DESAIN PEMBELAJARAN KERUCUT MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) BERKONTEKS TRADISI MITONI

Penulis

  • Indhi Asokawati Universitas PGRI Semarang
  • Lukman Harun Universitas PGRI Semarang
  • Farida Nursyahidah Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.55719/jrpm.v6i1.1072

Kata Kunci:

desain research, kerucut, tradisi, mitoni

Abstrak

Materi kerucut penting dikuasai siswa saat mempelajari materi bangun ruang sisi lengkung. Namun, materi kerucut masih sulit dipahami siswa. Maka dari itu, tujuan penelitian ini untuk menciptakan lintasan pembelajaran yang dapat membuat siswa paham akan konsep kerucut menggunakan konteks tradisi mitoni di kelas IX SMP. Dengan menggunakan metode design research, metode ini memiliki tiga tahap yaitu preliminary design, design experiment (pilot experiment dan teaching experiment), dan retrospective analysis. Penelitian ini dirancang dan dikembangkan menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Subjek penelitian terdiri dari 32 siswa kelas IX SMP Negeri 39 Semarang, yang dilaksanakan mulai bulan Agustus hingga September 2023. Penelitian ini menghasilkan suatu lintasan pembelajaran yang mencakup rangkaian proses pembelajaran dengan tiga kegiatan yaitu mengamati video tradisi mitoni untuk menemukan unsur-unsur kerucut; menemukan rumus luas permukaan kerucut; menentukan rumus volume kerucut; dan menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan kerucut. Kegiatan tersebut dilakukan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi kerucut. Hasil penelitian menunjukkan konteks tradisi mitoni mampu membantu siswa memahami konsep kerucut. Di samping itu, penelitian ini menghadirkan alternatif kearifan lokal yang dapat digunakan pada matematika, terlebih lagi pada materi kerucut.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agustini, W. A., & Fitriani, N. (2021). Analisis Kesulitan Siswa SMP PADA Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(1), 91–96. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.91-96

Akker, J. van Den, Gravemeijer, K., McKenney, S., & Nieveen, N. (2006). Educational Design Research. Routledge.

Arifin, Yusmin, E., & Hamdani. (2017). Analisis kesulitan belajar siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung di smp. Jurnal Pendiidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 1–13.

Asriyani, W. D., & Setyadi, D. (2023). Eksplorasi etnomatematika pada permainan tradisional daerah Kaliwungu. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 348–360. https://doi.org/10.33654/math.v9i2.2151

Dahlan, M., & Kurniasari, I. (2022). Identifikasi miskonsepsi siswa SMP pada materi bangun ruang sisi lengkung menggunakan three tier-test. MATHEdunesa, 11(2), 499–512. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n2.p499-512

Damayanti, P. A., & Qohar, A. (2019). Pengembangan media pembelajaran matematika interaktif berbasis powerpoint pada materi kerucut. Jurnal Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 119–124. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1294

Fitra, D. (2018). Penerapan pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI) dalam pembelajaran matematika. Journal of Research in Education Universitas Adiwangsa Jambi, 1(1), 1–7.

Gravemeijer, K., & Cobb, P. (2006). Design research from a learning design perspective.

Hendriawan, P., Faridah, S., Matematika, T., Maulana, U. I. N., Ibrahim, M., Jl, M., & No, G. (2022). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Bekles. 5(November), 149–158.

Ikhsan, R., Yuniar, N., Alfira, Abdillah, N., & Sari, D. N. (2023). Perubahan Hasil Belajar Siswa MTS Al Manar dengan Mengadopsi Realistis Matematic Education pada Materi Kerucut. Journal On Teacher Education, 4, 200–206.

Irfansyah, F., Adi, M., & Siregar, P. (2023). Eksplorasi etnomatematika museum deli serdang. Euclid, 10(3), 527–535.

Jannah, S. R., & Putri, M. (2022). Etnomatematika tradisi endhog-endhogan di desa macanputih kecamatan kabat banyuwangi. Journal Edupedia, 6(1), 20-29.

Kamsurya, R. (2019). Desain Research: Penerapan Pendekatan PMRI Konsep Luas Permukaan dan Volum Kerucut untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 56. https://doi.org/10.30656/gauss.v2i1.1386

Kurniawan, H., & Sinaga, R. (2023). Representasi Etnisitas Terhadap Tradisi Mitoni (Masyarakat Jawa Di Daerah Simbarwaringin). Journal Harmony, 8(1), 1–6.

Manik, E. (2021). Ethnomathematics dan Pendidikan Matematika Realistik. Prosiding Webinar Ethnomathematics Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas HKBP Nommensen.

Marasabessy, R., Hasanah, A., & Juandi, D. (2021). Bangun Ruang Sisi Lengkung dan Permasalahannya dalam Pembelajaran Matematika. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 1–20. https://doi.org/10.46918/equals.v4i1.874

Mufidatunnisa, N., & Hidayati, N. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Pada Monumen Dan Museum Peta Di Kota Bogor. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(2), 311. https://doi.org/10.25157/teorema.v7i2.7231

Nurhalisa, T., Alghofiati, Z. A., & Fadiana, M. (2022). Etnomatematika pada masjid aschabul kahfi perut bumi Al Maghribi Tuban sebagai konsep geometri di sekolah dasar. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(2), 180. https://doi.org/10.33387/dpi.v11i2.5071

Nursyahidah, F., Saputro, B. A., & Albab, I. U. (2021). Desain Pembelajaran Kerucut Berkonteks Tradisi Megono Gunungan. Jurnal Elemen, 7(1), 19–28. https://doi.org/10.29408/jel.v7i1.2655

Purba, G. F., Rohana, A., Sianturi, F., Giawa, M., Manik, E., & Situmorang, A. S. (2022). Implementasi Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Pada Konsep Merdeka Belajar. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 04(01), 23–33. https://doi.org/10.36655/sepren.v4i1

Rahim, A. (2022). Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soalmateri Bangun Ruang Sisi Lengkung. Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.56630/jti.v4i1.206

Ratnawati, E. (2022). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Bernuansa Etnomatematika terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Materi Geometri Ruang pada Siswa Kelas IX. CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(01), 60–69. https://doi.org/10.28918/circle.v2i01.4207

Rini, H. R. P., Pramesti, A. I., & Kristanto, Y. D. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Makanan Tradisional pada Materi Volume Bangun Ruang Sisi Datar. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 16–24. http://eproceedings.umpwr.ac.id/index.php/sendika/article/view/2038

Santoso, K. B. (2020). Penerapan pendekatan kontekstual pada pembelajaran matematika. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 174–179. https://doi.org/10.20527/edumat.v8i1.9213

Sari, M. M., & Roesdiana, L. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Geometri 1. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(2), 209–214.

Suharya. (2021). Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran discovery learning pada materi volume bangun ruang sisi lengkung di smpn 8 kota bogor. Journal of Social Studies, Arts and Humanities (JSSAH), 01(01), 68–73.

Sumarsono, L. S. P., Shalihah, A., & Ummah, S. R. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Bangun Ruang Sisi Lengkung Berbasis Etnomatematika pada Jajanan Tradisional. MARISEKOLA: Jurnal Matematika Riset Edukasi Dan Kolaborasi, 3(1), 65–70. https://doi.org/10.53682/marisekola.v3i1.3902

Wantinem. (2022). Peningkatan hasil belajar bangun ruang sisi lengkung melalui pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI) pada siswa kelas ix e smpn 4 wates semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 2(10), 1436–1445.

Wulandari, Y., Rahmawati, A. E., Handriani, S. Z., Setyaningsih, A. A., Baidowi, A. L., & Darmadi, D. (2020). Penerapan Dan Pemahaman Siswa Smp Kelas Viii Terhadap Materi Pembelajaran Matematika Dalam Kehidupan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 4(1), 85–89. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.1819

Zulfah. (2018). Analisis kebutuhan pengembangan soal berbasis kearifan lokal. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–6.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-24

Cara Mengutip

Asokawati, I., Harun, L. dan Nursyahidah, F. (2024) “DESAIN PEMBELAJARAN KERUCUT MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) BERKONTEKS TRADISI MITONI”, Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 6(1), hlm. 21–30. doi: 10.55719/jrpm.v6i1.1072.

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama