STRATEGI PEMASARAN PADA UMKM BERBASIS EKONOMI KREATIF DALAM UPAYA MEMPERTAHANKAN USAHA DI TENGAH PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Pada Ig Farm Di Paciran Lamongan)

  • Diki Setiawan Unirow Tuban
  • Candra Aeni

Abstract

Strategi pemasaran merupakan kegiatan yang sangat penting dalam dunia usaha. Pada kondisi seperti sekarang yaitu negara Indonesia terdampak pandemic Covi-19, sebuah pemasaran merupakan factor pendorong untuk mempertahankan sebuah usaha sehingga perusahaan tidak mengalami gulung tikar ketika mengalami dapak pandemi Covid-19 dimana seluruh dunia mengalami pembatasan sosial bahkan sampai mengentikan sesorang untuk bekerja. Ilmu pengetahuan dalam dunia pemasaran sangat penting bagi seluruh perusahaan, ketika dihadapkan pada suatu maalah seperti pandemi Civid-19, menurunya pendapatan masyarakat, menurunya pendapatan perusahaan, menurunya minat beli konsumen terhadap suatu produk sehingga mengakibatkan perusahaan menyerah untuk melakukan proses produksi salah satu cara menghadapi dunia pasar yang tidak menentu pada waktu pandemi Covid-19 maka dilakukan penelitian. penelitian ini dilakukan untuk meneskripsikan strategi pemasaran  dan bagaimana mempertahankan penjualan produk lele sehat dan juga lele krispy integrated growth farm paciran lamongan dan bagaimana perencanaan strategi pemasaran dalam upaya mempertahankan kan penjualan produk pada integrated growth farm paciran lamongan. Pendekatan dalam penelitian ini melalui metode kualitatif deskriptif dengan melakukan survey secara langsung untuk mencari informasi serta bukti untuk memperjelas permasalahan yang terjadi pada perencanaan strategi pemasaran dalam mempertahankan penjualan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui interview, observasi dan dokumentasi. Teknik alalisa yang digunakan adalah deskriptif yaitu untuk menganalisa data dengan cara mendeskripsikanya atau menggambarkan data yang telah terkumpul. Hasil dari analisis sebuah strategi pemasaran yang terdiri dari segmentasi pasar dan bauran pemasaran menunjukan adanya hasil baik bahkan dapat peningkatan penjualan dari bulan ke bulan dan dapat digunakan sebagai strategi pemasaran dalam masa krisis seperti pandemic covid-19 maupun pada saat normal kedepan.

References

Alwi, Hasan, DEPDIKBUD, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2005.

Arifin, A. Z., Oktafianto, K., Awanda, R., & Fatihah, N. (2019). Sebaran Debu Jubung Pabrik Kapur dengan Gaussian Plume. MathVisioN, 1(02), 79-82.

Arifin, A. Z. (2017). Optimasi Pada Misil Menggunakan Bang-Bang Control Dan Ensamble Kalman Filter. Technology Science and Engineering Journal, 1(2).

Awanda, R., Oktafianto, K., Arifin, A. Z., & Fatihah, N. (2019). Simulasi Sebaran Abu Pabrik Kapur Menggunakan Metode Beda Hingga. Zeta-Math Journal, 4(2), 34-39.

Bestari, Dasar-Dasar Pemasaran Peamsaran, Yokyakarta: Penerbit Fakultas Ekonomi (UPFE), 20013.

Kotler, P, Dasar-Dasar Pemasaran, Jakarta: Penerbit Indeks, 2004

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pengantar, Jakarta: Bina Aksara, 2007.

Howkins, john, The Creative Ekonomy. Inggris: penguins book, 2001.

David, Fred R., dan Forest R. David, Manajemen Strategik: Konsep Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing, Jakarta: Salemba Empat, 2015.

Http://Bumn.Go.Idataujamkrindoatauberitaatau0-Kriteria-Usaha-Mikro- Kecil-Dan-Menengah-Menurut-Uu-No-20-tahun-2008- tentang-usaha, diakses pada hari Kamis, tanggal 09 Desember 2019, pukul 06.13 WIB.

http://www.hadisukirno.co.idatautentang-kami.html diakses pada hari Minggu, tanggal 10 Desember 2019, pukul 20.43 WIB.

Sudarmo, Gito, Manajemen Pemasaran, Yogyakarta: BPFE, 2014.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2015.

Tambunan, Tulus, Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia: Isu-isu Penting, Jakarta: LP3ES, 2012.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah(USAHA).

Mursalim, Fathurrochman, Strategi Pengembangan Usaha Konveksi Berbasis Komunitas (Studi Kasus Paguyuban Konveksi Mandiri di Condongcatur, Depok, Sleman), Skripsi Fakultas Dakwah dan Komunikasi (tidak diterbitkan), Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2013.

Pangestu, Mari Elka, Usaha: Kekuatan Baru Indonesia Menuju 2025,(Kementerian Pariwisata dan Usaha RI, 2014).

Najmulmunir, Nandang, Analisis Strategi Pengembangan USAHA Kota Bekasi Berbasis RT RW, Jurnal, CEFARS: Agribisnis dan Pengembangan Wilayah, Vol. 1, No. 1, (Desember, 2009).

Sudaryono, Pengantar Bisnis, Yogyakarta: Andi Yogyakarta, 2015.

Published
2020-09-30
Section
Articles