Perancangan Sistem Informasi Penjualan Menggunakan Metode Fast
DOI:
https://doi.org/10.55719/curtina.v4i2.1082Keywords:
Sistem Informasi, E-Commerce, FastAbstract
E-commerce (perdagangan elektronik) telah menjadi elemen integral dalam dunia bisnis modern, termasuk bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Makalah ini membahas tentang dampak dan peran e-commerce dalam meningkatkan kinerja UMKM. E-commerce memberikan peluang baru bagi UMKM untuk mengakses pasar yang lebih luas secara online, mengurangi ketergantungan pada lokasi fisik, dan meningkatkan efisiensi operasional. Dalam konteks UMKM, e-commerce memungkinkan pemilik bisnis untuk mendirikan toko online, mempromosikan produk atau jasa mereka, dan menjalankan transaksi melalui platform digital. Hal ini membantu UMKM untuk mengatasi keterbatasan modal dan infrastruktur yang sering dihadapi oleh bisnis berskala kecil. Penelitian menunjukkan bahwa UMKM yang memanfaatkan e-commerce cenderung mengalami peningkatan penjualan dan pertumbuhan bisnis yang lebih cepat.
Downloads
References
Sholihul Ibad, S. I. (2023). SISTEM PENJUALAN DAN LAYANAN JASA SERVIS KOMPUTER BERBASIS WEB PADA TOKO CAKRA LAPTOP LASEM KABUPATEN REMBANG. Curtina , 4(1), 1–11.
Mafahir, M. A., Putra, A. K., & Surya, M. R. (2020). RANCANG BANGUN APLIKASI MARKETPLACE PORTAL DIGITAL LAMONGAN BERBASIS WEB (MEGILAN MARKET). Curtina , 1(1), 78–87.
Pratama, D. L., Amaluddin, F., Suprapto, Muqtadir, A., & Hidayah, N. (2022). SISTEM INFORMASI PENJUALAN DAN PEMESANAN PRODUK PADA IK BATIK TULIS GEDOG BERBASIS WEB. Curtina , 3(2), 18–25.
Suyanto, M. (2003). Strategi periklanan pada e-commerce perusahaan top dunia.
Penerbit Andi.
Mumtahana, H. A., Nita, S., & Tito, A. W. (2017). Pemanfaatan Web E-Commerce untuk meningkatkan strategi pemasaran. Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, 3(1), 6-15.
Azizah, N., Mahendra, D., & Lofian, B. (2019). Pemanfaatan E-Commerce untuk Peningkatan Strategi Promosi dan Penjualan UMKM Tas di Kabupaten Kudus. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 10(1), 96-99.
Hanum, A. N., & Sinarasri, A. (2018). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi e commerce dan pengaruhnya terhadap kinerja umkm (studi kasus umkm di wilayah kota semarang). MAKSIMUM: Media Akuntansi Universitas Muhammadiyah Semarang, 8(1), 1-15.
SYARIF ABDULLAH, A. C. H. M. A. D. (2013). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI BERBASIS WEBSITE DENGAN MENERAPKAN METODE FAST (FRAMEWORK FOR THE APPLICATIONS OF SYSTEM THINKING)(Studi kasus: Golf Course PT. KIEC) (Doctoral dissertation, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa).
Hidayat, R. (2010). Cara praktis membangun website gratis. Elex Media Komputindo.
Munawar, K. (2009). E-commerce.
Karmawan, I. G. M., Udoyono, T., & Kaban, I. E. ANALISIS DAN PERANCANGAN BASIS DATA PEMBELIAN, PENJUALAN DAN PERSEDIAAN PADA PT. SWARI ANDINI.
Hariadi, F. (2012). Pembuatan sistem informasi perpustakaan pada SDN Sukoharjo pacitan berbasis web. Indonesian Journal of Networking and Security (IJNS), 2(4).
Binarso, Y. A., Sarwoko, E. A., & Bahtiar, N. (2012). Pembangunan sistem informasi alumni berbasis web pada program studi teknik informatika universitas diponegoro. Journal of Informatics and Technology, 1(1), 72-84.
Handoko, J. S. (2015). LKP: Aplikasi Pencatatan Keluar Masuk Bahan Baku dan Produk Pada CV. Gemilang Indonesia (Doctoral dissertation, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya).
Masitoh, D. (2016). Analisis postur tubuh dengan metode rula pada pekerja welding di area sub assy pt. fuji technica Indonesia Karawang.
Merfazi, M., Sugiarto, S., & Anggraini, R. (2019). Persepsi masyarakat terhadap kebijakan Trans Koetaradja pada koridor pusat Kota–Mata Ie dan pusat Kota–Ajun–Lhoknga menggunakan indikator variabel laten. Jurnal Arsip Rekayasa Sipil dan Perencanaan, 2(1), 58-67.
Ladjamudin, B. (2005). Al-bahra, 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi.
Meriyanti, U., Safriadi, N., & Tursina, T. (2016). Rancang Bangun E-Commerce Tenun Songket Sambas Sahidah. JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi), 4(2), 312-315.