PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN TIPE NHT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.55719/jrpm.v2i2.162Keywords:
Jigsaw Type Cooperative Learning, NHT Cooperative Learning Type, Learning OutcomesAbstract
The purpose of this study was a) to see if there was an application of the Jigsaw-type cooperative learning model with NHT on the learning outcomes of class VII students of SMP IPIEMS Surabaya. b) To see whether there is an effect of using the Jigsaw and NHT cooperative learning models on the learning outcomes of seventh grade students of SMP IPIEMS Surabaya. This study used a quantitative approach and the type of experimental research was using true experimental design with the pretest-posttest control group design. The statistical test used is the sample t test and multiple linear regression. The results showed: a) there was no application of the jigsaw cooperative learning model with the NHT type on student learning outcomes, b) there was a significant effect on the application of the jigsaw and NHT cooperative learning model.
Downloads
References
Lestari, K. E. dan M. R. Y. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Nur, M. I., Salam, M., & Hasnawan. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Smp Negeri 1 Tongkuno. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 4(1), 99–112.
Rosidalia. (2017). Perbandingan Model Pembelajaran Jigsaw Dan Model Pembelajaran Number Head Together Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Mts N 1 Kota Makassar. Skripsi, 1(3).
Rosyidah, U. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Metro. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 115–124. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1018
Rusman. (2016). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sardiman. (2003). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugyono. (2016). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.