PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN TIPE NHT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.55719/jrpm.v2i2.162Kata Kunci:
Jigsaw Type Cooperative Learning, NHT Cooperative Learning Type, Learning OutcomesAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah a) untuk mengetahui apakah ada perbedaan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan NHT terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP IPIEMS Surabaya. b) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunanan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tipe NHT terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP IPIEMS Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan desain true eksperimental dengan bentuk pretest-posttest control group design. Uji statistic yang digunakan yaitu uji sample t test dan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan: a) tidak ada perbedaan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan tipe NHT terhadap hasil belajar siswa, b) ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan NHT terhadap hasil belajar siswa.
Unduhan
Referensi
Lestari, K. E. dan M. R. Y. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Nur, M. I., Salam, M., & Hasnawan. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Smp Negeri 1 Tongkuno. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 4(1), 99–112.
Rosidalia. (2017). Perbandingan Model Pembelajaran Jigsaw Dan Model Pembelajaran Number Head Together Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Mts N 1 Kota Makassar. Skripsi, 1(3).
Rosyidah, U. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Metro. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 115–124. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1018
Rusman. (2016). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sardiman. (2003). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugyono. (2016). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.