Systematic Literatur Riview : Eksplorasi Etnomatematika pda Bangunan Candi
DOI:
https://doi.org/10.55719/jrpm.v4i1.367Kata Kunci:
Etnomatematika, Budaya, CandiAbstrak
Budaya merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk melakukan pembelajaran matematika. Bangunan candi merupakan salah satu peninggalan kebudayaan yang dapat dijadikan sebagai media pembelajarn matematika. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur terkait dengan konsep matematika yang terdapat di dalam bangunan candi. Metode penelitian ini adalah SLR (Systematic Literatur Review). Pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasi dan merevieu semua artikel terkait Eksplorasi Bangunan Candi yang diterbitkan dalam kurun waktu 2018-2020. Artikel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 10 artikel jurnal nasional terakreditasi yang diperoleh dari database Google Schoolar. Berdasarkan penelitian ini ditemukan berbagai konsep matematika dalam bangunan candi, terutama konsep geometri. Dengan adanya konsep matematika di Bangunan Candi, maka guru dapat menggunakan Candi sebagai media belajar matematika.
Kata Kunci : Budaya, Etnomatematika, Candi
Unduhan
Referensi
Arifin, F. (2015). Representasi Simbol Candi Hindu Dalam Kehidupan Manusia : Kajian Linguistik Antropologis. Jurnal Penelitian Humaniora, 16(2), 12–20.
Febriyanti, I., & Rahmawati, I. (2020). Eksplorasi Geometri Pada Candi Bajang Ratu Sebagai Implementasi Etnomatematika Di Sekolah Dasar. JPGSD, 8(2), 442–452.
Fitroh, W. (2020). Analisis Tradisi Melemang dalam Kajian Etnomatematika Dan Penerapannya dalam Pembelajaran Matematika. JIUBJ : Jurnal Ilmiah Universitas Batang Hari, 20(2), 596–605. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.993
Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika: Aplikasi Bangun Datar Segiempat Pada Candi Muaro Jambi. Aksioma, 8(2), 99–110.
Irsyad, M., Sujadi, A. A., & Setiana, S. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Candi Asu. UNION : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 11–19.
Jayanti, T. D., & Puspasari, R. (2020). Eksplorasi etnomatematika pada Candi Sanggrahan Tulungagung. JP2M : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 6(2), 53–66.
Marsigit, Condromukti, R., Setiana, D. S., & Hardiarti, S. (2016). Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika. Prosiding Seminar Nasional Etnomatematika, 20–38.
Nur, R., Utami, F., Muhtadi, D., & Ratnaningsih, N. (2020). Etnomatematika : Eksplorasi Candi Borobudur. JP3M : Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 6(1), 13–26.
Nursahadah. (2019). Ekspolarasi Etnomatematika Pada Bagunan Candi Portibi. Jurnal MathEducation Nusantara, 2(2), 120–126.
Pradana, P. H. (2016). Penerapan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Pendidikan, 1, 81–85.
Purba, I. P. M. H. (2021). Implementasi Undang-UndangNomor 6 Tahun 2018 Tentang Kekarantinaan Kesehatan di Jawa Timur Menghadapi Pandemi COVID-19. Journal of Chemical Information and Modeling, 4, 1–11.
Rani, V. (2018). Etnomatematika Pada Candi Ratu Boko Sebagai Pendukung Pembelajaran Matematika Realistik. Prosiding, April, 1–18.
Rusliah, N. (2016). Pendekatan Etnomatematika dalam Permainan Tradisional Anak di Wilayah Kerapatan Adat Koto Tengah Kota Sungai Penuh Propinsi Jambi. Proceeding of International Conference on University, 715–726.
Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916
Wahyuni, A., Aji, A., Tias, W., & Sani, B. (2013). P – 15 peran etnomatematika dalam membangun karakter bangsa. Prosiding, November, 978–979.
Wahyuni, S., & Koesdyantho, A. (2018). Pengaruh Pembelajaran Etnomatematika Pada Candi Cetho Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Sinektik, 1(69), 191–207.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.