Pengembangan Instrumen Tes pada Materi Polinomial untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Reflektif Matematis Siswa MA
DOI:
https://doi.org/10.55719/jrpm.v6i2.1219Kata Kunci:
Model ADDIE, Instrument Tes, Polinomial, Berfikir ReflektifAbstrak
Model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) bertujuan untuk membuat instrumen tes materi polinomial yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa Madrasah Aliyah (MA). Pengembangan dimulai dengan tahap analisis untuk menentukan kebutuhan dan tujuan pembelajaran. Pada tahap desain, Protoype-1 dibuat yang mencakup berbagai aspek penilaian. Protoype-1 diuji pada 30 siswa kelas XI MIPA pada tahap implementasi. Hasil analisis reliabilitas instrumen menunjukkan koefisien 0,47 yang cukup untuk tahap awal pengembangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa instrument tes yang dibuat dapat membedakan siswa yang memiliki tingkat kemampuan berpikir reflektif matematis yang berbeda-beda. Soal-soal memiliki tingkat kesulitan sedang dari 1 sampai 5, yang memastikan bahwa soal-soal tersebut tidak terlalu mudah atau terlalu sulit bagi siswa. Selain itu, daya pembeda dari lima soal yang diujikan memiliki tingkat yang baik, yang menunjukkan bahwa soal-soal tersebut efektif dalam membedakan antara siswa yang memiliki Tingkat. Hasil penelitian menunjukkan instrument tes yang dibuat dapat digunakan sebagai alat ukur yang valid dan dapat diandalkan untuk menilai kemampuan berpikir reflektif matematis siswa MA. Oleh karena itu instrument ini diharapkan dapat membantu guru dalam mengembangkan dan mengembangkan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa secara lebih efektif.
Unduhan
Referensi
Alzanatul Umam, M., & Zulkarnaen, R. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 303–312. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1993
Anggraini, A., & Muntazhimah, M. (2021). PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA MADRASAH ALIYAH. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2465. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4223
Arikunto, S. J. C. (2004). Evaluasi program pendidikan : Pedoman teoritis praktis bagi praktisi pendidikan. Bumi Aksara.
Badri, Y., Nindiasari, H., Fatah, A., Pendidikan, M., Pascasarjana, M., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2019). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF DENGAN SCAFFOLDING METAKOGNITIF UNTUK KEMAMPUAN DAN DISPOSISI BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA (Vol. 12, Issue 1).
Bagiyono. (2017). Analisis Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda Butir Soal Ujian Pelatihan Radiografi Tingkat 1. Widyanuklida, 16(1), 1–12.
Fuady, A. (2016). BERFIKIR REFLEKTIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 104–112.
H Retnawati. (2017). Validitas Reliabilitas & Karakteristik Butir: Panduan untuk Peneliti, Mahasiswa, dan Psikometrian (Cet.2). Parama Publishing.
Junaedi, Y., Maryam, S., & Lutfi, M. K. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa SMP Pada Pembelajaran Daring. Journal of Mathematics Education and Learning, 2(1), 49. https://doi.org/10.19184/jomeal.v2i1.30228
Kusnadi, F., Yong, B., Kristiani, F., Sugiarto, I., & Owen, L. (2022). Peningkatan Minat Pembelajaran Matematika Pada Siswa SMA Trinitas Bandung Selama Era Pandemi COVID-19 (Vol. 6, Issue 1). http://ejournal.urindo.ac.id/index.php/PAMAS
Muntazhimah. (2019). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis siswa Kelas 8 SMP. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(5), 237–242.
Nindiasari, H., Sultan, U., Tirtayasa, A., Kusumah, Y., Sumarmo, U., & Sabandar, J. (2014). PENDEKATAN METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA SMA. In Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran (Vol. 1, Issue 1).
Novikasari, I. (2016). Uji Validitas Instrumen.
Nur Aini, S., Siska Pramasdyahsari, A., Dwi Setyawati, R., Matematika, P., Ilmu Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi, F., PGRI Semarang, U., Sidodadi Timur, J., Timur, S., & Tengah, J. (2023). Pengembangan Instrumen Tes Berpikir Kritis Matematis Berbasis PjBL STEM Menggunakan Pendekatan Etnomatematika. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.2408
Phan, H. P. (2006). Examination of student learning approaches, reflective thinking, and epistemological beliefs: A latent variables approach. In Phan Electronic Journal of Research in Educational Psychology (Vol. 4, Issue 10).
Prabowo, A., Kusdinar, U., & Rahmawati, U. (2018). Pelatihan Pengembangan Instrumen Tes Mata Pelajaran Matematika SMP. International Journal of Community Service Learning, 2(3), 141–148. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJCSL
Putra, A. P. O., & Hakim, D. L. (2023). Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis dalam Menyelesaikan Soal Barisan dan Deret. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 131–140. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4140
Qirom Muhamad Syahidul;, Sridana Nyoma, & Prayitno Sudi. (2021). PENGEMBANGAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS MATEMATIKA LINGKUP MATERI UJIAN NASIONAL SMP/MTS DI SMPN 1 MATARAM TAHUN AJARAN 2019/2020. Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia, 3(1).
Riswandha, S. H., & Sumardi, S. (2020). Komunikasi Matematika, Persepsi Pada Mata Pelajaran Matematika, Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 84–93. https://doi.org/10.26486/jm.v4i2.1208
Senjayawati, E., & Kadarisma, G. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Desain Didaktis Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa Sma (Development Of Didactical Design Materials To Improve High School Students Math Reflective Thinking Ability) (Vol. 5, Issue 2).
Son, A. L. (2019). Instrumentasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis: Analisis Reliabilitas, Validitas, Tingkat Kesukaran Dan Daya Beda Butir Soal. Gema Wiralodra, 10(1), 41–52.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. ALFABETA.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Riset Pembelajaran Matematika
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.