MENYELESAIKAN SOAL CERITA BANGUN RUANG SISI DATAR SISWA MTs BERDASARKAN TAHAPAN NEWMAN
Kata Kunci:
Tahapan Newman, Soal CeritaAbstrak
Untuk mendeskripsikan kemampuan menyelesaikan soal cerita bangun ruang sisi datar menggunakan tahapan Newman peneliti melakukan penelitian deskriptif dengan menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini yaitu semua siswa kelas VIII A MTs Musthofawiyah Nguruan tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 17 siswa. Pengambilan data dilakukan melalui tes soal uraian dan wawancara dengan teknik analisis data deskriptif yang dikembangkan berdasarkan indikator kemampuan pemecahan masalah berdasarkan tahapan Newman. Data penelitian menunjukkan kemampuan menyelesaikan soal cerita bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII A MTs Musthofawiyah Nguruan tahun ajaran 2017/2018 berdasarkan tahapan Newman ada pada kualifikasi kurang, dengan riancian sebagai berikut: kemampuan siswa tahap memahami masalah pada kualifikasi cukup, kemampuan siswa tahap transformasi masalah pada kualifikasi cukup, kemampuan siswa tahap keterampilan memproses pada kualifikasi kurang.
Unduhan
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Karnasih, Ida. 2015 Analisis Kesalahan Newman pada Soal Cerita Matematis http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=413043. (Online). Diakses Pada tanggal 01 April 2018
Karnia D, Sri Wahyuni. 2014. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Pembelajaran Matematika. http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=287799. (Online). Diakses pada tanggal 20 April 2018.
Luthfiyah, Inayatul. 2015. Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Aljabar Menggunakan Tahapan Analisis Newman. Skripsi Tidak Dipubikasikan. Tuban : FKIP Pendidikan Matematika UNIROW Tuban.
Mulyadi, 2015. Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Luas Permukaan Bangun Ruang Berdasarkan NewmanâS Error Analysis (Nea) Ditinjau Dari Kemampuan Spasial http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=333168. (Online) Diakses pada tanggal 27 maret 2018
Rahayuningsih, Pustpita. 2014. Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) dan Scaffolding-Nya Berdasarkan Analisis Kesalahan Newman Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Malang. http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=390031. (Online). Diakses pada tanggal 06 Mei 2018
Sudiono, Ari. 2017 Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Persamaan Garis Lurus Berasarkan Analisis Newman. http://download.portalgaruda.org/article.php. (Onloine). Diakses 05 maret 2018
Sugiono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & G. Bandung : Alfabeta.
Suudi. 2016. Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Datar Menggunakan Tahapan Analisis Newman. Skripsi Tidak Dipubikasikan. Tuban : FKIP Pendidikan Matematika UNIROW Tuban.
Turmudi. 2008. Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika (Berparadigma Eksploratif dan Investigatif). Jakarta : Leuser Pustaka.
Utami, Ening D. 2013. Upaya Peningkatan Motivasi dan Keterampilan Proses Belajar Melalui Metode Pembelajaran Talking Stick Pada Sub Pokok Bahasan Sifat-Sifat Bangun Datar Bagi Siswa Kelas V Sd Negeri Lugurejo http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=9330. (Online). Diakses pada tanggal 05 April 2018
Visitasari, Riska. 2013. Kemampuan Siswa Memecahkan Masalah Berbentuk Soal Cerita Aljabar Menggunakan Tahapan Analisis Newman. (Online), http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=103439. Diakses pada tanggal 20 maret 2018
Viscarena Avine, Neza. 2013. Analisis Perilaku Pemecahan Masalah Pada Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Segiempat Kelas VII SMPN 7 Surabaya http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=103459. (Online). Diakses pada tanggal 09 April 2018.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan naskahnya di Jurnal Teladan setuju dengan ketentuan berikut:
• Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak kepada pengelola jurnal untuk publikasi pertama dari karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini.
• Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
• Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karyanya secara online (misalnya, di repositori kelembagaan atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari yang diterbitkan bekerja (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
Baca selengkapnya tentang Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 di sini: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.