Uji Validitas Pengembangan Instrumen Tes untuk Mengukur Kemampuan Analogi Siswa

Authors

  • Ismatul Jannah SDIT Al Mubarok Brondong
  • Puji Rahayu

DOI:

https://doi.org/10.55719/jrpm.v4i1.378

Keywords:

Uji Validitas, Instrumen Tes, Penalaran Analogi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil uji validitas pengembangan instrumen tes untuk mengukur kemampuan penalaran analogi pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII semester 2. Prosedur pengembangan pada penelitian ini menggunakan model penelitian pengembanagn atau research and development dengan tipe formative research Tessmer yang terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap preliminary, tahap self evaluation, tahap prototyping, dan tahap field test. Namun, akibat dari wabah COVID-19 maka tahap field test tidak dapat terlaksana karena adanya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) diseluruh dunia termasuk dinegara tercinta kita Indonesia. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data kualitatif da data kuantitatif. Data kualitatif untuk deskripsi kata-kata brupa kritik dan saran dari para validator, sedangkan data kuantitatif digunkan dalam perhitungan skor penilaian produk penelitian. Berdasarkan hasil uji validitas produk instrumen tes penalaran analogi dari ahli materi diperoleh data CVRnya dengan nilai 1 dan berkriteria sangat baik, dan data CVInya dengai nilai 1 pula berkriteria sangat sesuai, serta hasil perolehan presentase penilaian 82,44% berkategori sangat baik. Sedangkan dari ahli bahasa diperoleh data CVRnya dengan nilai 1 dan berkriteria sangat baik, dan data CVInya dengai nilai 1 pula berkriteria sangat sesuai, serta hasil perolehan presentase penilaian 80% berkategori baik Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa produk instrumen tes penalaran analogi ini  valid dan dapat diterapkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adinawan, M, C., 2017. Matematika untuk SMP/MTs Kelas VIII Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2016. Jakarta : Erlangga.

Ali Hamzah, Evaluasi Pembelajaran Matematika (Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2014), hal 100.

Lawshe, C.H, “A Quantitative Approach to Content Validity”, Personnel Psychology, Purdue University 28, (1975), h. 563-575.

Mu’achiroh, S. 2018. Profil Penalaran Analogi Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Learning Style Inventory David A Kolb. Disertasi Tidak Diterbitkan. Surabaya: Program Sarjana UINSA Ampel.

Nike K. Maria Theresia, Penalaran Deduktif dan atau Induktif Siswa SMA dalam Pemecahan Masalah Trigonometri Ditinjau dari Tingkat IQ,(Surabaya: Tesis Unesa, 2012), 21-22.

Rahayu, Puji & Ulul, Eryawan. 2018. Validity Of Work Sheets Of Students Based On Contructivism In Study Of Kapita Selekta Matematika II. Tuban

Riyani, R., Maizora, S., & Hanifah, H. 2017. Uji Validitas Pengembangan Tes untuk Mengukur Kemampuan Pemahaman Relasional pada Materi Persamaan Kuadrat Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah. 1, 1-6.

Setyono. 1996. Analogi Sebagai Suatu Keterampilan Berpikir Kritis, Makalah, (Surabaya: UNESA Surabaya, 1996), 1.

Suharman, Psikologi Kognitif, (Surabaya: Srikandi, 2005), 181.

Suwidiyanti, 2008. Kemampuan Penalaran Analogi Siswa Kelas X-3 SMA Negeri 2 Sidoarjo dalam Memecahkan Masalah Matematika, Disertasi Tidak Diterbitkan. Surabaya:Program Sarjana UNESA.

Usman, H. 2017. Pengembangan Instrumen Tes untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Matematis Siswa MTsN 1 Model Kota Makassar. Disertasi Tidak Diterbitkan. Makassar: Program Sarjana UIN Alauddin.

Downloads

Published

11-04-2022

How to Cite

Jannah, I. and Rahayu, P. (2022) “Uji Validitas Pengembangan Instrumen Tes untuk Mengukur Kemampuan Analogi Siswa”, Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 4(1), pp. 19–28. doi: 10.55719/jrpm.v4i1.378.

Issue

Section

Articles