EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA BATIK GEDOG
DOI:
https://doi.org/10.55719/jrpm.v3i1.259Kata Kunci:
Batik Gedog, Etnomatematika, GeometriAbstrak
Etnomatematika adalah studi yang berisi tentang ide-ide matematika dari masyarakat tradisional yang diterapkan pada masyarakat tertentu yang dipraktikkan oleh kelompok budaya. Salah satu budaya yang ada di kabupaten Tuban adalah batik Gedog. Etnomatematika batik Gedog adalah penelitian yang mengkaji penerapan konsep matematika pada batik Gedog. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji bagaimana konsep-konsep matematika dari motif batik Gedog. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksplorasi dengan pendekatan etnografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif batik Gedog mengandung unsur-unsur matematis, diantarnya adalah konsep-konsep simetri, transformasi (refleksi, translasi, rotasi) dan kesebangunan. Dengan mengetahui unsur-unsur matematis batik Gedog, diharapkan dapat membantu memahami konsep matematika berdasarkan masalah kontekstual yang muncul dalam budaya batik Gedog
Unduhan
Referensi
Farida, Y., Susanto, S., & Setiawan, T. B. (2020). Etnomatematika Pada Pembuatan Batik Di Perusahaan Tatsaka Cluring Banyuwangi Sebagai Lembar Kerja Siswa. KadikmA. https://doi.org/10.19184/kdma.v11i1.17946
Gerdes, P. (1994). Reflection on ethnomatematics. For the Learning of Mathematics, 14(2), 19-21.
Nurhasanah, F., Kusumah, Y. S., & Sabandar, J. (2017). Concept of Triangle: Examples of Mathematical Abstraction in Two Different Contexts. International Journal on Emerging Mathematics Education. https://doi.org/10.12928/ijeme.v1i1.5782
Prahmana, R. C. I. (2017). Design Research (Teori dan Implementasinya: Suatu Pengantar). Jakarta: Rajawali Pers.
Prahmana, R. C. I., Zulkardi, & Hartono, Y. (2012). Learning multiplication using Indonesian traditional game in third grade. Journal on Mathematics Education. https://doi.org/10.22342/jme.3.2.1931.115-132
Sembiring, R. K. (2010). Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI): Perkembangan dan tantangannya. Journal on Mathematics Education. https://doi.org/10.22342/jme.1.1.791.11-16
Setiawan, T. B., Wahyu, S., & Sunardi, S. (2018). Etnomatematika Pada Pura Mandara Giri Semeru Agung Sebagai Bahan Pembelajaran Matematika. KadikmA.
W, G. (2002). Metode Penelitian. In Journal of Materials Processing Technology.
Yudianto, E., Ambarwati, R., Safrida, L. N., Setiawan, T. B., & Cahyani, I. A. (2020). Etnomathematics on equipment of Kebo-Keboan Alas malang traditional ceremony. International Journal of Scientific and Technology Research.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.