PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI GEOMETRI DITINJAU DARI KECERDASAN VISUAL SPASIAL

Penulis

  • Fajar Gempur Anarky Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Sumartono Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Lusiana Prastiwi Universitas Dr Soetomo

DOI:

https://doi.org/10.55719/jrpm.v5i2.894

Kata Kunci:

Berpikir kreatif, geometri, kecerdasan visual spasial

Abstrak

ABSTRAK

Berpikir kreatif adalah proses memunculkan banyak ide untuk suatu masalah dan memberikan berbagai kemungkinan jawaban atau solusi atas suatu masalah berdasarkan informasi yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil kemampuan.berpikir kreatif siswa pada materi geometri ditinjau dari kecerdasan visual spasial siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di SMA Dr. Soetomo Surabaya tahun Ajaran 2022-2023, dengan subyek penelitian siwa kelas XII IPA 2.  Untuk dapat mengetahui deskripsi kemampuan berpikir kreatif siswa maka dilakukan dengan pemberian tes yang terdapat tiga indikator berpikir kreatif yaitu kelancaran pemikiran, kelenturan dan keaslian. Terdapat dua tahap dalam penelitian ini yaitu: memberikan soal tes kecerdasan visual spasial dan pemberian soal tes kemampuan berpikir kreatif. Dari hasil penelitian menggunakan triangulasi, yaitu dengan membandingkan hasil tes tulis dengan wawancara menunjukkan bahwa: siswa dengan kecerdasan visual spasial tinggi memenuhi semua indikator kemampuan berpikir kreatif, siswa dengan kecerdasan visual spasial tingkat sedang hanya memenuhi dua indikator kemampuan berpikir kreatif, dan siswa dengan kecerdasan visual spasial tingkat rendah memenuhi satu indikator kemampuan berpikir kreatif .

Kata Kunci: Berpikir Kreatif, Geometri, dan Kecerdasan Visual Spasial

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afida, W., Murtianto, Y. H., & Albab, I. U. (2021). Profil Berpikir Logis Matematis Siswa SMA dalam Penyelesaian Soal Cerita Berbasis Kearifan Lokal Ditinjau dari Kecerdasan Spasial. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(4), 344–352. https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i4.7705

Jafar, N., Sukayasa, & Lefrida, R. (2017). Profil Pemecahan Masalah oleh Siswa SMP Ditinjau Dari Kecerdasan Visual-Spasial. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Taduloko, 4 (4)(2013), 532–542.

Prasetiyo, A. D., & Mubarokah, L. (2014). Berpikir Kreatif Siswa Dalam Penerapan Model Pembelajaran Berdasar Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 2(1), 9–18. http://lppm.stkippgri-sidoarjo.ac.id/files/Berpikir-Kreatif-Siswa-Dalam-Penerapan-Model-Pembelajaran-Berdasar--Masalah-Matematika.pdf

Wijayanti, R. W., Sutopo, & Pamudi, D. (2016). Profil Kesulitan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Kecerdasan Visual-Spasial Siswa. Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya (KNPMP I), KNPMP I, 395–401.

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-31

Cara Mengutip

Gempur Anarky, F., Sumartono dan Prastiwi, L. (2023) “PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI GEOMETRI DITINJAU DARI KECERDASAN VISUAL SPASIAL”, Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 5(2), hlm. 99–110. doi: 10.55719/jrpm.v5i2.894.

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama