PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FASILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP PENALARAN MATEMATIKA DAN KEPERCAYAN DIRI SISWA

Penulis

  • Ayu Waningsih UNIVERSITAS LABUHANBATU

DOI:

https://doi.org/10.55719/jrpm.v2i2.167

Kata Kunci:

Student Facilitator And Explaining (SFE), Penalaran Matematika, Rasa Kepercayaan Diri Siswa

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini  adalah rendahnya penalaran matematika dan rasa kepercayaan diri siswa. Kurangnya penalaran siswa dapat diketahui dari nilai pretest siswa di mana dari 20 siswa hanya 8 siswa yang mencapai nilai di atas rata rata dan 12 siswa lainnya memiliki nilai dibawah rata - rata maka sekitar 60% siswa memiliki nilai di bawah rata rata. Melihat permasalahan tersebut, maka penulis tertarik untuk menerapkan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining dimana siswa dapat dilibatkan untuk lebih aktif dalam proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelakaran kooperatif tipe student facilitator and explaining terhadap penalaran matematika dan kepercayaan diri siswa.Pengujian hipotesis menggunakan analisis MANOVA (Multivariat Analysis Of Variance) dengan taraf signifikan 0,05 dari hasil data diperoleh nilai signifikannya 0,000 dimana 0,000 < 0,05 dan sesuai criteria bahwa H0 ditolak dan H1 diterima maka Terdapat pengaruh positif model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap Penalaran Matematika dan Kepercayaan Diri Siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa (1) Melihat dari output Statistik Deskriptif SPSS nilai posttest Penalaran dan Kepercayaan Diri Siswa dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining termasuk dalam kategori tinggi. (2) Hasil dari Uji MANOVA (Multivariat Analysis Of Variance)  dengan perlakuan yang signifikan oleh prosedur Pillai’s Trace, Wilk’s Lambda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root. Didapat nilai signifikannya 0,000 dimana 0,000 < 0,05 dan sesuai criteria bahwa H0 ditolak dan H1 diterima maka Terdapat pengaruh positif model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap Penalaran Matematika dan Kepercayaan Diri Siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Muncarno. 2015. Statistik Pendidikan Edisi Ke-5. Artha Copy, Metro-Lampung. NCTM (2000). Principle and Standards for School Mathematic. Virginia : NCTM

Komara, I. B. (2016). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir Siswa. Jurnal PSIKOPEDAGOGIA 2016. Vol. 5, No. 1 ISSN: 2301-6167. Jakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar. Yogyakarta

Isna, Nurla. 2011. Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Laksana

Unduhan

Diterbitkan

2020-11-02

Cara Mengutip

Waningsih, A. (2020) “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FASILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP PENALARAN MATEMATIKA DAN KEPERCAYAN DIRI SISWA”, Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 2(2), hlm. 79–84. doi: 10.55719/jrpm.v2i2.167.

Terbitan

Bagian

Articles