikan Matematikan dan Sains, 5(2),152-162.

Winarti, D. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Gaya Belajar Pada Materi Pecahan di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(6), 1–9.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-30

Cara Mengutip

Setyorini, A., Nuriyatin, S. dan Sukriyah, D. (2024) “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Menyelesaikan Soal Numerasi Ditinjau Berdasarkan Kemampuan Matematika”, Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 6(2), hlm. 117–124. doi: 10.55719/jrpm.v6i2.1448.

Terbitan

Bagian

Articles