Perbedaan kemampuan Komunikasi Matematika Siswa dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Ekspositori dan Inkuiri Pada teorema Phytagoras di MTs. Muallimin Aek Raso Tahun Pelajaran 2019/2020.

Penulis

  • Ari Asnah Hastuti Siregar universitas Labuhanbatu
  • Eva Julyanti

DOI:

https://doi.org/10.55719/jrpm.v2i2.166

Kata Kunci:

komunikasi Matematika,perbedaan Ekspositori dan Inkuiri.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidak Perbedaan kemampuan Komunikasi Matematika Siswa dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Ekspositori dan Inkuiri Pada teorema Phytagoras di MTs. Muallimin Aek Raso Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi    pada    penelitian    ini    adalah    Seluruh siswa  kelas   VIII MTs Muallimin Aek Raso yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VIII1 dan VIII 2. Adapun   sampel   dalam   penelitihan   ini adalah   dengan menggunakan  cluster random sampling, diambil 2 kelas yaitu kelas VIII1  dengan jumlah siswa 20 dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori dan  untuk  kelas VIII2  terdiri  dari  20  siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri.Instrument dalam penelitian ini terdiri dari tes uraian yang banyak nya 10 soal yang terlebih dulu diujicobakan ke kelas lain yang tujuannya untuk melihat kualitas tes berupa Validitas,realibilitas dan tingkat kesukaran soal.Dari analisis data diperoleh rata-rata Hitung 84,15 dengan standar deviasi sebesar 7,7 pada kelas VIII1 sedangkan rata-rata Hitung  75,45  dengan standar deviasi sebesar 6,5 pada kelas VIII2.Dari Uji Hipotesis Menggunakan Uji Anova pada Taraf 5% didapat thitung­ 1,75 dan t tabel­ 0,444 Ho ditolak dan Ha diterima.Dengan demikian kesimpulan bahwa terdapat Perbedaan kemampuan Komunikasi Matematika Siswa dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Ekspositori dan Inkuiri Pada teorema Phytagoras di MTs. Muallimin Aek Raso Tahun Pelajaran 2019/2020

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

amien. (2012). dengan pengajaran inkuiri peserta didik dapat mengembangkan semua kemampuannya . skripsi umfu , 100.

Julyanti. (2018). STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE UNTUKMENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI SISWA VIII SMP.

rusfendi. (2010). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang non Ekstra. Tarsinto , 173.

Zulfiani dan Erlina Sofiani (2011): “Pengaruh model inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap hasil belajar fisika siswa pada konsep listrik dinamis”. (diakses pada tanggal 28 mei 2017).

Moh Uzerdan lilis Sulistyawati dalam buku upaya optimalisasi belajar mengajar (2010) mengatakan bahwa keberhasilan proses belajat mengajar berhasil apabila setiap guru memiliki pandangan masing-masing.

Unduhan

Diterbitkan

2020-10-30

Cara Mengutip

Hastuti Siregar, A. A. dan Julyanti, E. (2020) “Perbedaan kemampuan Komunikasi Matematika Siswa dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Ekspositori dan Inkuiri Pada teorema Phytagoras di MTs. Muallimin Aek Raso Tahun Pelajaran 2019/2020”., Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 2(2), hlm. 75–78. doi: 10.55719/jrpm.v2i2.166.

Terbitan

Bagian

Articles