ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DIMENSI TIGA PADA SISWA SMA
DOI:
https://doi.org/10.55719/jrpm.v2i1.141Keywords:
analysis, dimension three, problem solving polyaAbstract
This study aims to describe the problem solving skills of class X MA Ma'arif 4 Dadapan in solving three dimensional problems. This type of research is quantitative descriptive. Data was collected through tests and interviews with descriptive statistical data analysis techniques that were developed based on indicators of Polya's problem solving abilities. The results showed that students with high ability and were able to use Polya's problem solving steps well, but students with low ability were less able to use it.
Downloads
Download data is not yet available.
References
Alfeld, Peter. 2011. G. Polya, How to Solve It, (Online), (http://www.math.utah.edu/~pa/math/polya.html, diakses 07 April 2016)
Eganinta, Devy. 2012. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-Langkah Polya pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Surakarta Ditinjau dari Kemampuan Penalaran Siswa. Tesis Tidak Diterbitkan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret
Nirmalitasari, Octa S. 2011. Profil Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berbentuk Open-Start pada Materi Bangun Datar. Tesis Tidak Diterbitkan. Surabaya: Program Pasca Sarjana UNESA.
Rohimah, I.N. and Yuliastuti, R., 2019. PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 1(2), pp.1-8.
Shadiq, Fadjar. 2014. Strategi Pemodelan pada Pemecahan Masalah Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sulistyaningrum, H. and Ummatin, H.K.K., 2018. EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH SOLSO DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), pp.133-141.
Supardi, Dadang. 2013. Analisis Kesulitan Praktik pada Standar Kompetensi Pembiakan Tanaman Secara Vegetatif (Studi Kasus pada Praktikum Okulasi di Kelas X ATPH SMKN I Cikalongkulon (Online), (http://repository.upi.edu/2460/6/S_PTA_0811745_Chapter3.pdf, diakses 26 April 2016).
Turmudi. 2008. Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika (Berparadigma Eksploratif dan Investigatif). Jakarta : Leuser Pustaka.
Eganinta, Devy. 2012. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-Langkah Polya pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Surakarta Ditinjau dari Kemampuan Penalaran Siswa. Tesis Tidak Diterbitkan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret
Nirmalitasari, Octa S. 2011. Profil Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berbentuk Open-Start pada Materi Bangun Datar. Tesis Tidak Diterbitkan. Surabaya: Program Pasca Sarjana UNESA.
Rohimah, I.N. and Yuliastuti, R., 2019. PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 1(2), pp.1-8.
Shadiq, Fadjar. 2014. Strategi Pemodelan pada Pemecahan Masalah Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sulistyaningrum, H. and Ummatin, H.K.K., 2018. EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH SOLSO DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), pp.133-141.
Supardi, Dadang. 2013. Analisis Kesulitan Praktik pada Standar Kompetensi Pembiakan Tanaman Secara Vegetatif (Studi Kasus pada Praktikum Okulasi di Kelas X ATPH SMKN I Cikalongkulon (Online), (http://repository.upi.edu/2460/6/S_PTA_0811745_Chapter3.pdf, diakses 26 April 2016).
Turmudi. 2008. Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika (Berparadigma Eksploratif dan Investigatif). Jakarta : Leuser Pustaka.
Downloads
Published
16-04-2020
How to Cite
Mukhlasin, M., Fadiana, M. and Rahayu, P. (2020) “ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DIMENSI TIGA PADA SISWA SMA”, Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 2(1), pp. 7–14. doi: 10.55719/jrpm.v2i1.141.
Issue
Section
Articles
License
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.