PROFIL BERPIKIR ALJABAR SISWA SMP KELAS VII DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS
DOI:
https://doi.org/10.55719/jrpm.v3i1.260Kata Kunci:
berpikir aljabar, kemampuan berpikir logisAbstrak
Kemampuan berpikir aljabar pada siswa penting untuk ditingkatkan dalam pembelajaran matematika. Aljabar juga berhubungan erat dengan cabang ilmu matematika yang lainnya. Dikarenakan setiap cabang ilmu matematika menggunakan simbol-simbol matematika. Sehingga dapat dikatakan bahwa aljabar sebagai salah satu kunci keberhasilan dalam pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir aljabar pada siswa SMP Kelas VII ditinjau dari kemampuan berpikir logis. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bersifat kualitatif. Subjek pada penelitian ini terdiri dari 3 siswa SMP Kelas VII yang masing-masing menduduki tahap operasional abstrak, tahap transisional serta tahap operasional konkret yang ditentukan melalui tes kemampuan berpikir logis (TKBL). Setelah ditemukan subjek yang sesuai dengan tahap kemampuan berpikir logis, subjek diberikan tes berpikir aljabar (TBA). Pengumupulan data menggunakan soal tes tertulis serta wawancara. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa subjek tahap operasional abstrak baik dalam kemampuan berpikir aljabar, subjek tahap transisional cukup dalam kemampuan berpikir aljabar dan subjek tahap operasional konkret kurang dalam kemampuan berpikir aljabar.
Unduhan
Referensi
Fadiana, M., Amin, S. M., Lukito, A., Wardhono, A., & Aishah, S. (2019). Assessment of seventh grade students’ capacity of logical thinking. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. https://doi.org/10.15294/jpii.v0i0.11644
Fadiana, Mu’jizatin. (2016). Perbedaan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita antara Siswa Bergaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education). https://doi.org/10.23917/jramathedu.v1i1.1775
Fadiana, Mu’jizatin, & Citra Dewi Rosalina. (2020). Peningkatan Rasa Percaya Diri Siswa Tunagrahita Melalui Pembelajaran Terintegrasi Semiotik Dengan Media Buku Pop Up. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i2.3940
Fadiana, M. (2015). Math Learning Model that Accommodates Cognitive Style to Build Problem-Solving Skills. Higher Education Studies. https://doi.org/10.5539/hes.v5n4p86
Kincal, R. Y., & Yazgan, A. D. (2010). Investigating the Formal Operational Thinking Skills of 7th and 8th Grade Primary School Students According to Some Variables. Ilkogretim Online.
Lian, L. H., & Yew, W. T. (2011). Developing Pre-algebraic Thinking in Generalizing Repeating Pattern Using SOLO Model. US-China Education Review, 6, 774–780.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Third Edition. In The SAGE Handbook of Applied Social Research Methods.
Pratiwi, V., Nurketi, N., & Putri, F. C. (2020). Pengembangan Motion Comic Berbasis Kearifan Lokal dalam Berpikir Aljabar di Sekolah Dasar. VYGOTSKY. https://doi.org/10.30736/vj.v2i1.183
Setyawati, R. D., Nurbaiti, I., & Ariyanto, L. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa Kelas VIII Ditinjau Dari Self Efficacy. JIPMat. https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i1.5517
Utami, R. E., Ekawati, C., & Handayanto, A. (2020). Profil Kemampuan Berpikir Aljabar Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif Siswa Smp. JIPMat. https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i1.5502
Warsitasari, W. D. (2015). Berpikir Aljabar Dalam Pemecahan Masalah Matematika. APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31597/ja.v1i1.161
Yanti, R. A. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa Berdasarkan Miskonsepsi. Optimalisasi Literasi Matematis Dalam Sudut Pandang Saintifik.
Zaelani, K. M., Warmi, A., & Ruli, R. M. (2019). Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar Berbasis TIMSS. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.