PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK BERBASIS PREDICT, OBSERVE, AND EXPLAIN
DOI:
https://doi.org/10.55719/jrpm.v6i2.1453Kata Kunci:
E-LKPD, POE, SPLTV, Valid, PraktisAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD valid dan praktis pada materi spltv. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development (R&D)) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Lembah Gumanti. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket validasi dan angket uji praktikalitas. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis POE (Predict, Observe and Explain) pada Materi Sistem Persamaan Linear Variabel Kelas X SMAN 1 Lembah Gumanti dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan oleh pendidik dan peserta didik
Unduhan
Referensi
Angko, N., & Mustaji. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Dengan Model Addie Untuk Mata Pelajaran Matematika Kelas 5 Sds Mawar Sharon Surabaya. Jurnal Kwangsan, 1(1).
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The Addie Approach. In Instructional Design: The Addie Approach. Springer Us. Https://Doi.Org/10.1007/978-0-387-09506-6
Citriadin, Y. (2019). Pengantar Pendidikan. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Mataram.
Dewi, M. P., & Darussyamsu, R. (2024). Meta Analisis Validitas Dan Praktikalitas Pengembangan Lkpd Sebagai Media Pembelajaran (Vol. 8).
Firtsanianta, H., & Khofifah, I. (2022). Proceedings Membangun Karakter Dan Budaya Literasi Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Sd Efektivitas E-Lkpd Berbantuan Liveworksheet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Proceedings Membangun Karakter Dan Budaya Literasi Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Sd.
Fitriani, Hasan, M., & Musri. (2016). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Aktivitas Belajar Peserta Didik Pada Materi Larutan Penyangga. In Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Vol. 04, Issue 01). Http://Jurnal.Unsyiah.Ac.Id/Jpsi
Helmiati. (2012). Model Pembelajaran. Www.Aswajapressindo.Co.Id
Lutfiana, D. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Matematika Smk Diponegoro Banyuputih. Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(4).
Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Ayu Amalia, D., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2020). Analisis Bahan Ajar. In Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial (Vol. 2, Issue 2). Https://Ejournal.Stitpn.Ac.Id/Index.Php/Nusantara
Mulyasa. (2023, November 8). Implementasi Kurikulum Merdeka.
Muna, I. A. (2017). Model Pembelajaran Poe (Predict-Observe-Explain) Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Proses Ipa. Jurnal Studi Agama, 5(1).
Rahmawati, A., Anggraini, D., & Masykur, R. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Poe (Predict Observe Explain) Pada Materi Trigonometri. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 193–201. Https://Doi.Org/10.15294/Kreano.V10i2.20337
Safitri Egi, & Suherman. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Pada Topik Program Linear Untuk Kelas Xi Sma. 10(4), 52–55.
Sari, E. P., & Syofiana, M. (2021). Lembar Kerja Siswa Berbasis Poe (Predict, Observe, Explain) Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smp. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2).
Siagian, M. D. (2017). Pembelajaran Matematika Dalam Persfektif Konstruktivisme. Jurnal Pendidikan Islam Dan Teknologi Pendidikan, 7(2).
Yanuarti, S. (2018). Penerapan Pembelajaran Berbasis Predict, Observe, Explain (Poe) Pada Pembelajaran Geometri Di Kelas X Sma Negeri 13 Palembang. Journal Pendidikan Matematika, 12(1), 71–78.
Yusri, R., Nurmi, N., & Delyana, H. (2019). Development Of Ict Integrated Project Based Learning Student Worksheet. Journal Of Physics: Conference Series, 1157(3). Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1157/3/032127
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Riset Pembelajaran Matematika
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.