Uji Validitas Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Sparkol Videoscribe Berbasis CTL untuk Siswa Kelas VIII SMP

Authors

  • Budi Septiyana Putri Universitas PGRI Ronggolawe (UNIROW) Tuban
  • Heny Sulistyaningrum

DOI:

https://doi.org/10.55719/jrpm.v4i1.383

Keywords:

validitas, pengembangan, video pembelajaran, sparkol videoscribe, CTL

Abstract

Pandemi Covid-19 memberi dampak yang sangat besar bagi seluruh dunia, terutama pelajar. Pembatasan aktivitas seluruh instansi pendidikan membuat pembelajaran daring (online) menjadi salah satu alternatif agar pembelajaran tetap terlaksana. Pembelajaran daring mengharuskan adanya pembaharuan dalam metode ataupun media pembelajaran supaya pembelajaran berlangsung efektif. Tujuan dari penelitan dan pengembangan ini adalah mengembangkan video pembelajaran matematika sparkol videoscribe berbasis CTL untuk siswa kleas VIII SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang menerapkan model ADDIE. Tahapan yang digunakan adalah observasi lapangan, pengumpulan data, desain produk, validasi oleh ahli, revisi produk, analisis data dan produk final. Penelitian ini tidak dilakukan uji coba karena terkendala adanya pembatasan aktivitas di sekolah akibat pandemi Covid-19. Berdasarkan hasil validasi para ahli materi, media dan bahasa mendapatkan kriteria layak untuk masing-masing persentase yaitu 77,5%, 80%, 86,2%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fadillah, A. & Bilda, W. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbantuan Aplikasi Sparkol Videoscribe. Jurnal Gantang. Vol. IV, No.2; 2019 e-ISSN 2548-5547 p-ISSN 2503-0671, h. 177-182.

Istanti, N. W. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Sparkol Videoscribe Berbasis CTL Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN Tambangan 01 Semarang. (Online) Tersedia di https://jurnal.untan.ac.id, diakses tanggal 3 Mei 2021.

Joyce, & White, B. (2015). Remote Sensing Tertiary Education Meets High Intensity Interval Training. Journal. Charles Darwin University Vol. XL-7/W3.

Kemdikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan Corona Virus Disease (COVID-19) pada Satuan Pendidikan. Jakarta: Kemdikbud.

Lindsay, F. & Mehmet, D. (2015). How to Nail Your Next Presentation. UK: Sparkol Books. Bristol.

Mudlofir, A., Rusydiyah, & Fatimatur, E. (2016). Design Pembelajaran Inovatif dari Teori ke Praktik. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Muhammad, dkk. (2016). Technomedia Journal. Ilearning Journal Center (UC). Tangerang.

Safar, A. H. ( 2016). Educating Nonlinearly and Visually in the Digital Knowledge Age: A Dhelpi Study. Journal. Asian Social Science Vol. 12, No.4; 2016 ISSN 1911-2017, E-ISSN 1911-2025. Kuwiat University.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Tindakan). Alfabeta. Bandung.

Sulistyaningrum, H., & Nazah, I. (2021). Uji Validitas Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis CTL Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas VII. Prosiding SNasPPM, 5(2), 354-357.

Sulistyaningrum, H., Cacik, S., Winata, A., & Munawaroh, M. (2021). The Feasibility of Developing Learning Devices Science Concept Based on Android for College Students in Elementary Teaching Program. Procedia of Social Sciences and Humanities, 1, 37-48.

Tegeh & Kirana, I. M.2013. Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. ISSN 1829-5282, h. 12-26.

Wahyana, R. 2018. Pengembangan Media Video Pembelajaran Menggunakan Proshow pada Materi Satuan Ukur dan Berat. (Online) Tersedia di http://repository.radenintan.ac.id, diakses tanggal 5 Juli 2021.

Downloads

Published

13-04-2022

How to Cite

Putri, B. S. and Sulistyaningrum, H. (2022) “Uji Validitas Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Sparkol Videoscribe Berbasis CTL untuk Siswa Kelas VIII SMP”, Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 4(1), pp. 29–36. doi: 10.55719/jrpm.v4i1.383.

Issue

Section

Articles