Validitas LKPD Fase E Berbasis PBL Berdiferensiasi pada Materi Statistika

Penulis

  • Isma Delita Isma Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Sefna Rismen Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Villia Anggraini Universitas PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.55719/jrpm.v6i2.1393

Kata Kunci:

Problem Based Learning, R&D, LKPD, Berdiferensiasi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah LKPD berbasis problem based learning berdiefrensiasi pada materi statistika yang valid untuk peserta didik fase E SMAN 3 Padang. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan model pengembangan Plomp. Hasil uji validasi LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan diferensiasi mencapai skor 84,3%, yang termasuk dalam kategori sangat valid. Data itu menunjukkan bahwa LKPD berbasis PBL dengan diferensiasi pada materi statistika Fase E di SMAN 3 Padang valid dan dapat digunakan oleh guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anggraeini, M., Somakim, S., & Hapizah, H. (2022). Pengembangan Lkpd Berbasis Pembuktian Pada Materi Logaritma Di Kelas X Sma. Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 42–48.

Choirudin, C., Anwar, M. S., Azizah, I. N., Wawan, W., Wahyudi, A., & Khusaini, I. A. (2021). Pengembangan Lkpd Matematika Berbasis Kaligrafi Dengan Pendekatan Guided Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Matematika (Jpm), 7(1), 52–61.

Madura, U., & Ajar, M. (2024). No Title. 5(2).

Materi, P., Dan, G., Dikelas, S., Smp, V. I. I., & Pendahuluan, A. (2024). Jurnalrisetpembelajaranmatematika Pengembangan Modul Digital Menggunakan Kodular. 6(April), 63–70.

Pattimura, S. C., Maimunah, M., & Hutapea, N. M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Memfasilitasi Pemahaman Matematis Peserta Didik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 800–812.

Riduwan, 2019.Pdf. (N.D.).

Safitri, W., Singgih Budiarso, A., & Wahyuni, S. (2022). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Smp. Saintifika, 24(1), 30–41.

Septiani, A., Yuhana, Y., & Sukirwan, S. (2022). Pengembangan Lkpd Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika: Systematic Literature Review. Jurnal Basicedu, 6(6), 10110–10121.

Wahyudi, A. (2022). Pentingnya Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Ips. Jess: Jurnal Education Social Science, 2(1), 51–61.

Windayanti, W., Afnanda, M., Agustina, R., Kase, E. B. S., Safar, M., & Mokodenseho, S. (2023). Problematika Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka. Journal On Education, 6(1), 2056–2063.

Zulmaulida, R., Saputra, E., Munir, M., Zanthy, L. S., Wahnyuni, M., Irham, M., Akmal, N., & Others. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-30

Cara Mengutip

Isma, I. D., Rismen, S. dan Anggraini, V. (2024) “Validitas LKPD Fase E Berbasis PBL Berdiferensiasi pada Materi Statistika”, Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 6(2), hlm. 157–170. doi: 10.55719/jrpm.v6i2.1393.

Terbitan

Bagian

Articles