Uji Validitas Pengembangan Instrumen Tes untuk Mengukur Kemampuan Analogi Siswa
DOI:
https://doi.org/10.55719/jrpm.v4i1.378Keywords:
Uji Validitas, Instrumen Tes, Penalaran AnalogiAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil uji validitas pengembangan instrumen tes untuk mengukur kemampuan penalaran analogi pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII semester 2. Prosedur pengembangan pada penelitian ini menggunakan model penelitian pengembanagn atau research and development dengan tipe formative research Tessmer yang terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap preliminary, tahap self evaluation, tahap prototyping, dan tahap field test. Namun, akibat dari wabah COVID-19 maka tahap field test tidak dapat terlaksana karena adanya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) diseluruh dunia termasuk dinegara tercinta kita Indonesia. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data kualitatif da data kuantitatif. Data kualitatif untuk deskripsi kata-kata brupa kritik dan saran dari para validator, sedangkan data kuantitatif digunkan dalam perhitungan skor penilaian produk penelitian. Berdasarkan hasil uji validitas produk instrumen tes penalaran analogi dari ahli materi diperoleh data CVRnya dengan nilai 1 dan berkriteria sangat baik, dan data CVInya dengai nilai 1 pula berkriteria sangat sesuai, serta hasil perolehan presentase penilaian 82,44% berkategori sangat baik. Sedangkan dari ahli bahasa diperoleh data CVRnya dengan nilai 1 dan berkriteria sangat baik, dan data CVInya dengai nilai 1 pula berkriteria sangat sesuai, serta hasil perolehan presentase penilaian 80% berkategori baik Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa produk instrumen tes penalaran analogi ini valid dan dapat diterapkan.
Downloads
References
Ali Hamzah, Evaluasi Pembelajaran Matematika (Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2014), hal 100.
Lawshe, C.H, “A Quantitative Approach to Content Validity”, Personnel Psychology, Purdue University 28, (1975), h. 563-575.
Mu’achiroh, S. 2018. Profil Penalaran Analogi Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Learning Style Inventory David A Kolb. Disertasi Tidak Diterbitkan. Surabaya: Program Sarjana UINSA Ampel.
Nike K. Maria Theresia, Penalaran Deduktif dan atau Induktif Siswa SMA dalam Pemecahan Masalah Trigonometri Ditinjau dari Tingkat IQ,(Surabaya: Tesis Unesa, 2012), 21-22.
Rahayu, Puji & Ulul, Eryawan. 2018. Validity Of Work Sheets Of Students Based On Contructivism In Study Of Kapita Selekta Matematika II. Tuban
Riyani, R., Maizora, S., & Hanifah, H. 2017. Uji Validitas Pengembangan Tes untuk Mengukur Kemampuan Pemahaman Relasional pada Materi Persamaan Kuadrat Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah. 1, 1-6.
Setyono. 1996. Analogi Sebagai Suatu Keterampilan Berpikir Kritis, Makalah, (Surabaya: UNESA Surabaya, 1996), 1.
Suharman, Psikologi Kognitif, (Surabaya: Srikandi, 2005), 181.
Suwidiyanti, 2008. Kemampuan Penalaran Analogi Siswa Kelas X-3 SMA Negeri 2 Sidoarjo dalam Memecahkan Masalah Matematika, Disertasi Tidak Diterbitkan. Surabaya:Program Sarjana UNESA.
Usman, H. 2017. Pengembangan Instrumen Tes untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Matematis Siswa MTsN 1 Model Kota Makassar. Disertasi Tidak Diterbitkan. Makassar: Program Sarjana UIN Alauddin.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.