Validitas LKPD Fase E Berbasis PBL Berdiferensiasi pada Materi Statistika
DOI:
https://doi.org/10.55719/jrpm.v6i2.1393Keywords:
LKPD, PBL, Berdiferensiasi, R&DAbstract
This study aims to produce a valid problem-based learning-based LKPD based on differentiation on statistics material for phase E students of SMAN 3 Padang. This type of research is R&D (Research and Development) development research with the Plomp development model. The results of the validation test of Problem Based Learning (PBL) based LKPD with differentiation reached a score of 84.3%, which is included in the very valid category. The data shows that PBL-based LKPD with differentiation on Phase E statistics material at SMAN 3 Padang is valid and can be used by teachers and students in the learning process.
Downloads
References
Anggraeini, M., Somakim, S., & Hapizah, H. (2022). Pengembangan Lkpd Berbasis Pembuktian Pada Materi Logaritma Di Kelas X Sma. Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 42–48.
Choirudin, C., Anwar, M. S., Azizah, I. N., Wawan, W., Wahyudi, A., & Khusaini, I. A. (2021). Pengembangan Lkpd Matematika Berbasis Kaligrafi Dengan Pendekatan Guided Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Matematika (Jpm), 7(1), 52–61.
Madura, U., & Ajar, M. (2024). No Title. 5(2).
Materi, P., Dan, G., Dikelas, S., Smp, V. I. I., & Pendahuluan, A. (2024). Jurnalrisetpembelajaranmatematika Pengembangan Modul Digital Menggunakan Kodular. 6(April), 63–70.
Pattimura, S. C., Maimunah, M., & Hutapea, N. M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Memfasilitasi Pemahaman Matematis Peserta Didik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 800–812.
Riduwan, 2019.Pdf. (N.D.).
Safitri, W., Singgih Budiarso, A., & Wahyuni, S. (2022). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Smp. Saintifika, 24(1), 30–41.
Septiani, A., Yuhana, Y., & Sukirwan, S. (2022). Pengembangan Lkpd Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika: Systematic Literature Review. Jurnal Basicedu, 6(6), 10110–10121.
Wahyudi, A. (2022). Pentingnya Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Ips. Jess: Jurnal Education Social Science, 2(1), 51–61.
Windayanti, W., Afnanda, M., Agustina, R., Kase, E. B. S., Safar, M., & Mokodenseho, S. (2023). Problematika Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka. Journal On Education, 6(1), 2056–2063.
Zulmaulida, R., Saputra, E., Munir, M., Zanthy, L. S., Wahnyuni, M., Irham, M., Akmal, N., & Others. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Riset Pembelajaran Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.