PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA MENGGUNAKAN MAKANAN TRADISIONAL WAJIK SEBAGAI BAHAN AJAR MATEMATIKA PADA MATERI SEGI EMPAT DAN SEGITIGA
DOI:
https://doi.org/10.55719/jrpm.v6i1.834Kata Kunci:
Wajik, Etnomatematika, Bahan Ajar, MatematikaAbstrak
Wajik di Tuban biasanya digunakan pada acara mantenan. Adanya makanan tradisional wajik membuat peneliti berinisiatif untuk merancang suatu pembelajaran yang memasukkan unsur budaya ke dalam pembelajaran matematika. Adanya bahan ajar berbasis etnomatematika selain memudahkan siswa dalam memahami materi yang diajarkan diharapkan juga akan membuat siswa lebih mengenal budaya yang dimiliki. Adapun tujuan dari penelitian yang dilakukan yaitu mengembangan LKPD dengan pendekatan etnomatematika menggunakan makanan tradisional wajik untuk pembelajaran matematika kelas VII SMP pada materi segi empat dan segitiga yang layak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Development Research (DR) dengan model penelitian Tessmer yang terdiri dari dua tahapan yaitu preliminary dan formative evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Bancar dengan uji coba 2 orang pada tahap one to one, 6 orang pada tahap small group, dan 32 siswa pada tahap field test. Kevalidan diperoleh dari hasil validasi ahli yaitu 85%, kepraktisan diperoleh dari hasil respon siswa yaitu 93%, dan keefektifan diperoleh dari hasil evaluasi siswa yaitu 92%. Berdasarkan persentase yang diperoleh maka LKPD yang dikembangkan terjamin kelayakannya.
Unduhan
Referensi
Agustina, N. (2020). Pengembangan STUDY WORKSHEET Dengan Pendekatan Scaffolding Untuk Mengurangi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak Di Kelas X Sman 1 Rambatan. Institut Agama Islam Negeri Batusangkar.Skripsi. Batusangkar: IAIN Batusangkar
Agustina, N. (2020). Pengembangan LKPD Dengan Pendekatan Scaffolding Untuk Mengurangi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak Di Kelas X Sman 1 Rambatan. Institut Agama Islam Negeri Batusangkar.Skripsi. Batusangkar: IAIN Batusangkar
As’ari, A. R., Tohir, M., Valentino, E., Imron, Z., & Taufiq. (2017). Buku Guru Matematika SMP/MTs KelasVII (4th ed.). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Brandt, A., & Chernoff, E. J. (2015). The Importance of Ethnomathematics in the Math Class. Ohio Journal of School Mathematics, 71(71), 31–36.
Choeriyah, L., Nusantara, T., Qohar, A., & Subanji. (2020). Studi etnomatematika pada makanan tradisional Cilacap. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(2), 210–218.
Disnawati, H., & Nahak, S. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Etnomatematika Tenun Timor pada Materi Pola Bilangan. Jurnal Elemen, 5(1), 64. https://doi.org/10.29408/jel.v5i1.1022
Fajriyah, E. (2018). Peran Etnomatematika Terkait Konsep Matematika dalam Mendukung Literasi. PRISMA:Prosiding Seminar Nasioanal Indonesia,1,6.
Febrianti, N. F. (2021). Eksplorasi Geometri Pada Jajanan Tradisional Di Lamongan Sebagai Implementasi Etnomatematika Di Sekolah Dasar. JPGSD., 09(1), 1530–1541.
Febriyanti, D. A., & Ain, S. Q. (2021). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Etnomatematika Pada Materi Bangun Datar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1409–1417. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.933
Haryonik, Y., Bhakti, Y. B., & Universitas Indraprasta PGRI Jakarta. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa Dengan Pendekatan Matematika Realistik. MaPan, 6(1), 40–55. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n1a5
Huda, N. T. (2018). Etnomatematika Pada Bentuk Jajanan Pasar di Daerah Istimewa Yogyakarta. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 217. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.870
Khomsiatun, S., & Retnawati, H. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 92. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i1.7153
Kosasih, E. (2020). Pengembangan Bahan Ajar (1st ed.). Bandung: Bumi Aksara.
Laraswati. (2020). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Pada Materi Jamur Untuk Siswa Kelas X Sma/Ma. Skripsi. Jambi: Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin.
Majid, R. A. (2019). Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. Sesiomadika: Prosiding Seminar Nasional dan Pendidikan Matematika, 12.
Malalina, M., & Kesumawati, N. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Komputer Pokok Bahasan Lingkaran Untuk Kelas Viii Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 55–70. https://doi.org/10.22342/jpm.8.1.1861.55-70
Nahak, H. M. I. (2019). Upaya Melestarikan Budaya Indonesia Di Era Globalisasi. Jurnal Sosiologi Nusantara, 5(1), 65–76. https://doi.org/10.33369/jsn.5.1.65-76
Nurhayati, E., Mulyana, -, Ekowati, V. I., & Meilawati, A. (2016). Inventarisasi Makanan Tradisional Jawa Unsur Sesaji Di Pasar-Pasar Tradisional Kabupaten Bantul. Jurnal Penelitian Humaniora, 19(2). https://doi.org/10.21831/hum.v19i2.8039
Nursaadah, I. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Smp Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. Jurnal Numeracy,5(1), 9.
Oktavia, E. A. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks)Matematika Smp Berbasis Etnomatematika. Skripsi. Purworejo: Universitas Muhammadiyah Purworejo.
Pathuddin, H., & Raehana, S. (2019). Etnomatematika: Makanan Tradisional Bugis Sebagai Sumber Belajar Matematika. MaPan, 7(2), 307–327. https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n2a10
Pusvita, Y., & Widada, W. (2019). Etnomatematika Kota Bengkulu: Eksplorasi Makanan Khas Kota Bengkulu “Bay Tat” Untuk Memahami Pembelajaran Matematika Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 04(02), 1–9.
Rahayu, L. D., & Kusuma, A. B. (2019). Peran Pendidikan Matematika Di Era Globalisasi. Prosiding Sendika, 5(1), 534–541.
Rahmawati, L. H. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) …….. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 504–515.
Rewatus, A., Leton, S. I., Fernandez, A. J., & Suci, N. M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Pada Matei Segitiga Dan Segiempat. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 645–656.
Riana, D., Awatara, I. G. P. D., & Yulia, Y. A. (2020). Ibm Pembentukan Usaha Kelompok Pembuatan Jajanan Pasar Dan Digital Marketing Di Kecamatan Jebres Surakarta. WASANA NYATA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(2), 62–67. https://doi.org/10.36587/wasananyata.v3i2.516
Risdiyanti, I., & Indra Prahmana, R. C. (2017). Ethnomathematics: Exploration in Javanese culture. Journal of Physics: Conference Series, 943, 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/943/1/012032
Rochmad. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. JURNAL KREANO, 3(1), 59–72.
Rudhito, M. A., Supatmono, F. C., Ningsi, G. P., & Maure, O. P. (Eds.). (2019). Matematika dalam Budaya. Yogyakarta: Garudhawaca.
SAGITA, N. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Pesrta Didik (LKPD Berbasis Kearifan Lokal Rumah Tradisional Jawa Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (Ctl) Untuk Smp Kelas Vii.Skripsi. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Setiawan, R. A. (2018). Desain Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Etnomatematika Pada Materi Kekongruenan Dan Kesebangunan. Skripsi. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Silvia, T. (2019). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis etnomatematika pada materi garis dan sudut. Hipotenusa : Journal of Mathematical Society, 1(2), 38–45. https://doi.org/10.18326/hipotenusa.v1i2.38-45
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan [4th ed]. Bandung: ALFABETA cv.
Suripah, Marsigit, & Rusli. (2021). Etnomatematika: Eksplorasi Konsep-Konsep Matematika Pada Makanan Khas Melayu Riau Ethnomathematics: Exploration Of Mathematical Concepts In Riau Malay Special Food. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika. 2021-01-22, 7(1), 28–38. https://doi.org/10.33654/math.v7i1.1148
Tessmer, M. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluations. New York: Routledge Taylor & Francis Group.
Zunaidah, F. N., & Amin, M. (2016). Developing The Learning Materials Of Biotechnology Subject Based On Students’ Need And Character Of Nusantara Pgri University Of Kediri. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 2(1), 19–30. https://doi.org/10.22219/jpbi.v2i1.3368
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Riset Pembelajaran Matematika
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.