EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA BATIK GEDOG

Penulis

  • Lia Listiana Wati Universitas PGRI Ronggolawe
  • Afdiyatul Mutamainah Universitas PGRI Ronggolawe
  • Lilis Setianingsih Universitas PGRI Ronggolawe
  • Mu'jizatin Fadiana Universitas PGRI Ronggolawe

DOI:

https://doi.org/10.55719/jrpm.v3i1.259

Kata Kunci:

Batik Gedog, Etnomatematika, Geometri

Abstrak

Etnomatematika adalah studi yang berisi tentang ide-ide matematika dari masyarakat tradisional yang diterapkan pada masyarakat tertentu yang dipraktikkan oleh kelompok budaya. Salah satu budaya yang ada di kabupaten Tuban adalah batik Gedog. Etnomatematika batik Gedog adalah penelitian yang mengkaji penerapan konsep matematika pada batik Gedog. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji bagaimana konsep-konsep matematika dari motif batik Gedog. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksplorasi dengan pendekatan etnografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif batik Gedog mengandung unsur-unsur matematis, diantarnya adalah konsep-konsep simetri, transformasi (refleksi, translasi, rotasi) dan kesebangunan. Dengan mengetahui unsur-unsur matematis batik Gedog, diharapkan dapat membantu memahami konsep matematika berdasarkan masalah kontekstual yang muncul dalam budaya batik Gedog

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

D’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics. For the learning of Mathematics, 5(1), 44-48.
Farida, Y., Susanto, S., & Setiawan, T. B. (2020). Etnomatematika Pada Pembuatan Batik Di Perusahaan Tatsaka Cluring Banyuwangi Sebagai Lembar Kerja Siswa. KadikmA. https://doi.org/10.19184/kdma.v11i1.17946
Gerdes, P. (1994). Reflection on ethnomatematics. For the Learning of Mathematics, 14(2), 19-21.
Nurhasanah, F., Kusumah, Y. S., & Sabandar, J. (2017). Concept of Triangle: Examples of Mathematical Abstraction in Two Different Contexts. International Journal on Emerging Mathematics Education. https://doi.org/10.12928/ijeme.v1i1.5782
Prahmana, R. C. I. (2017). Design Research (Teori dan Implementasinya: Suatu Pengantar). Jakarta: Rajawali Pers.
Prahmana, R. C. I., Zulkardi, & Hartono, Y. (2012). Learning multiplication using Indonesian traditional game in third grade. Journal on Mathematics Education. https://doi.org/10.22342/jme.3.2.1931.115-132
Sembiring, R. K. (2010). Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI): Perkembangan dan tantangannya. Journal on Mathematics Education. https://doi.org/10.22342/jme.1.1.791.11-16
Setiawan, T. B., Wahyu, S., & Sunardi, S. (2018). Etnomatematika Pada Pura Mandara Giri Semeru Agung Sebagai Bahan Pembelajaran Matematika. KadikmA.
W, G. (2002). Metode Penelitian. In Journal of Materials Processing Technology.
Yudianto, E., Ambarwati, R., Safrida, L. N., Setiawan, T. B., & Cahyani, I. A. (2020). Etnomathematics on equipment of Kebo-Keboan Alas malang traditional ceremony. International Journal of Scientific and Technology Research.

Unduhan

Diterbitkan

2021-04-27

Cara Mengutip

Wati, L. L. (2021) “EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA BATIK GEDOG”, Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 3(1), hlm. 27–34. doi: 10.55719/jrpm.v3i1.259.

Terbitan

Bagian

Articles