PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THE LEARNING CELL TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 TORGAMBA
DOI:
https://doi.org/10.55719/jrpm.v2i2.165Kata Kunci:
Model Pembelajaran the learning cell, kemampuan komunikasi matematisAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran the learning cell terhadap kemampuan komunikasi matematis siswakelas VIII SMP Negeri 6 Torgamba. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 160 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-A dan VIII-B masing-masing berjumlah 32 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu cluster random sampling, yaitu pengambilan anggota sampel dari populasi yang dilakukan dengan merandom kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai sig pada analisi regresi adalah sebesar 0,000. Nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Adapun keputusannya adalah terdapat pengaruh model pembelajaran the learning cell terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Torgamba. Adapun pengaruh model pembelajaran the learning cell terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Torgamba adalah sebesar 72,1%.
Unduhan
Referensi
Julyanti, E. (2015). Upaya Meningkatkan Pemahaman Hasil Pembelajaran Siswa Di Kelas VII MTs Nur-Ibrahimy Melalui Strategi Pembelajaran Discovery LearningTahun Pelajaran 2014/2015. SIGMA, 6-10.
Lestari, K. d. (2018). Penelitian Pendidikan matematika. Karawang: PT rafika aditama.
Purwanto. (2017). Evaluasi hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
zarkasyi. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. bandung: PT Rafika Aditama.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.