PENGEMBANGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIK MENGGUNAKAN MOODLE DENGAN DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING

Penulis

  • Evi Widianingrum UNIVERSITAS MURIA KUDUS
  • Jayanti Putri Purwaningrum Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.55719/jrpm.v3i2.309

Kata Kunci:

kemampuan pemahaman matematik, moodle, discovery learning

Abstrak

Kajian ini dilatar belakangi oleh kemampuan pemahaman matematik belajar (understanding) siswa yang masih rendah, baik siswa Sekolah Menengah Pertama. Kemampuan pemahaman matematik (understanding) dalam pembelajaran daring perlu dikembangkan bagi siswa agar mampu memahami penjelasan materi matematika. Pada pembelajaran daring siswa banyak yang merasa kesulitan dalam pelaksanaan pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut pembelajaran daring dengan kemampuan pemahaman matematik diperlukan juga media dan model pembelajaran yang tepat dalam proses belajar pembelajaran agar lebih efektif. Alternatif media pembelajaran yang digunakan yaitu media berbasis moodle.  Dengan media berbasis moodle siswa akan lebih mudah dalam proses belajar. Secara online, pembelajaran matematika dapat diakses dimanapun sehingga bersifat efektif dan fleksibel.  Sedangkan, model pembelajaran yang diterapkan yaitu model pembelajaran discovery learning. Melalui model pembelajaran discovery learning siswa akan lebih aktif dalam proses belajarnya. Hal ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman matematik siswa dalam pembelajaran daring akan lebih baik jika menggunakan media berbasis moodle dan dengan model pembelajaran discovery learning.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Aripin, U. (2015). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa Smp Melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah. P2M STKIP Siliwangi, 2(1), 120. https://doi.org/10.22460/p2m.v2i1p120-127.171

Costa, W. F., Santana, F. S., Veiga, A. K., & Saraiva, A. M. (2012). Object Based Image Analysis Techniques Applied To Species Distribution Modelling. 191–194. http://isei2012.pcs.usp.br/?q=node/18

Handayanto, A., Supandi, R., & Ariyanto, L. (2015). Pembelajaran E-Learning Menggunakan Moodle Pada Matakuliah Metode Numerik. Jurnal Infomatika UPGRIS, 1, 42–48. http://journal.upgris.ac.id/index.php/JIU/article/view/808

Harahap, S. H. (2015). Pemanfaatan E-Learning Berbasis Lcms Moodle Sebagai Media Pembelajaran Untuk Mata Kuliah Sistem Informasi Akuntansi. JURNAl RISET AKUNTANSI DAN BISNIS, 15(1), 14.

Hutauruk, A., & Sidabutar, R. (2020). Kendala pembelajaran daring selama masa pandemi di kalangan mahasiswa pendidikan matematika: Kajian kualiatatif deskriptif. Journal of Mathematics Education and Applied, 02(01), 45–51. https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/sepren/article/view/364

Kumi. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Di Kutacane. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85.

Marasabessy, R., Hasanah, A., & Juandi, D. (2021). Bangun Ruang Sisi Lengkung dan Permasalahannya dalam Pembelajaran Matematika. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 1–20. https://doi.org/10.46918/equals.v4i1.874

Marsa, A. R., & Yunita, R. (2019). Website Media Pembelajaran Matematika Berbasis Moodle Platform (Studi Kasus : D3 Teknik Komputer STTP). JOISIE (Journal Of Information Systems And Informatics Engineering), 3(1), 1–9. http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/JOISIE/article/view/332/375
Nasional, U. S. P. (1982). Introduction and Aim of the Study. Acta Pædiatrica, 71, 6–6. https://doi.org/10.1111/j.1651-2227.1982.tb08455.x

Omoniyi Israel, O., & Peter Olubunmi, O. (2014). An Appraisal of Sciences and Mathematics Dyslexia and Dyscalculia Syndrome among Secondary Schools Students. American Journal of Educational Research, 2(4), 219–224. https://doi.org/10.12691/education-2-4-7

Pratiwi, I. R., & Silalahi, P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Model Blended Learning Berbasis Moodle. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 206. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3240

Puspitasari, Y., & Nurhayati, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 7(1), 93–108. https://doi.org/10.47668/pkwu.v7i1.20

Putra, H. D., Setiawan, H., Nurdianti, D., Retta, I., & Desi, A. (2018). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Smp Di Bandung Barat. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2981

Ramadhanti, E., & Marlina, R. (2019). Pembelajaran Realistic Mathematics Education ( Rme ) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2017, 876–882. http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika

Rhomdani, R. W. (2016). Pengembangan virtual class matematika berbasis web menggunakan moodle dan wordpress di universitas muhammadiyah jember. Gammath: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 1(1), 1–13. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/JPM/article/view/130/240

Sains, J. P., & Volume, T. (2020). EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan Sains dan Teknologi VOLUME 7 No. 1 Mei 2020 ISSN: 1858-005X. 7(1), 20–28.

Setyaningrum, V. F., Hendikawati, P., & Nugroho, S. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Kerja Sama Siswa Kelas X Melalui Model Discovery Learning. Prisma, 1, 810–813.

Widyaningsih, S. W., & Unyu, K. (n.d.). Problem solving based HOTS to improve learning achievement through students’ character building.

Wijayanto, A. D., Fajriah, S. N., & Anita, I. W. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 97–104. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.36

Wildaniati, Y. (2015). Pembelajaran matematika operasi hitung bilangan bulat dengan alat peraga. Elementary, I, 33–40.

Unduhan

Diterbitkan

2021-10-30

Cara Mengutip

Widianingrum, E. dan Purwaningrum, J. P. (2021) “PENGEMBANGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIK MENGGUNAKAN MOODLE DENGAN DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING”, Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 3(2), hlm. 67–74. doi: 10.55719/jrpm.v3i2.309.

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama