Validitas LKPD Fase E Berbasis PBL Berdiferensiasi pada Materi Statistika
DOI:
https://doi.org/10.55719/jrpm.v6i2.1393Kata Kunci:
Problem Based Learning, R&D, LKPD, BerdiferensiasiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah LKPD berbasis problem based learning berdiefrensiasi pada materi statistika yang valid untuk peserta didik fase E SMAN 3 Padang. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan model pengembangan Plomp. Hasil uji validasi LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan diferensiasi mencapai skor 84,3%, yang termasuk dalam kategori sangat valid. Data itu menunjukkan bahwa LKPD berbasis PBL dengan diferensiasi pada materi statistika Fase E di SMAN 3 Padang valid dan dapat digunakan oleh guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran.
Unduhan
Referensi
Anggraeini, M., Somakim, S., & Hapizah, H. (2022). Pengembangan Lkpd Berbasis Pembuktian Pada Materi Logaritma Di Kelas X Sma. Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 42–48.
Choirudin, C., Anwar, M. S., Azizah, I. N., Wawan, W., Wahyudi, A., & Khusaini, I. A. (2021). Pengembangan Lkpd Matematika Berbasis Kaligrafi Dengan Pendekatan Guided Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Matematika (Jpm), 7(1), 52–61.
Madura, U., & Ajar, M. (2024). No Title. 5(2).
Materi, P., Dan, G., Dikelas, S., Smp, V. I. I., & Pendahuluan, A. (2024). Jurnalrisetpembelajaranmatematika Pengembangan Modul Digital Menggunakan Kodular. 6(April), 63–70.
Pattimura, S. C., Maimunah, M., & Hutapea, N. M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Memfasilitasi Pemahaman Matematis Peserta Didik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 800–812.
Riduwan, 2019.Pdf. (N.D.).
Safitri, W., Singgih Budiarso, A., & Wahyuni, S. (2022). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Smp. Saintifika, 24(1), 30–41.
Septiani, A., Yuhana, Y., & Sukirwan, S. (2022). Pengembangan Lkpd Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika: Systematic Literature Review. Jurnal Basicedu, 6(6), 10110–10121.
Wahyudi, A. (2022). Pentingnya Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Ips. Jess: Jurnal Education Social Science, 2(1), 51–61.
Windayanti, W., Afnanda, M., Agustina, R., Kase, E. B. S., Safar, M., & Mokodenseho, S. (2023). Problematika Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka. Journal On Education, 6(1), 2056–2063.
Zulmaulida, R., Saputra, E., Munir, M., Zanthy, L. S., Wahnyuni, M., Irham, M., Akmal, N., & Others. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Riset Pembelajaran Matematika
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.