Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Menyelesaikan Soal Numerasi Ditinjau Berdasarkan Kemampuan Matematika
DOI:
https://doi.org/10.55719/jrpm.v6i2.1448Kata Kunci:
Pemecahan Masalah, Numerasi, Bangun DatarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal numerasi pada materi bangun datar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Ma’arif NU Ngaban-Tanggulangin kelas VII tahun ajaran 2024/2025. Subjek penelitian dipilih berdasarkan rekomendasi guru mata pelajaran matematika terpilihlah tiga siswa yang terdiri dari satu siswa kemampuan tinggi, satu siswa kemampuan sedang, dan satu siswa kemampuan rendah berdasarkan nilai harian siswa kelas VII-D MTs Ma’arif NU Ngaban Tanggulangin. Instrumen yang digunakan adalah soal tes yang terdiri dari tiga soal dan lembar wawancara. Dalam pemecahan masalah menggunakan tahapan pemecahan masalah polya yang terdiri dari empat indikator yaitu 1) memahami masalah. 2) rencana penyelesaian. 3) menyelesaikan masalah. 4) memeriksa kembali jawaban. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik pengumpulan data, teknik reduksi data, teknik penyajian data dan membuat kesimpulan. Wawancara dipergunakan untuk memastikan keakuratan data. Hasil penelitian yaitu berdasarkan tahapan Polya siswa berkemampuan tinggi mampu memenuhi semua tahapan Polya dalam menyelesaikan permasalahan. Siswa berkemampuan sedang mampu memenuhi tahapan polya akan tetapi masih belum mampu membuat kesimpulan dan memeriksa kembali kembali jawabannya. Siswa kemampuan rendah hanya mampu memahami masalah, belum mmpu melakukan tahapan selanjutnya.
Unduhan
Referensi
Artuz, J. K. A., & Roble, D. B. (2021).Using Online- Process Oriented Guided Inquiry Learning (O-Pogil). American Journal Of Educational Research, 9(7), 404–409.
Astutiani, R. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Langkah Polya. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 2, pp. 297–303).
Baharuddin, M. R. & Jumarniati. (2018). Pola interaksi belajar matematika siswa berkemampuan awal rendah dalam pembelajaran berbasis proyek. Jurnal pendidikan matematika dan Ilmu pengetahuan Alam, 6(2), 149-156.
Brijlall, D. (2015). Exploring The Stages of Polya’s Problem-solving Model during Collaborative Learning : A Case of Fractions. International Journal of Education Science, 11(3), 291–299. https://doi.org/10.1080/09751122.2015.11890401
dkk, D. (2014). Landasan Pendidikan.Yogyakarta: Gava Media.
Ekananda, A., Pujiastuti, H., & F.S, C. A. H. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa. Wilangan: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 1(4), 367–382
Hasratuddin. (2014). Pembelajaran Matematika Sekarang dan yang akan Datang Berbasis Karakter. Jurnal Didatik Matematika Vol.1,No.2, 30-42.
Kemendikbud.(2020)Hal3:htps://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/apa-itu-literasi-dan numera si
Kurniawan, S. (2017). Pendidikan Karakter Konsepsi dan Implementasi secara Terpadu diLingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Novianti, D. E. (2021). Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Pemecahan Masalah Matematika. Jpe (Jurnal Pendidikan Edutama), 8(2), 117–124.
Rahaju. (2008). Contectual teaching and learning Matematika SMP. Jakarta:DEPDIKNAS.
Ratri & Setyaningsih. (2020). Analisis literasi matematis terhadap kemampuan menyelesaikan soal beriorientasi HOTS. Jurnal Pendidikan Matematika.
Risma, A., Isnarto, &Hidayah, I.(2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Langkah Polya.Prosiding Seminar NasionalPascasarjana UNNES
Rivai & Wutsqa. (2017). Kemampuan Literasi Matematis SMP Negeri se-Kabupaten Bantul. Jurnal Pendidikan Matematikan dan Sains, 5(2),152-162.
Winarti, D. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Gaya Belajar Pada Materi Pecahan di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(6), 1–9.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Riset Pembelajaran Matematika
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.