Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Pada Pendekatan Matematika Realistik Pokok Bahasan Pola Bilangan
DOI:
https://doi.org/10.55719/jt.v8i1.680Kata Kunci:
media pembelajara, pendekatan matematika realistik, aplikasi android.Abstrak
Penelitian ini dilator belakangi dari hasil observasi peneliti diMTs Hidayatul Mubtadiin Sarang kelas VIII-B pada hari senin tanggal 07 juni 2021, dan dimana diperoleh informasi bahwa pada saat pandemi covid19 ini siswa belajar secara daring yang membuat siswa bosan dan tidak memahami materi pembelajaran khususnya matematika. Maka dari itu pembuatan media ini sangat cocok digunakan untuk pembelajaran pada saat pandemi seperti ini. Dengan media yang menggunakan aplikasi dalam semartphon, diharapkan siswa dapat tertarik untuk memahami konsep pembelajaran matematika khususnya pada materi pola bilangan ini dengan lebih baik lagi. Priduk ynag dihasilkand alam penelitiaan ini adalah media berbasis android pada pembelajaran matematika realistic yaitu software (perangkatlunak) berekstensi *apj ynag hanya dapat dijalnakan di system operasi android peneliian ini menggunakan model Semmel dan Semmel (Rohmat, 2012) yang memiliki tahapa 4 yakni tahap define (pendefiniisan), tahap design (perancangan), tahap develop (pengembangan) dn tahap disseminate (penye barluasan). Penelitian da pengembangan dipahami sebagai aktivitas penelitian yang diawali dengan penelitian (research) kemudian dilanjutan dengan pengembangan (development). Media yang dikembangkan menggunakan aplikasi contruck 2 . media yang dikembangkan kemuidan diuji validitas hingga dinyatakanvalid kemudian diimplementasikan untuk mengetahui kepraktisan serta keefektifan produkknya.
Unduhan
Referensi
Dwiranata. 2019. Pengembangan media pembalajaran matematika interaktif berbasis android pada materi dimensi tiga kelas X SMA
D Wahyu. 2019. Pengembangan multimedia pembelajaran matematika dengan pendekatan matematika realistik
Untung Ali Miftahuddin, Hobri, Randi Pratama Murtikusuma.2019. Pengembangan game android berbantuan software construct 2 pada materi pola bilangan
Deary Putriani, Nur Hadi Waryanto, Kuswari Hernawati. 2016. Pengembangan media pembelajaran berbasis android dengan program construct 2 pada materi bangun ruang sisi datar untuk siswa smp kelas 8.
Sita Husnul Khotimah , Muhammad As’ad. 2020. Pendekatan pendidikan matematika realistik terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar.
Usman Ependi dan Nyimas Sopiah.2015. Pemanfaatan teknologi berbasis android sebagai media belajar matematika anak sekolah dasar.
Deary Putriani, Nur Hadi Waryanto, Kuswari Hernawati.2017. Pengembangan media pembelajaran berbasis android dengan program construct 2 pada materi bangun ruang sisi datar untuk siswa smp kelas 8.
Rochmad.2012. Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan problem-based learning untuk meningkatkan keterampilan higher-order thinking. Unnes Journal of Mathematics Education Research.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan naskahnya di Jurnal Teladan setuju dengan ketentuan berikut:
• Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak kepada pengelola jurnal untuk publikasi pertama dari karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini.
• Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
• Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karyanya secara online (misalnya, di repositori kelembagaan atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari yang diterbitkan bekerja (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
Baca selengkapnya tentang Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 di sini: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.