PENGEMBANGAN MEDIA POWERPOINT BERBASIS GEOGEBRA PADA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS
DOI:
https://doi.org/10.55719/jrpm.v3i1.262Kata Kunci:
Media pembelajaran, PowerPoint, GeoGebraAbstrak
Riset ini bertujuan guna mengenali validitas pengembangan media pembelajaran Power Point berbasis GeoGebra pada pokok bahasan teorema Pythagoras untuk siswa SMP. Tata cara riset ini memakai research and development. Model pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan 4- D Thiagarajan yang mana dibagi jadi 4 sesi yakni sesi Pendefinisian(Define), sesi Perancangan(Design), sesi pengembangan(Develop), serta sesi Penyebaran(Disseminate). Pada riset ini sesi penyebaran tidak bisa dicoba disebabkan keterbatasan riset yakni terdapatnya pandemi COVID- 19. Instrumen pengumpulan informasi berbentuk lembar validasi pakar modul dan pakar media. Metode analisis informasi memakai deskriptif kuantitatif. Pada hasil analisis informasi diperoleh skor rata- rata kevalidan ataupun kelayakan materi 84, 44% dengan kategori sangat baik dan skor rata- rata kevalidan ataupun kelayakan media 86, 90% dengan kategori sangat baik. Disimpulkan jika hasil uji validasi media pembelajaran PowerPoint berbasis GeoGebra pada pokok bahasan teorema Pythagoras untuk siswa SMP sangat baik digunakan dalam pembelajaran di sekolah.
Unduhan
Referensi
[2] Kristanti, D., & Julia, S. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model 4-D untuk Kelas Inklusi sebagai Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal MAJU, 4(1), 38-50.
[3] Mauliya, A. (2019). Perkembangan Kognitif pada Peserta Didik SMP (Sekolah Menengah Pertama) Menurut Jean Piaget. ScienceEdu, 2(2), 86-91.
[4] Oktaria, M., Alam, A. K., & Sulistiawati, S. (2016). Penggunaan Media Software GeoGebra untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII.2 SMP Islamic Village pada Materi SPLDV. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika , 633-640.
[5] Syafitri, Q. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan GeoGebra di SMP Negeri 23 Bandar Lampung. Lampung: Program Pascasarjana UIN Raden Intan.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.