PENGEMBANGAN KOMIK MATEMATIKA BTVH UNTUK SISWA KELAS VIII SMP
Kata Kunci:
Komik Matematika, Teori Van HieleAbstrak
Matematika merupakan suatu mata pelajaran yang tergolong sulit karena berisi perhitungan-perhitungan, simbol-simbol, dan konsep-konsep abstrak. Pembelajaran matematika di SMP Negeri 1 Jenu belum pernah menggunakan komik matematika. Penelitian ini untuk menghasilkan produk berupa komik matematika BTVH (berbasis teori Van Hiele). Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendiskripsikan pengembangan komik matematika BTVH untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jenu, 2) mendeskripsikan kualitas pengembangan komik matematika BTVH untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jenu. Penelitian pengembangan dengan model ADDIE ini terdiri atas lima tahapan, yaitu tahap analisis (Analysis), tahap desain produk (Design), tahap pengembangan produk (Development), tahap implementasi (Implementation), tahap evaluasi (Evaluation). Komik matematika BTVH memuat 5 tahap cerita, yaitu tahap 1 (pengenalan), tahap 2 (analisis), tahap 3 (pengurutan), tahap 4 (deduksi), dan tahap 5 (akurasi). Instrumen pengumpulan data dibagi menjadi tiga, yaitu kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data statistik deskriftif. Hasil dari penelitian ini adalah komik matematika BTVH untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Setelah melalui tahapan validasi dan uji coba komik matematika dinyatakan sangat baik. Persentase data kevalidan 96%, persentase data kepraktisan 90%, dan persentase data keefekteifan 93%.
Unduhan
Referensi
Akmalia, I.W. 2018. VAN HIELE LEARNING WITH ORIGAMI PAPER MEDIA IN INCREASING MATHEMATICAL LEARNING. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 121-132.
Putri, D.Y.K. & Ariyanti, G. 2015. Pengembangan Komik Matematika Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter Pada Materi Perkalian Bilangan Bulat Sekolah Dasar, (Online), Vol.1 No.1 (http://download.portalgaruda.org, diakses 3 Maret 2018).
Syafa’ah, Alfiyatus. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Cerita Bergambar Materi Pokok Konsep Pembagian dengan Pendekatan Inquiry Siswa Kelas III SDN Jatimulyo II Malang. Skripsi Tidak Diterbitkan. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tinarti, Exsi. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Karakter Religi pada Materi Aritmatika Sosial Untuk Siswa Kelas VII SMP. Skripsi Tidak Diterbitkan. Tuban: Universitas PGRI Ronggolawe.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan naskahnya di Jurnal Teladan setuju dengan ketentuan berikut:
• Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak kepada pengelola jurnal untuk publikasi pertama dari karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini.
• Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
• Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karyanya secara online (misalnya, di repositori kelembagaan atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari yang diterbitkan bekerja (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
Baca selengkapnya tentang Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 di sini: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.