Persepsi Tingkat Kepuasan Nelayan Payang Terhadap Pemanfaatan Jasa Tambat Labuh di Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong - Lamongan

Regency Perceptions of Payang Fishermen's Satisfaction Level for Utilization of Mooring Services at the Archipelago Fishing Port of Brondong Lamongan

Authors

  • M Farid Musthofa Farid Mahasiswa Program Studi Ilmu Perikanan, Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas PGRI Ronggolawe Tuban, Indonesia
  • Miftachul Munir Program Studi Ilmu Perikanan, Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas PGRI Ronggolawe Tuban, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55719/jmiy.v3i1.602

Keywords:

Persepsi Kepuasan, Nelayan Payang, Tambat Labuh

Abstract

Pelabuhan perikanan nusantara brondong Lamongan Salah satu  jenis pelabuhan tersebut yang terletak di Jawa Timur yaitu Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) yang terletak di Brondong Lamongan merupakan salah satu pelabuhan perikanan besar yang ada di Indonesia. PPN Brondong ini termasuk jenis pelabuhan tingkat ll dari jenis pelabuhan perikanan yang ada. PPN Brondong ini juga merupakan pelabuhan perikanan yang terbesar di Jawa Timur.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kepuasan dalam pelayanan jasa tambat labuh kapal di Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong (PPN) Brondong. Untuk mengetahui atribut-atribut pelayanan yang perlu ditingkatkan pada pelayan jasa tambat labuh. Metode yang digunakan adalah deskriftif kualitatif yaitu penelitian yang menggambarkan, meringkaskan berbagai masalah, kemudian menarik kepermukaan sebagai suatu ciri atau gambaran tentang kondisi, situasi ataupun variabel tertentu. Teknik pengumpulan data meliputi Data Primer (Observasi, Wawancara, Dokumentasi) dan  Data Sekunder (Studiliteratur). Teknik Analisa data meliputi Data Reduction (Redaksi Data), Data Display (Penyajian Data), Conclusion Drawing  (Penarikan Kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan tanggapan Tingkat Kepuasan Nelayan Terhadap Pemanfaatan Jasa Tambat Labuh Di Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong. Dari kepuasan diperoleh pengakuan bahwa nelayan alat tangkap payang merasa puas ditunjukkan dengan prsentase jawaban SS sebanyak rata-rata 68% dan S sebanyak rata-rata 26,25%. Namun ada catatan dengan jawaban RR sejumlah 5% dengan alasan : Ketidak lengkapan dokumen kapal belum diperpanjang, sehingga mengakibatkan ragu-ragu dalam memberikan pengakuan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto,Suharsimi(2012) prosedur penelitian :suatu pendekatan praktik. Jakarta :rinekacipta.

Ayodhyoa. (1975), lokasi dan Fasilitas Pelabuhan Perikanan Bogor. IPB

Bagakali, Y., 2000. Pedoman Pengoperasian, Pengelolaan Dan Perawatan Pelabuhan Perikanan. Pelatihan Manjemen Pengelolaan Operasional Pelabuhan Perikanan/Pangkalan Pendaratan Ikan. Pusat Kajian Sumber daya Pesisir Dan Lautan, IPB Bogor. Hal.48.Soedjono

Bintang. 2015 Skripsi S1 Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan iImu Politik Universitas Maritim raja ali haj, tanjung pinang dahuri,R. 2004.Membangun Indonesia yang maju, makmur dan mandiri melalui pembangunan maritim .makalah disampaikan pada temu nasional visi dan misi Maritim Indonesia dari sudut pandang politik, Jakarta,18 februari 2004.

Ditjen, Perikanan, 1994. Perpustakaan Kementrian Perikanan dan Kelautan.

Ditjen Perikanan (1981), Analisis Aspek Osean ografi Kelayakan Pembangunan Pelabuhan Perikanan Pantai Di Muara Sungai Jenggalu Kota Bengkulu

Ditjen, P. (1981). Standar Rencana Induk dan Pokoko – Pokok Desain Pelabuhan Perikanan dan Pangkalan Pendaratan Ikan. Jakarta: PT. Inconeb.

Elfandi. (1994). Adminitrasi Pelabuhan Perikanan. Jakarta: Direktorat Jendral Perikanan.

Falkanger. (1981). Sea Transport Cost. Jakarta: Jakarta.

Kramadibrata, S. (1985). Perencanan Pelabuhan. Bandung: ITB 2002.

Lubis, & Ernani. (2000). Pengantar Pelabuhan Perikanan. Bogor: IPB.

Murdiyanto. (2003). Pelabuhan Perikanan, Fungsi, Fasilitas, Panduan Operasinal, Antrian kapal, Bogor, Jurusan Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan –FPIK-IPB.

Shafnidawaty. November 2020. https://raharja. ac.id/2020/11/08/data-primer/ Pengertian Data primer. Cara memperoleh data primer

Suharsimi Arikunto, 2012. Pengertian Evaluasi Menurut Suharsimi

Arikunto (2012)https://rezanopriallubis2018.wordpress.com/2018/11/30/pengertian-evaluasi-menurut-suharsimi-arikunto-2012/

Suherman, A., & Dault, A. (2009). Dampak social ekonomi pembangunan dan pengembangan pelabuhan perikanan nusantara (PPN) pengambengan jembrana Bali. Jurnal Saintek Perikanan, 4(2), 24-32.

Susilowati, 2003. Petunjuk Pengukuran Efesiensi Melalui Data Envelopment Analysis.Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro. Semarang

Sugiyono (2015) Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D). Bandung :Alfabeta Siswadi & Imam Mujiarto. 2013. Optimasi Sistem Pelayanan Bongkar Muat Peti Kemas Di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Dengan Model Simulasi Antrian, Program Studi Teknika, Sekolah Tinggi Maritim dan Transpor “AMNI”

R. Alfiana, D. Wijayanto, and B. B. Jayanto, "Analisis Tingkat Kepuasan Nelayan Terhadap Fasilitas Pelabuhan Perikanan Nusantara (Ppn) Brondong, Lamongan," Journal of Fisheries Resources Utilization Management and Technology, vol. 7, no. 1, pp. 37-47, Dec. 2017

Richmalia A . Dian W. & Bogi Budi J.(2017). Analisis Tingkat Kepuasan Nelayan Terhadap Fasilitas Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Brondong lamongan. Semarang, 2017.

Rokhmah, S. A., Suprapti, Y. & Miftachul, M., 2019. Karakteristik Istri Nelayan Dalam Upaya meningkatkan Pendapatan Keluarga Pesisir Pantura Di Desa King-King Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban. Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan, Volume 11, pp. 70-76.

Tambunan. (1994, Juli 26). Petunjuk Teknis Pengelolaan Pelabuhan Perikanan. Jakrta: Direktorat Bina Prasarana. From Rahayu Septia Bogspot.com: https://rahayuseptia.blogspot.com/2011/07/laporan-pelabuhan-perikanan.html

Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2004 tentang Perikanan

[PPN Brondong] Pelabuhan Perikanann Nusantara Brondong. 2014. Laporan Tahunan PPN Brondong 2013. Lamongan

Published

2023-04-17

How to Cite

Farid, M. F. M., & Munir, M. (2023). Persepsi Tingkat Kepuasan Nelayan Payang Terhadap Pemanfaatan Jasa Tambat Labuh di Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong - Lamongan: Regency Perceptions of Payang Fishermen’s Satisfaction Level for Utilization of Mooring Services at the Archipelago Fishing Port of Brondong Lamongan. Jurnal Miyang : Ronggolawe Fisheries and Marine Science Journal, 3(1), 7–19. https://doi.org/10.55719/jmiy.v3i1.602