Uji Validitas Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Sparkol Videoscribe Berbasis CTL untuk Siswa Kelas VIII SMP
DOI:
https://doi.org/10.55719/jrpm.v4i1.383Kata Kunci:
validitas, pengembangan, video pembelajaran, sparkol videoscribe, CTLAbstrak
Pandemi Covid-19 memberi dampak yang sangat besar bagi seluruh dunia, terutama pelajar. Pembatasan aktivitas seluruh instansi pendidikan membuat pembelajaran daring (online) menjadi salah satu alternatif agar pembelajaran tetap terlaksana. Pembelajaran daring mengharuskan adanya pembaharuan dalam metode ataupun media pembelajaran supaya pembelajaran berlangsung efektif. Tujuan dari penelitan dan pengembangan ini adalah mengembangkan video pembelajaran matematika sparkol videoscribe berbasis CTL untuk siswa kleas VIII SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang menerapkan model ADDIE. Tahapan yang digunakan adalah observasi lapangan, pengumpulan data, desain produk, validasi oleh ahli, revisi produk, analisis data dan produk final. Penelitian ini tidak dilakukan uji coba karena terkendala adanya pembatasan aktivitas di sekolah akibat pandemi Covid-19. Berdasarkan hasil validasi para ahli materi, media dan bahasa mendapatkan kriteria layak untuk masing-masing persentase yaitu 77,5%, 80%, 86,2%.
Unduhan
Referensi
Istanti, N. W. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Sparkol Videoscribe Berbasis CTL Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN Tambangan 01 Semarang. (Online) Tersedia di https://jurnal.untan.ac.id, diakses tanggal 3 Mei 2021.
Joyce, & White, B. (2015). Remote Sensing Tertiary Education Meets High Intensity Interval Training. Journal. Charles Darwin University Vol. XL-7/W3.
Kemdikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan Corona Virus Disease (COVID-19) pada Satuan Pendidikan. Jakarta: Kemdikbud.
Lindsay, F. & Mehmet, D. (2015). How to Nail Your Next Presentation. UK: Sparkol Books. Bristol.
Mudlofir, A., Rusydiyah, & Fatimatur, E. (2016). Design Pembelajaran Inovatif dari Teori ke Praktik. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Muhammad, dkk. (2016). Technomedia Journal. Ilearning Journal Center (UC). Tangerang.
Safar, A. H. ( 2016). Educating Nonlinearly and Visually in the Digital Knowledge Age: A Dhelpi Study. Journal. Asian Social Science Vol. 12, No.4; 2016 ISSN 1911-2017, E-ISSN 1911-2025. Kuwiat University.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Tindakan). Alfabeta. Bandung.
Sulistyaningrum, H., & Nazah, I. (2021). Uji Validitas Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis CTL Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas VII. Prosiding SNasPPM, 5(2), 354-357.
Sulistyaningrum, H., Cacik, S., Winata, A., & Munawaroh, M. (2021). The Feasibility of Developing Learning Devices Science Concept Based on Android for College Students in Elementary Teaching Program. Procedia of Social Sciences and Humanities, 1, 37-48.
Tegeh & Kirana, I. M.2013. Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. ISSN 1829-5282, h. 12-26.
Wahyana, R. 2018. Pengembangan Media Video Pembelajaran Menggunakan Proshow pada Materi Satuan Ukur dan Berat. (Online) Tersedia di http://repository.radenintan.ac.id, diakses tanggal 5 Juli 2021.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.