PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN INQUIRI BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA

Penulis

  • Novita Febriati Novi
  • Edy Widayat
  • Suharti Kadar

DOI:

https://doi.org/10.55719/jrpm.v2i2.158

Kata Kunci:

PBL, IBL, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiri Based Learning terhadap motivasi belajar siswa. 2). Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiri Based Learning terhadap hasil belajar siswa. 3). Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiri Based Learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest non-equivalent comparison-group design. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar angket motivasi belajar siswa dan lembar tes hasil belajar siswa. Uji yang dilakukan adalah uji one way MANOVA. Hasil dari penelitian diperoleh ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiri Based Learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdurrozak, R., & Jayadinata, A. K. (2016). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 871–880.

Handoyono, N. A., & Zainal Arifin. (2016). PENGARUH INQUIRY LEARNING DAN PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PKKR DITINJAU DARI THE EFFECT OF INQUIRY LEARNING AND PROBLEM-BASED LEARNING ON THE LEARNING OUTCOMES OF REPAIRING AUTOMOTIVE ELECTRICAL SYSTEM IN. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 31–42.

Juniati, N. W., & Widiana, I. W. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol.1, 1(1), 20–29.

Kodariyati, L., & Astuti, B. (2016). PENGARUH MODEL PBL TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS V SD Laila. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 93–106.

Kusdiwelirawan, A., Hartini, T. I., & Rif, A. (2015). Perbandingan Peningkatan Keterampilan Generik Sains Antara Model Inquiry Based Learning dengan Model Problem Based Learning. Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika, 1(2), 19–23.

Magdalena, O., Mulyani, S., & Vh, S. (2014). PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN INQUIRY TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DITINJAU DARI KREATIVITAS VERBAL PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA KELAS X SMAN 1 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014. Pendidikan Kimia (JPK), 3(4), 162–169.

Muhamad Farhan 1), H. R. 2). (2014). Keefektifan PBL dan IBL Ditinjau dari Prestasi Belajar, ... ( Muhamad Farhan, Heri Retnawati ) - 227. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, Volume, 1(November 2014), 227–240.

Munadi, S. (2015). PELAJARAN PEMOGRAMAN DASAR MENGGUNAKAN MODUL IMPROVING MOTIVATION AND LEARNING OUTCOMES IN BASIC PROGRAMMING USING MODULES IN SMKN 2 SUMBAWA. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 5, Nom(1), 365–376.

Sulfemi, W. B. (2018). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MIND MAPPING BERBANTU AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN MINAT ,. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, Volum 4 No, 13–19.

Supanti, S., & Rusmawati, D. I. (2020). 2585 PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA MATERI LARUTAN ASAM-BASA DAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN IBL BERPENDEKATAN SETS Sri Supanti * dan Diah Ika Rusmawati. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 14(2), 2585–2594.

Ulfah, K. R., Santoso, A., Utaya, S., Dasar, P., & Malang, P. N. (2016). Hubungan motivasi dengan hasil belajar ips. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, Volume: 1, 1607–1611.

Unduhan

Diterbitkan

2020-10-30

Cara Mengutip

Febriati, N., Widayat, E. dan Kadar, S. (2020) “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN INQUIRI BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA”, Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 2(2), hlm. 37–46. doi: 10.55719/jrpm.v2i2.158.

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama