ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DIMENSI TIGA PADA SISWA SMA
DOI:
https://doi.org/10.55719/jrpm.v2i1.141Kata Kunci:
analisis, dimensi tiga, pemecahan masalah polyaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X MA Ma’arif 4 Dadapan dalam menyelesaikan soal dimensi tiga. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Pengambilan data dilakukan melalui tes dan wawancara dengan teknik analisis data statistik deskriptif yang dikembangkan berdasarkan indikator kemampuan pemecahan masalah Polya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan tinggi dan sedang mampu menggunakan langkah pemecahan masalah Polya dengan baik, namun pada siswa dengan kemampuan rendah kurang mampu menggunakannya.
Unduhan
Data unduhan belum tersedia.
Referensi
Alfeld, Peter. 2011. G. Polya, How to Solve It, (Online), (http://www.math.utah.edu/~pa/math/polya.html, diakses 07 April 2016)
Eganinta, Devy. 2012. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-Langkah Polya pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Surakarta Ditinjau dari Kemampuan Penalaran Siswa. Tesis Tidak Diterbitkan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret
Nirmalitasari, Octa S. 2011. Profil Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berbentuk Open-Start pada Materi Bangun Datar. Tesis Tidak Diterbitkan. Surabaya: Program Pasca Sarjana UNESA.
Rohimah, I.N. and Yuliastuti, R., 2019. PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 1(2), pp.1-8.
Shadiq, Fadjar. 2014. Strategi Pemodelan pada Pemecahan Masalah Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sulistyaningrum, H. and Ummatin, H.K.K., 2018. EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH SOLSO DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), pp.133-141.
Supardi, Dadang. 2013. Analisis Kesulitan Praktik pada Standar Kompetensi Pembiakan Tanaman Secara Vegetatif (Studi Kasus pada Praktikum Okulasi di Kelas X ATPH SMKN I Cikalongkulon (Online), (http://repository.upi.edu/2460/6/S_PTA_0811745_Chapter3.pdf, diakses 26 April 2016).
Turmudi. 2008. Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika (Berparadigma Eksploratif dan Investigatif). Jakarta : Leuser Pustaka.
Eganinta, Devy. 2012. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-Langkah Polya pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Surakarta Ditinjau dari Kemampuan Penalaran Siswa. Tesis Tidak Diterbitkan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret
Nirmalitasari, Octa S. 2011. Profil Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berbentuk Open-Start pada Materi Bangun Datar. Tesis Tidak Diterbitkan. Surabaya: Program Pasca Sarjana UNESA.
Rohimah, I.N. and Yuliastuti, R., 2019. PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 1(2), pp.1-8.
Shadiq, Fadjar. 2014. Strategi Pemodelan pada Pemecahan Masalah Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sulistyaningrum, H. and Ummatin, H.K.K., 2018. EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH SOLSO DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), pp.133-141.
Supardi, Dadang. 2013. Analisis Kesulitan Praktik pada Standar Kompetensi Pembiakan Tanaman Secara Vegetatif (Studi Kasus pada Praktikum Okulasi di Kelas X ATPH SMKN I Cikalongkulon (Online), (http://repository.upi.edu/2460/6/S_PTA_0811745_Chapter3.pdf, diakses 26 April 2016).
Turmudi. 2008. Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika (Berparadigma Eksploratif dan Investigatif). Jakarta : Leuser Pustaka.
Unduhan
Diterbitkan
2020-04-16
Cara Mengutip
Mukhlasin, M., Fadiana, M. dan Rahayu, P. (2020) “ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DIMENSI TIGA PADA SISWA SMA”, Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 2(1), hlm. 7–14. doi: 10.55719/jrpm.v2i1.141.
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.