ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DIMENSI TIGA PADA SISWA SMA

Authors

  • Muhammad Mukhlasin MA Ma’arif 4 Dadapan
  • Mu’jizatin Fadiana
  • Puji Rahayu

DOI:

https://doi.org/10.55719/jrpm.v2i1.141

Keywords:

analysis, dimension three, problem solving polya

Abstract

This study aims to describe the problem solving skills of class X MA Ma'arif 4 Dadapan in solving three dimensional problems. This type of research is quantitative descriptive. Data was collected through tests and interviews with descriptive statistical data analysis techniques that were developed based on indicators of Polya's problem solving abilities. The results showed that students with high ability and were able to use Polya's problem solving steps well, but students with low ability were less able to use it.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfeld, Peter. 2011. G. Polya, How to Solve It, (Online), (http://www.math.utah.edu/~pa/math/polya.html, diakses 07 April 2016)

Eganinta, Devy. 2012. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-Langkah Polya pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Surakarta Ditinjau dari Kemampuan Penalaran Siswa. Tesis Tidak Diterbitkan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret

Nirmalitasari, Octa S. 2011. Profil Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berbentuk Open-Start pada Materi Bangun Datar. Tesis Tidak Diterbitkan. Surabaya: Program Pasca Sarjana UNESA.

Rohimah, I.N. and Yuliastuti, R., 2019. PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 1(2), pp.1-8.

Shadiq, Fadjar. 2014. Strategi Pemodelan pada Pemecahan Masalah Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sulistyaningrum, H. and Ummatin, H.K.K., 2018. EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH SOLSO DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), pp.133-141.

Supardi, Dadang. 2013. Analisis Kesulitan Praktik pada Standar Kompetensi Pembiakan Tanaman Secara Vegetatif (Studi Kasus pada Praktikum Okulasi di Kelas X ATPH SMKN I Cikalongkulon (Online), (http://repository.upi.edu/2460/6/S_PTA_0811745_Chapter3.pdf, diakses 26 April 2016).

Turmudi. 2008. Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika (Berparadigma Eksploratif dan Investigatif). Jakarta : Leuser Pustaka.

Published

16-04-2020

How to Cite

Mukhlasin, M., Fadiana, M. and Rahayu, P. (2020) “ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DIMENSI TIGA PADA SISWA SMA”, Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 2(1), pp. 7–14. doi: 10.55719/jrpm.v2i1.141.

Issue

Section

Articles