Analisis Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Produksi Nelayan di Desa Kradenan Kecamatan Palang Kabupaten Tuban

Analysis of Factors Affecting Fisherman Production in Kradenan Village, Palang District, Tuban Regency

Authors

  • Miftachul Munir Program Studi Ilmu Perikanan, Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas PGRI Ronggolawe

DOI:

https://doi.org/10.55719/j.miy.v2i1.410

Keywords:

Faktor Produksi, Nelayan, Deskriptif Kuantitatif, Tuban

Abstract

Penelitian ini adalah meneliti tentang adakah pengaruh secara bersama-sama: Modal, Keahlian, Lama Melaut dan Iklim terhadap produksi nelayan yang sekaligus sebagai rumusan maalah penelitian di Desa Bancar, Kecamatan Bancar Kabupaten Tuban Jawa Timur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara serentak atau bersama-sama: Modal, Keahlian, Lama Melaut dan Iklim terhadap produksi nelayan di Desa Bancar. Materi peneletian ini tentang faktor – faktor yang mempengaruhi produksi nelayan, yang  menganalisa faktor apa saja yang mempengaruhi produksi nelayan. Pengambilan data dilakukan dengan metode  random sampling  terhadap nelayan Desa Bancar sebagai populasi, Salah satu metode yang digunakan untuk menentukan jumlah sampel adalah menggunakan rumus Slovin. Teknik pengambilan datanya menggunakan random sampling. Metodologi yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif untuk mendapat gambaran faktual dan konkrit mengenai keadaan sosial ekonomi nelayan di Desa Bancar Kecamatan Bancar Kabupaten Tuban Jawa Timur. Metode analisis data yang adalah analisis regresi linier yang di transformasikan ke Logaritma Natural (Ln). Transformasi dalam penelitian ini digunakan untuk menyamakan dalam perhitungan regresi berganda. Adanya perbedaan dalam pemberian satuan yaitu untuk modal dengan mengunakan satuan rupiah, Keahlian dengan menggunakan satuan orang, lama melaut dengan menggunakan satuan jam dan  hasil produksi dengan menggunakan satuan kg, dengan demikian transformasi data ini di gunakan dalam menganalisis penelitian. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, dapat diambil kesimpulan bahwa hubungan modal, Keahlian, Lama Melaut, dan iklim terhadap hasil produksi dengan penjelasan R Hitung 0,908 > 0,825 R Tabel maka H0 dinyatakan DITOLAK. Kondisi analisis hitung Regresi Berganda yang menyatkanan bahwa R Hitung 0,908 > 0,825 R Tabel ini menyatakan bahwa H1 DITERIMA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Jakarta: PT Rineka Cipta.2016. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Astrid. 2005. Peran Wanita Dalam Peningkatan Pendapatan Keluarga NelayanDi Desa Tasik Agung Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang. Skripsi, Semarang: FE UNDIP

Fita Ikfa P. dan Waridin. 2016. Efisiensi Penggunaan Faktor Produksi Alat Tangkap Gillnet Berdasarkan Perbedaan Musim. Jurnal, Semarang: Ekonomi dan Manajemen.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hadi, Sutrisno, 2014. Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Offset.

Sugiyono. 2010. Metodologi penelitian kuntitatif, kualitatif, dan R7D Penerbit Alfabeta.

Http://ikbal-tugasmanajemenstrategik.blogspot.com/2010/04/grand-strategi-kelautanuntuk-menjaga.html.

Http://rizandamind.wordpress.com/2009/04/27/gambaran-umum-perikanan

Jumingan (2011:66) Pengantar Ekonomi Pertanian. Jakarta

Kusnadi,2003dalamEkaningdyah,2005(http://ikbaltugasmanajemenstrategik.blogspot.com/2010/04/grand-strategikelautan- untuk-menjaga.html).

Masyhuri. 2010. Usaha Penangkapan Ikan di Jawa dan Madura: Produktivitas danPendapatan Buruh Nelayan, Masyarakat Indonesia, XXIV, No. 1.

Mulyadi. 2015. Ekonomi Kelautan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada

Mulyadi, 2015 Manajemen Sumber Daya Manusia, Suatu Pendekatan Makro.Jakarta

Nugroho, Bhuono Agung. 2012. Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS. Yogyakarta: Andi Offset.

Rhofida, Dessy. 2010. Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Efisiensi TPI (Studi kasus di Kabupaten Cirebon). Skripsi, Semarang: FE UNDIP

Sulistyani Dyah, 2015 Jurnal, Semarang: Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro.

Sujarno, 2010. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Nelayan Di Kabupaten Langkat. Jurnal, Sumatera Utara: Universitas Sumut

Sulistyani Dyah P. 2015. Analisis Efisiensi TPI (Tempat Pelelangan Ikan) kelas 1,2,dan 3 di Jawa Tengah dan Pengembangannya Untuk PeningkatanKesejahteraan Nelayan. Skripsi, Semarang: FE, Universitas Diponegoro.

Supranto, J. 2014. Ekonometri. Jakarta: Ghalia Indonesia

Swasti Pudji Widjajanti dan Fasochah. 2004. Pengantar Ekonomi Mikro. Semarang:BP-P3IE STIE Dharmaputra.

Waridin. 2015. Analisis Efisiensi Alat Tangkap Cantrang di Kabupaten Pemalang,Jawa Tengah). Jurnal, Semarang: Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro.

Wikipedia. 2010. “Likert Scale.” Online, diunduh 31 Oktober 2010.

Zainal, Arifin. 2010. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Nelayan di Desa Demaan Kecamatan Jepara Kabupaten Jepara. Skripsi, Semarang: FE,UNNES.

Zainuddin dan Masyhuri. 2008. Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis danAplikatif. Bandung: PT. Refika Aditama.

Published

2022-05-30

How to Cite

Munir, M. (2022). Analisis Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Produksi Nelayan di Desa Kradenan Kecamatan Palang Kabupaten Tuban: Analysis of Factors Affecting Fisherman Production in Kradenan Village, Palang District, Tuban Regency. Jurnal Miyang : Ronggolawe Fisheries and Marine Science Journal, 2(1), 26–30. https://doi.org/10.55719/j.miy.v2i1.410