Perancangan Ui/Ux Penjualan Tiket Bioskop Online Menggunakan Metode Desain Sprint
Keywords:
Design Sprint, UI/UX, System Usability Scale, ResponsifAbstract
Penelitian ini mengeksplorasi penerapan metode Design Sprint dalam merancang antarmuka pengguna (UI/UX) untuk penjualan tiket bioskop secara online. Melalui tahapan Understand, Diverge, Decide, Prototype, dan Validate, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan kepuasan pengguna dalam proses pembelian tiket bioskop. Tahap Validate dilakukan melalui pengujian prototipe menggunakan System Usability Scale (SUS) dengan 10 responden, yang menunjukkan bahwa desain prototype mendapatkan nilai 85 (Grade B), menandakan penerimaan yang baik dari pengguna. Hasil implementasi juga menghasilkan dua tampilan antarmuka: untuk pengguna dan admin.
Downloads
References
Ashshiddiqy, N. R., Astawa, N. L. P. N. S. P., Nirmala, B. P. W., & Paramitha, A. . I. I. (2021). Perancangan Mobile Application untuk Startup Montirkeliling.com dengan Metode Design Sprint. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 10(3), 238. https://doi.org/10.23887/karmapati.v10i3.38999
Elmuna, E. A. F. (2021). Pemodelan ui/ux aplikasi belajar. 106.
Khoirunisa, N. I., & Ramadhani, E. (2022). Implementasi Metode Design Sprint dalam Perancangan UI/UX Aplikasi Golek Kost Berbasis Mobile. Jurnal Sistem Komputer Dan Informatika (JSON), 3(4), 464. https://doi.org/10.30865/json.v3i4.4262
Kurniawan, B., & Romzi, M. (2022). Perancangan Uiux Aplikasi Manajemen Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Menggunakan Aplikasi Figma. Jurnal Sistem Informasi Mahakarya, 05(1), 1–7.
MASTUR, F. (2018). Perancangan Mobile User Experience Aplikasi Explore Kampus Ipb Dramaga Menggunakan Metode Design Sprint. http://repository.unugha.ac.id/704/
Muhyidin, M. A., Sulhan, M. A., & Sevtiana, A. (2020). Perancangan Ui/Ux Aplikasi My Cic Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma. Jurnal Digit, 10(2), 208. https://doi.org/10.51920/jd.v10i2.171
Nursyifa, Mayasari, R., & Irawan, A. S. yuda. (2021). Penerapan Metode Lean UX Pada Perancangan UI/UX Aplikasi Digilib Unsika Versi Windows. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 4, 2013–2015.
Ramadan, R., & Az-zahra, H. M. (2019). Perancangan User Interface Aplikasi EzyPay menggunakan Metode Design Sprint. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(8), 8831–8840.
Wendri, H., Dedy Irawan, J., & Faisol, A. (2020). Penerapan Location Based Service Untuk Pencarian Lokasi Rapat Menggunakan Metode Design Sprint. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 4(2), 144–149. https://doi.org/10.36040/jati.v4i2.2694