Systematic Literature Review: Etnomatematika pada Rumah Adat
DOI:
https://doi.org/10.55719/jrpm.v4i1.351Kata Kunci:
etnomatematika, konsep matematika, rumah adatAbstrak
Perlunya inovasi terbaru dalam proses pembelajaran matematika sangatlah penting, agar dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan meningkatkan kemampuan belajar siswa. Salah satu hal yang bisa dilakukan ialah mengaitkan pembelajaran matematika dengan suatu budaya tertentu yaitu rumah adat. Kurangnya pengetahuan mengenai konsep matematika terhadap suatu budaya dan kehidupan masyarakat membuat proses pembelajaran hanya terpaku sebatas teori di sekolah saja padahal banyak konsep matematika yang bisa kita temui. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melakukan sebuah kajian literatur mengenai etnomatematika pada rumah adat, dan metode penelitian yang digunakan ialah SLR (Systematic Literature Review). Pengumpulan data dilakukan dengan mendata artikel-artikel terkait etnomatematika pada rumah adat yang diterbitkan dalam rentang waktu 2015 sampai 2021. Artikel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 18 artikel nasional terakreditasi yang diperoleh dari Google Scholar dengan menggunakan aplikasi Publish or Peris. Berdasarkan penelitian yang dilakukan bahwa terbukti adanya aktivitas etnomatematika dalam setiap rumah adat yang mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam proses pembelajaran.
Unduhan
Referensi
Dewita, A., Mujib, A., & Siregar, H. (2019a). Studi Etnomatematika tentang Bagas Godang sebagai Unsur Budaya Mandailing di Sumatera Utara. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1). https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.202
Funan, F. X., Mamoh, O., Studi, P., Matematika, P., Timor, U., Barat, K. I., & Geometri, K. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Uem Le ’ U Insana Dalam. 1(1), 56–69.
Hafsi, A. R., & Hasanah, S. I. (2018). Kajian Etnomatematika Pada Rumat Adat Taneyan Lanjeng. Prosiding Silogisme Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas PGRI Madiun, (July 2018), 191–197. Retrieved from http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/PSNPM/article/viewFile/602/601
Hariastuti, R. (2018). Rumah Adat Using Banyuwangi: Kajian Budaya Dalam Media Pembelajaran Matematika. FKIP Universitas PGRI Banyuwangi Seminar Nasional : Pendidikan Budaya Dan Sejarah “Dibalik Revitalitas Budaya,” 56–64. https://doi.org/10.31227/osf.io/gd782
Herlina, R., & Hartono, Y. (2015). Etnomatematika dalam budaya rumah adat palembang. Prosiding Seminar Nasional Etnometnesia, 849–858.
Iraratu, M. K., Urath, S., Srue, O., Nifanngelyau, J., Sekolah, D., Keguruan, T., & Saumlaki, P. (2021). KAJIAN ETNOMATEMATIKA PADA RUMAH ADAT DESA LORULUN KECAMATAN WERTAMRIAN KABUPATEN KEPULAUAN TANIMBAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATEMATIKA. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi), 2(12), 2119–2133.
Jainuddin, & Silalong, E. S. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Pada Ukiran Toraja. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Maharani, A., & Maulidia, S. (2018). Etnomatematika Dalam Rumah Adat Panjalin. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(2), 224. https://doi.org/10.30738/wa.v2i2.3183
Rahmawati Z, Y. R., & Muchlian, M. (2019). Eksplorasi etnomatematika rumah gadang Minangkabau Sumatera Barat. Jurnal Analisa, 5(2), 123–136. https://doi.org/10.15575/ja.v5i2.5942
Salhuteru, M. (2015). Baileo Traditional House at Saparua District Central Maluku District. Kapata Arkeologi, 11(1), 11–20. Retrieved from kapata-arkeologi.kemdikbud.go.id › article › download
Sani, R., Faizah, N., Andreyanto, F., Romadhoni, V. D., Rouf, A., & Pamungkas, M. D. (2020). Ethnomatematics : Vredeburg Fort Analysis in Terms of Geometry Etnomatematika : Analisis Benteng Vredeburg Ditinjau dari Segi Geometri. 2(1), 64–70.
Sulistyani, A. P., Windasari, V., Rodiyah, I. W., & Muliawati, N. E. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Rumah Adat Joglo Tulungagung. Media Pendidikan Matematika, 7(1), 22. https://doi.org/10.33394/mpm.v7i1.1537
Trandililing, P. (2015). Etnomatematika Toraja (Eksplorasi Geometri Budaya Toraja). Jurnal Imiah Matematika Dan Pembelajarannya, 1(2), 47–57.
Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916
Turmudi. (2007). Kajian Etnomatematika: Belajar Matematika Dengan Melibatkan Unsur Budaya. Seminar Nasional Etnomatnesia, 38–53.
Wondo, T., Maria Fatima Mei, & Finsensius Y. Naja. (2020). Exploration of geometry Symbol in Traditional Houses of the Lio District of Ende for Geometry Learning. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 12(1), 32–44. https://doi.org/10.36928/jpkm.v12i1.71
Zulkifli, A., & Ika, R. (2020). Eksplorasi Rumah Adat Joglo Pada Materi Geometri di Sekolah Dasar. JPGSD, 08(3), 591–600.Penulisan.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.