PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH KSU BIS BANCAR (Studi kasus Koperasi Serba Usaha Bina Insan Sejahtera)
Keywords:
Pelayanan, Kepuasan NasabahAbstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui tingkat kualitas pelayanan KSU BIS Bancar (2) Mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kualitas pelayanan jasa KSU BIS Bancar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini berlokasi di KSU BIS Bancar yang berlokasi di Pasar Layur Bulu Jowo, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban, Jawa Timur 62354. Populasi dalam penelitian ini adalah nasbah KSU BIS Bancar sebanyak 650 nasabah. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 65. Teknik pengambilan sampel dengan sampling insidental. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket (kuesioner), wawancara, dan dokumentasi. Dimensi kualitas pelayanan berdasarkan bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, karena Nilai R Square (R²) atau kuadrat R nilainya sebesar 0,910 ini membuktikan bahwa pengaruh variabel X1 (Bukti Fisik), X2 (Keandalan), X3 (Daya Tanggap), X4 (Jaminan), dan X5 (Empati) terhadap variabel Kepuasan Konsumen (Y) sebesar 91,0% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel yang lain.
Downloads
References
[2] DRS. M. Mursid. @2003. Managemen Pemasaran. Edisi Satu jilid 3. Jakarta: Bumi Aksara.
[3] Htpp://ciputrauceo.net/blog/2016/2/18/kualitas- pelayanan-dimensi-dan-cara-mengukurnya pada tanggal 21 Februari 2018 pada jam
12.12 WIB .
[4] Jumal administrasi Bisnis (2015), Vol.11, No.1: hal. 61-83, (ISSN: 02164249) @2015 Center for Business Studies. F ISIP-Unpar.
[5] Koestanto, Yunit. 2014. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada bank jatim cabang klampis Surabaya. Jurnal Hmu & Riset Managemen. Surabaya: STIESIA.
[6] Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. Jakarta: STMG Desa Putra. Yogyakarta: Unit Penerbitan dan Percetakan.
[7] Mardalis. 1995. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.
[8] Munhurrun,et,al, (2010). Service Quality In The Public Service. International Journal Of Management and Marketing Research Vol.3 No. 1