DESAIN PEMBELAJARAN KERUCUT MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) BERKONTEKS TRADISI MITONI
DOI:
https://doi.org/10.55719/jrpm.v6i1.1072Kata Kunci:
desain research, kerucut, tradisi, mitoniAbstrak
Materi kerucut penting dikuasai siswa saat mempelajari materi bangun ruang sisi lengkung. Namun, materi kerucut masih sulit dipahami siswa. Maka dari itu, tujuan penelitian ini untuk menciptakan lintasan pembelajaran yang dapat membuat siswa paham akan konsep kerucut menggunakan konteks tradisi mitoni di kelas IX SMP. Dengan menggunakan metode design research, metode ini memiliki tiga tahap yaitu preliminary design, design experiment (pilot experiment dan teaching experiment), dan retrospective analysis. Penelitian ini dirancang dan dikembangkan menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Subjek penelitian terdiri dari 32 siswa kelas IX SMP Negeri 39 Semarang, yang dilaksanakan mulai bulan Agustus hingga September 2023. Penelitian ini menghasilkan suatu lintasan pembelajaran yang mencakup rangkaian proses pembelajaran dengan tiga kegiatan yaitu mengamati video tradisi mitoni untuk menemukan unsur-unsur kerucut; menemukan rumus luas permukaan kerucut; menentukan rumus volume kerucut; dan menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan kerucut. Kegiatan tersebut dilakukan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi kerucut. Hasil penelitian menunjukkan konteks tradisi mitoni mampu membantu siswa memahami konsep kerucut. Di samping itu, penelitian ini menghadirkan alternatif kearifan lokal yang dapat digunakan pada matematika, terlebih lagi pada materi kerucut.
Unduhan
Referensi
Agustini, W. A., & Fitriani, N. (2021). Analisis Kesulitan Siswa SMP PADA Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(1), 91–96. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.91-96
Akker, J. van Den, Gravemeijer, K., McKenney, S., & Nieveen, N. (2006). Educational Design Research. Routledge.
Arifin, Yusmin, E., & Hamdani. (2017). Analisis kesulitan belajar siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung di smp. Jurnal Pendiidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 1–13.
Asriyani, W. D., & Setyadi, D. (2023). Eksplorasi etnomatematika pada permainan tradisional daerah Kaliwungu. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 348–360. https://doi.org/10.33654/math.v9i2.2151
Dahlan, M., & Kurniasari, I. (2022). Identifikasi miskonsepsi siswa SMP pada materi bangun ruang sisi lengkung menggunakan three tier-test. MATHEdunesa, 11(2), 499–512. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n2.p499-512
Damayanti, P. A., & Qohar, A. (2019). Pengembangan media pembelajaran matematika interaktif berbasis powerpoint pada materi kerucut. Jurnal Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 119–124. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1294
Fitra, D. (2018). Penerapan pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI) dalam pembelajaran matematika. Journal of Research in Education Universitas Adiwangsa Jambi, 1(1), 1–7.
Gravemeijer, K., & Cobb, P. (2006). Design research from a learning design perspective.
Hendriawan, P., Faridah, S., Matematika, T., Maulana, U. I. N., Ibrahim, M., Jl, M., & No, G. (2022). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Bekles. 5(November), 149–158.
Ikhsan, R., Yuniar, N., Alfira, Abdillah, N., & Sari, D. N. (2023). Perubahan Hasil Belajar Siswa MTS Al Manar dengan Mengadopsi Realistis Matematic Education pada Materi Kerucut. Journal On Teacher Education, 4, 200–206.
Irfansyah, F., Adi, M., & Siregar, P. (2023). Eksplorasi etnomatematika museum deli serdang. Euclid, 10(3), 527–535.
Jannah, S. R., & Putri, M. (2022). Etnomatematika tradisi endhog-endhogan di desa macanputih kecamatan kabat banyuwangi. Journal Edupedia, 6(1), 20-29.
Kamsurya, R. (2019). Desain Research: Penerapan Pendekatan PMRI Konsep Luas Permukaan dan Volum Kerucut untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 56. https://doi.org/10.30656/gauss.v2i1.1386
Kurniawan, H., & Sinaga, R. (2023). Representasi Etnisitas Terhadap Tradisi Mitoni (Masyarakat Jawa Di Daerah Simbarwaringin). Journal Harmony, 8(1), 1–6.
Manik, E. (2021). Ethnomathematics dan Pendidikan Matematika Realistik. Prosiding Webinar Ethnomathematics Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas HKBP Nommensen.
Marasabessy, R., Hasanah, A., & Juandi, D. (2021). Bangun Ruang Sisi Lengkung dan Permasalahannya dalam Pembelajaran Matematika. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 1–20. https://doi.org/10.46918/equals.v4i1.874
Mufidatunnisa, N., & Hidayati, N. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Pada Monumen Dan Museum Peta Di Kota Bogor. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(2), 311. https://doi.org/10.25157/teorema.v7i2.7231
Nurhalisa, T., Alghofiati, Z. A., & Fadiana, M. (2022). Etnomatematika pada masjid aschabul kahfi perut bumi Al Maghribi Tuban sebagai konsep geometri di sekolah dasar. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(2), 180. https://doi.org/10.33387/dpi.v11i2.5071
Nursyahidah, F., Saputro, B. A., & Albab, I. U. (2021). Desain Pembelajaran Kerucut Berkonteks Tradisi Megono Gunungan. Jurnal Elemen, 7(1), 19–28. https://doi.org/10.29408/jel.v7i1.2655
Purba, G. F., Rohana, A., Sianturi, F., Giawa, M., Manik, E., & Situmorang, A. S. (2022). Implementasi Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Pada Konsep Merdeka Belajar. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 04(01), 23–33. https://doi.org/10.36655/sepren.v4i1
Rahim, A. (2022). Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soalmateri Bangun Ruang Sisi Lengkung. Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.56630/jti.v4i1.206
Ratnawati, E. (2022). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Bernuansa Etnomatematika terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Materi Geometri Ruang pada Siswa Kelas IX. CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(01), 60–69. https://doi.org/10.28918/circle.v2i01.4207
Rini, H. R. P., Pramesti, A. I., & Kristanto, Y. D. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Makanan Tradisional pada Materi Volume Bangun Ruang Sisi Datar. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 16–24. http://eproceedings.umpwr.ac.id/index.php/sendika/article/view/2038
Santoso, K. B. (2020). Penerapan pendekatan kontekstual pada pembelajaran matematika. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 174–179. https://doi.org/10.20527/edumat.v8i1.9213
Sari, M. M., & Roesdiana, L. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Geometri 1. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(2), 209–214.
Suharya. (2021). Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran discovery learning pada materi volume bangun ruang sisi lengkung di smpn 8 kota bogor. Journal of Social Studies, Arts and Humanities (JSSAH), 01(01), 68–73.
Sumarsono, L. S. P., Shalihah, A., & Ummah, S. R. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Bangun Ruang Sisi Lengkung Berbasis Etnomatematika pada Jajanan Tradisional. MARISEKOLA: Jurnal Matematika Riset Edukasi Dan Kolaborasi, 3(1), 65–70. https://doi.org/10.53682/marisekola.v3i1.3902
Wantinem. (2022). Peningkatan hasil belajar bangun ruang sisi lengkung melalui pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI) pada siswa kelas ix e smpn 4 wates semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 2(10), 1436–1445.
Wulandari, Y., Rahmawati, A. E., Handriani, S. Z., Setyaningsih, A. A., Baidowi, A. L., & Darmadi, D. (2020). Penerapan Dan Pemahaman Siswa Smp Kelas Viii Terhadap Materi Pembelajaran Matematika Dalam Kehidupan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 4(1), 85–89. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.1819
Zulfah. (2018). Analisis kebutuhan pengembangan soal berbasis kearifan lokal. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–6.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Riset Pembelajaran Matematika
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.