PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN TIPE NHT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Penulis

  • Fransiskus Hardin Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Edy Widayat
  • Yuli Listiana

DOI:

https://doi.org/10.55719/jrpm.v2i2.162

Kata Kunci:

Jigsaw Type Cooperative Learning, NHT Cooperative Learning Type, Learning Outcomes

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah a) untuk mengetahui apakah ada perbedaan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan NHT terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP IPIEMS Surabaya.  b) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunanan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tipe NHT terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP IPIEMS Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan desain true eksperimental dengan bentuk pretest-posttest control group design. Uji statistic yang digunakan yaitu uji sample t test dan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan: a) tidak ada perbedaan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan tipe NHT terhadap hasil belajar siswa, b) ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan NHT terhadap hasil belajar siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Husamah, dkk. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Lestari, K. E. dan M. R. Y. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Nur, M. I., Salam, M., & Hasnawan. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Smp Negeri 1 Tongkuno. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 4(1), 99–112.

Rosidalia. (2017). Perbandingan Model Pembelajaran Jigsaw Dan Model Pembelajaran Number Head Together Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Mts N 1 Kota Makassar. Skripsi, 1(3).

Rosyidah, U. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Metro. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 115–124. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1018

Rusman. (2016). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sardiman. (2003). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugyono. (2016). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Unduhan

Diterbitkan

2020-10-30

Cara Mengutip

Hardin, F., Widayat, E. dan Listiana, Y. (2020) “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN TIPE NHT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA”, Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 2(2), hlm. 55–62. doi: 10.55719/jrpm.v2i2.162.

Terbitan

Bagian

Articles