PROFIL KESIAPAN GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA DI SMP NEGERI 1 PALANG
DOI:
https://doi.org/10.55719/jrpm.v4i2.527Kata Kunci:
kesiapan Guru, Implementasi, Kurikulum Merdeka.Abstrak
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI pada tahun 2019 menegaskan bahwa ada kebijakan baru dalam dunia pendidikan, salah satunya kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka bertujuan untuk memulihkan pembelajaran pada saat pandemi covid 19. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kesiapan guru dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di SMP Negeri 1 Palang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara. Wawancara dilakukan untuk memperoleh informasi mengenai kesiapan guru dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka. Hasil dari penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini diperoleh bahwa guru matematika kelas 7 & 9 sudah siap dLm mengimplementasikan kurikulum merdeka sedangkan guru matematika kelas 8 belum siap dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka. Karena kurikulum merdeka baru diterapkan di kelas 7, untuk kelas 8 & 9 belum menerapkan kurikulum merdeka.
Kata Kunci: kesiapan Guru, Implementasi, Kurikulum Merdeka.
Unduhan
Referensi
Aziz, Rosmiaty. (2018).Implementasi Pengembangan Kurikulum.Vol. VII No. 1 hal 44.
Gunanto. (2022).Kurikulum Merdeka Berbasis Akhlak Mulia
Jojor, A., & Sihotang, H. (2022).Analisis Kurikulum Merdeka dalam Mengatasi Learning Loss di Masa Pandemi Covid-19 (Analisis Studi Kasus Kebijakan Pendidikan).Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 4 No. 4 hal 5154.
KBBI. Diakses pada 9 Agustus 2022.Dari https://kbbi.web.id/kurikulum
Nisa’, Z. (2022).Implementasi Keterampilan Pembelajaran Abad 21 Berorientasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMP Al-Falah Deltasari Sidoarjo.Skripsi.Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.Universitas Islam Negeri Sunan Ampel. Surabaya.
Setyawan, D. B. (2014).Analisis Kesiapan Guru Mata Pelajaran Ekonomi Sekolah Menengah Atas Se-Kabupaten Banjarnegara dalam Mendukung Implementasi Kurikulum 2013.Skripsi.Fakultas Ekonomi.Universitas Negeri Yogyakarta.
Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansyah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022).Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar.Jurnal Basicedu Vol. 6 No. 5 hal 8249.
Wahyuni, Fitri. (2015).Kurikulum dari Masa ke Masa (Telaah Atas Pentahapan Kurikulum Pendidikan di Indonesia).Al-Adabiya, Vol. 10 No. 2 hal 232-233.
Yuliah, E. 2020.Implementasi Kebijakan Pendidikan.Jurnal at-Tadbir: Media Hukum dan Pendidikan Vol. 30 No. 2 hal 133-134.
Yuliana, R. (2017).Kesiapan Guru Kelas dalam Merencanakan dan Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif di SD Patra Mandiri 1 Plaju.Skripsi.Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Riset Pembelajaran Matematika
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.