ANALYSIS OF THE DIFFICULTY OF STUDENTS IN THE POINTS OF SEQUENCES AND SERIES OF CLASS X IPS SMA 1 BLORA
Kata Kunci:
langkah Polya, menyelesaikan soal matematika, kesulitan siswaAbstrak
This study aims to determine the difficulties of students in terms of errors in working on the problem according to Bronwen Moore on the subject of sequences and series in Blora 1 High School. The research approach used is descriptive qualitative. The research subject used was class X IPS. Data in the form of test documents on the results of student work. Data collection was conducted by interviews and documentation. The results showed that students had difficulty working because: a) students did not understand so they did not memorize the formula properly and correctly; b) students cannot distinguish arithmetic sequence / series formulas with sequence / series geometry; c) students are not careful in understanding the questions asked. The solution offered by researchers is to use Polya's steps.
Unduhan
Referensi
Arikunto Suharsini. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto Suharsini. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Asdar. (1997). Membangun Pengertian Konsep Pengukuran Panjang Bagi Siswa Kelas III SD Negeri Pisang Candi 1. Tesis : PPS IKIP Malang.
BNSP. (2006). Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : BNSP.
Browne, M, Neil dan Keeley, Stuart M. (2012). Pemikiran Kritis. Jakarta : PT. Indeks.
Hiebert, J & Carpenter, P. (1992). Learning and Teaching with Understanding. Dalam Grows, Douglas A. (Ed). Handbook of Research on Mathematics Teaching and Learning. New York : Macmilan Publishing Company.
Hudojo, H. (1988). Mengajar Matematika. Jakarta : Depdikbud Dikti PPLPPTK.
Hudoyo, Herman. (1979). Pengembangan Kurikulum Matematika dan Pelaksanaannya di Depan Kelas. Surabaya : Usaha Nasional.
Krulik, S & Rudnick, J. A. (1995). The New Source Book for Teaching Secondary School Mathematics. London : Allyn & Bacon.
Kusumah, Y. S. (2004). Model-model Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Afektif Siswa Sekolah Menengah. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika di UNY tanggal 12 Oktober 2004.
Marpaung. (1986). Sumbangan Pikiran Terhadap Pendidikan Matematika dan Fisika. Yogyakarta : Pusat Penelitian Pendidikan Matematika/ Informatika FPMIPA, IKIP Sanata Darma Yogyakarta.
Nasution. (1980). Didaktik Azas Mengajar. Bandung : Tarsito. NCTM. (2000). Principles and Standards for School Matheamatics. USA : The National Council of Teacher Mathematics inc.
Ningrum, Lilis Setya. (2013). Analisis Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soalmatematika Dalam Bentuk Cerita Pokok Bahasan Barisan Dan Deret Pada Siswa Kelas XII Sma Al- Islam 3 Surakarta. Publikasi Ilmiah : UMS.
Nurfalah, E. (2016). Tingkat Penguasaan Mahasiswa Terhadap Materi Integral Berdasarkan Asal Sekolah. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), 439–447. Retrieved from http://journal.unirow.ac.id/index.php/teladan/article/view/5/4.
Orton, A. (1992). Learning Mathematics (Issues, Theory, and Classroom Practice). London :Fakenham Photosetting, Ltd.
Padmo, D. (2004). Teknologi Pembelajaran : Peningkatan Kualitas Belajar melalui Teknologi Pembelajaran. Jakarta : Pusat Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan.
Poerwodarminta. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta : Balai Pustaka.
Polya. (1973). How to Solve it. NewJersey : Princeton Univercity Press.
Reys, R. E, et al. (1998). Helping Children Learn Mathematics. Boston : Allyn & Bacon.
Rizzal, M. (2011). Proses Berpikir Siswa SD Berkemampuan Matematika Tinggi dalam Melakukan Estimasi Masalah Berhitung. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA tanggal 14 Mei 2011 UNY.
Slameto. (1988). Belajar dan Faktor- faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Bina Aksara.
Sugiyono. (2010). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung. Alfabeta. Tilaar,
H. A. R. (1997). Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Era Globalisasi : Visi, Misi dan Program Aksi Pendidikan dan Pelatihan Menuju 2020. Jakarta : Grafindo Persada.
Widodo, S. A. (2013). Analisa Kesalahan dalam Pemecahan Masalah Divergensi Tipe Membuktikan pada Mahasiswa Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Jilid 46 (2). 106 – 113.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan naskahnya di Jurnal Teladan setuju dengan ketentuan berikut:
• Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak kepada pengelola jurnal untuk publikasi pertama dari karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini.
• Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
• Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karyanya secara online (misalnya, di repositori kelembagaan atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari yang diterbitkan bekerja (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
Baca selengkapnya tentang Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 di sini: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.