PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK BERBASIS PREDICT, OBSERVE, AND EXPLAIN

Penulis

  • Husna Anisa Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Radhya Yusri Universitas PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.55719/jrpm.v6i2.1453

Kata Kunci:

E-LKPD, POE, SPLTV, Valid, Praktis

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD valid dan praktis pada materi spltv. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development (R&D)) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Lembah Gumanti. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket validasi dan angket uji praktikalitas. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis POE (Predict, Observe and Explain) pada Materi Sistem Persamaan Linear Variabel Kelas X SMAN 1 Lembah Gumanti dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan oleh pendidik dan peserta didik

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Angko, N., & Mustaji. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Dengan Model Addie Untuk Mata Pelajaran Matematika Kelas 5 Sds Mawar Sharon Surabaya. Jurnal Kwangsan, 1(1).

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The Addie Approach. In Instructional Design: The Addie Approach. Springer Us. Https://Doi.Org/10.1007/978-0-387-09506-6

Citriadin, Y. (2019). Pengantar Pendidikan. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Mataram.

Dewi, M. P., & Darussyamsu, R. (2024). Meta Analisis Validitas Dan Praktikalitas Pengembangan Lkpd Sebagai Media Pembelajaran (Vol. 8).

Firtsanianta, H., & Khofifah, I. (2022). Proceedings Membangun Karakter Dan Budaya Literasi Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Sd Efektivitas E-Lkpd Berbantuan Liveworksheet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Proceedings Membangun Karakter Dan Budaya Literasi Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Sd.

Fitriani, Hasan, M., & Musri. (2016). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Aktivitas Belajar Peserta Didik Pada Materi Larutan Penyangga. In Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Vol. 04, Issue 01). Http://Jurnal.Unsyiah.Ac.Id/Jpsi

Helmiati. (2012). Model Pembelajaran. Www.Aswajapressindo.Co.Id

Lutfiana, D. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Matematika Smk Diponegoro Banyuputih. Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(4).

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Ayu Amalia, D., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2020). Analisis Bahan Ajar. In Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial (Vol. 2, Issue 2). Https://Ejournal.Stitpn.Ac.Id/Index.Php/Nusantara

Mulyasa. (2023, November 8). Implementasi Kurikulum Merdeka.

Muna, I. A. (2017). Model Pembelajaran Poe (Predict-Observe-Explain) Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Proses Ipa. Jurnal Studi Agama, 5(1).

Rahmawati, A., Anggraini, D., & Masykur, R. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Poe (Predict Observe Explain) Pada Materi Trigonometri. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 193–201. Https://Doi.Org/10.15294/Kreano.V10i2.20337

Safitri Egi, & Suherman. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Pada Topik Program Linear Untuk Kelas Xi Sma. 10(4), 52–55.

Sari, E. P., & Syofiana, M. (2021). Lembar Kerja Siswa Berbasis Poe (Predict, Observe, Explain) Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smp. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2).

Siagian, M. D. (2017). Pembelajaran Matematika Dalam Persfektif Konstruktivisme. Jurnal Pendidikan Islam Dan Teknologi Pendidikan, 7(2).

Yanuarti, S. (2018). Penerapan Pembelajaran Berbasis Predict, Observe, Explain (Poe) Pada Pembelajaran Geometri Di Kelas X Sma Negeri 13 Palembang. Journal Pendidikan Matematika, 12(1), 71–78.

Yusri, R., Nurmi, N., & Delyana, H. (2019). Development Of Ict Integrated Project Based Learning Student Worksheet. Journal Of Physics: Conference Series, 1157(3). Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1157/3/032127

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-30

Cara Mengutip

Anisa, H. dan Yusri, R. (2024) “PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK BERBASIS PREDICT, OBSERVE, AND EXPLAIN”, Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 6(2), hlm. 135–146. doi: 10.55719/jrpm.v6i2.1453.

Terbitan

Bagian

Articles