ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DIMENSI TIGA PADA SISWA SMA

Penulis

  • Muhammad Mukhlasin MA Ma’arif 4 Dadapan
  • Mu’jizatin Fadiana
  • Puji Rahayu

DOI:

https://doi.org/10.55719/jrpm.v2i1.141

Kata Kunci:

analisis, dimensi tiga, pemecahan masalah polya

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X MA Ma’arif 4 Dadapan dalam menyelesaikan soal dimensi tiga. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Pengambilan data dilakukan melalui tes dan wawancara dengan teknik analisis data statistik deskriptif yang dikembangkan berdasarkan indikator kemampuan pemecahan masalah Polya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan tinggi dan sedang mampu menggunakan langkah pemecahan masalah Polya dengan baik, namun pada siswa dengan kemampuan rendah kurang mampu menggunakannya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alfeld, Peter. 2011. G. Polya, How to Solve It, (Online), (http://www.math.utah.edu/~pa/math/polya.html, diakses 07 April 2016)

Eganinta, Devy. 2012. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-Langkah Polya pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Surakarta Ditinjau dari Kemampuan Penalaran Siswa. Tesis Tidak Diterbitkan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret

Nirmalitasari, Octa S. 2011. Profil Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berbentuk Open-Start pada Materi Bangun Datar. Tesis Tidak Diterbitkan. Surabaya: Program Pasca Sarjana UNESA.

Rohimah, I.N. and Yuliastuti, R., 2019. PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 1(2), pp.1-8.

Shadiq, Fadjar. 2014. Strategi Pemodelan pada Pemecahan Masalah Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sulistyaningrum, H. and Ummatin, H.K.K., 2018. EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH SOLSO DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), pp.133-141.

Supardi, Dadang. 2013. Analisis Kesulitan Praktik pada Standar Kompetensi Pembiakan Tanaman Secara Vegetatif (Studi Kasus pada Praktikum Okulasi di Kelas X ATPH SMKN I Cikalongkulon (Online), (http://repository.upi.edu/2460/6/S_PTA_0811745_Chapter3.pdf, diakses 26 April 2016).

Turmudi. 2008. Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika (Berparadigma Eksploratif dan Investigatif). Jakarta : Leuser Pustaka.

Unduhan

Diterbitkan

2020-04-16

Cara Mengutip

Mukhlasin, M., Fadiana, M. dan Rahayu, P. (2020) “ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DIMENSI TIGA PADA SISWA SMA”, Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 2(1), hlm. 7–14. doi: 10.55719/jrpm.v2i1.141.

Terbitan

Bagian

Articles