PENGEMBANGAN KOMIK MATEMATIKA BTVH UNTUK SISWA KELAS VIII SMP

Penulis

  • Mualifatul Munawaroh FKIP Unirow
  • Heny Sulistyaningrum

Kata Kunci:

Komik Matematika, Teori Van Hiele

Abstrak

Matematika merupakan suatu mata pelajaran yang tergolong sulit karena berisi perhitungan-perhitungan, simbol-simbol, dan konsep-konsep abstrak. Pembelajaran matematika di SMP Negeri 1 Jenu belum pernah menggunakan komik matematika. Penelitian ini untuk menghasilkan produk berupa komik matematika BTVH (berbasis teori Van Hiele). Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendiskripsikan pengembangan komik matematika BTVH untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jenu, 2) mendeskripsikan kualitas pengembangan komik matematika BTVH untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jenu. Penelitian pengembangan dengan model ADDIE ini terdiri atas lima tahapan, yaitu tahap analisis (Analysis), tahap desain produk (Design), tahap pengembangan produk (Development), tahap implementasi (Implementation), tahap evaluasi (Evaluation). Komik matematika BTVH memuat 5 tahap cerita, yaitu tahap 1 (pengenalan), tahap 2 (analisis), tahap 3 (pengurutan), tahap 4 (deduksi), dan tahap 5 (akurasi). Instrumen pengumpulan data dibagi menjadi tiga, yaitu kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data statistik deskriftif. Hasil dari penelitian ini adalah komik matematika BTVH untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Setelah melalui tahapan validasi dan uji coba komik matematika dinyatakan sangat baik. Persentase data kevalidan 96%, persentase data kepraktisan 90%, dan persentase data keefekteifan 93%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Fikriyaturrohmah & Nurhakiki, R. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Hands-On Equations Berbantu Komputer pada Materi Persamaan Linier Satu Variabel untuk Siswa Kelas VII, (Online), http://jurnal-online.um.ac.id, diakses 15 Juni 2018).

Akmalia, I.W. 2018. VAN HIELE LEARNING WITH ORIGAMI PAPER MEDIA IN INCREASING MATHEMATICAL LEARNING. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 121-132.

Putri, D.Y.K. & Ariyanti, G. 2015. Pengembangan Komik Matematika Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter Pada Materi Perkalian Bilangan Bulat Sekolah Dasar, (Online), Vol.1 No.1 (http://download.portalgaruda.org, diakses 3 Maret 2018).

Syafa’ah, Alfiyatus. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Cerita Bergambar Materi Pokok Konsep Pembagian dengan Pendekatan Inquiry Siswa Kelas III SDN Jatimulyo II Malang. Skripsi Tidak Diterbitkan. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tinarti, Exsi. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Karakter Religi pada Materi Aritmatika Sosial Untuk Siswa Kelas VII SMP. Skripsi Tidak Diterbitkan. Tuban: Universitas PGRI Ronggolawe.

Unduhan

Diterbitkan

2019-11-30

Cara Mengutip

Munawaroh, M., & Sulistyaningrum, H. (2019). PENGEMBANGAN KOMIK MATEMATIKA BTVH UNTUK SISWA KELAS VIII SMP. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 127–134. Diambil dari http://journal.unirow.ac.id/index.php/teladan/article/view/109

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama